Ramadhan 1434 H: Silaturahmi Membuka Pintu Rejeki

Picture taken from here

Picture taken from here

Pada saat pembelian Oven Listrik yang ceritanya disini, di Carrefour akhir Juni lalu saat menunggu ayah kinan stamp garansi di bagian security, saya dan kinan menunggu diluar Carrefour. Sambil melihat lihat katalog belanja dari carrefour tiba tiba ada yang mengejutkan saya dari belakang. Ternyata kawan Pak ne yang ramah dari masa lalu saat bekerja di PT. yang lama dimana pak Ne rekruit dari kampus saat itu. Sebut saja mbak A namanya…

Mbak A ini biarpun single parent yang sudah punya 2 anak tapi masih kelihatan awet muda dan ramah…renyah gitu…*halah makanan kali mak…hehehe jadi biarpun kami hanya berjumpa satu kali saat mbak A ini bela belain main dari Batam nyeberang ke Tanjung Uban demi bersilahturahmi ke tempat kami, pastinya tujuannya yah pingin ngobrol sama pak ne alias reunian..peristiwa itu terjadi sekitar bulan April atau bulan Mei, lupa persisnya emak kinan.  Simak percakapan dibawah ini: *halah halah mak…hehehehe..koyok pelajaran PMP atau PPKN wae….ono contoh kasus hehehe..

Mbak A: “Hi mbak apa kabar?”

Emak kinan: ” Hi mbak, Ya ampun nggak nyangka  ketemu disini, Alhamdulilliah baik. Gimana sampean mbak kabarnya?” kata saya sambil cipika cipiki..khas cewek cewek kalo ketemu…*halah…

Mbak A: “Alhamdullilah baik mbak,belanja nieh yah..mborong ya?. Apa kabar si kecil sambil  nowel pipi kinan”

Emak kinan: ” Alhamdulillah baik, ini baru pulang dari awalbross imunisasi Hepatitis A”

Mbak A: ” Wow imunisasi.??..udah gede kok imunisasi sih mbak..begitu katanya”

Emak kinan: “Imunisasi yang dianjurkan …gak disubsidi pemerintah jadi   harus ke RS yang ada stocknya. Begitu kataku *walah panjang cerita kalo mbahas imuniasi wajib dan nggak wajib ini itu…..dan syukurlah mbak A tidak tanya tanya soal imunisasi lagi……warning mak jadi OOT dari judul..hehehe ok..fokus fokus. Terus saya bertanya ” Dari mana tadi?”

Mbak A: “Dari kantor mbak, kalo sabtu masih masuk setengah hari.” begitu jawabnya

Emak Kinan: ” Lho bukannya sabtu kemarin libur kantornya?” tanya saya

Mbak A: “Lho mbak aku udah pindah ke kantor baru lho, jadi sabtu masuk setengah hari. Nggak lama setelah main ke Uban itu lho, silaturahim sama Anang” begitu katanya

Emak kinan: “Wah mbak cepat banget dapatnya pekerjaan baru..udah dikantor baru aja sekarang” kataku menimpali…

Mbak A: “Lho iya lho mbak..kekuatan silahturahmi gitu lho mbak. Sampai kawanku yang lama yang kenal juga sama Anang, bilang gini, Wah besuk besuk aku mau main ke Tanjung Uban kerumah Anang, silahturahmi sapa tahu setelah itu bisa dapat perkerjaan yang lebih baik” katanya melanjutkan sambil tertawa..

Emak kinan: “Wah, begitu yah mbak, kekuatan silahturahmi yah?” tanyaku

Mbak A: “Iya mbak, Kan ada hadist yang mengatakan “Silaturahmi Membuka Pintu Rejeki”.

Emak kinan: “Wow…gitu yah….iya sih pernah dengar” lanjutku…

Sampai akhirnya ayah kinan selesai dan ber say hello ria dengan kawan lamanya sebenar baru kita lanjut perjalanan mau kepelabuhan kapal Roro Pungur, untuk balik ke Tanjung uban.

Conclusion…halah maksudnya kesimpulan dari percakapan yang emak kinan tuliskan diatas adalah apa???? Iya, sesuai dengan judul emak kinan ingin menghighlight tentang “Silaturahmi membuka Pintu Rejeki”  bukan imunisasi tidak wajib nya yah heheheh….emak kinan penasaran dengan apakah benar ada hadist sahih tentang itu? Makudnya berkaitan dengan manfaat silaturahmi. Secara terus terang sejak di Bintan dan bekerja  5 hari dalam satu minggu ini, weekend kita biasanya habiskan dengan istirahat dirumah saja atau jalan jalan ke pantai. Jadi terus terang asli…saya jarang silaturahmi ketempat kawan atau kenalan selama di Bintan ini, kecuali kalo ada perlu atau dapat undangan misal acara ulangtahun anaknya lah, tengok lahiran bayi lah, tengok anggota keluarganya yang sakit lah, ambil baranglah, dan lain sebagainya …hmm kalo silahturahmi secara khusu jarang sekali. Ternyata masyallah…Silaturahmi ini besar sekali manfaatnya dan dianjurkan oleh Nabi besar Muhammad SAW.

 Rasulullah saw bersabda,
“Barangsiapa ingin dibentangkan PINTU RIZKI untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung SILATURAHMI.” [Hadits Riwayat Bukhari]

Makna silaturahmi tentu tidak sebatas bersalaman atau mushafahah, kunjungan keluarga,  dan pertemuan warga atau teman sekerja, dsb. Tapi punya makna yang lebih jauh lagi , yaitu bagaimana upaya kita untuk memelihara diri  dan keluarga kita  agar tetap istiqomah atau konsisten dalam keimanan, keislaman dan ketakwaan. Seperti diisyaratkan oleh Allah swt. dalam firman-NYA :  

  يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا- النساء : 1 

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ( QS. An-Nisa ; 1 )

Lebih lengkapnya bisa dibaca  di link sumber yang ada disini

Hmmm jadi “brainwash” lagi buat emak kinan…supaya lebih rajin silahturahmi, supaya nggak males untuk bersilaturahmi, Ayo Pak Ne kita jangan males bersilaturahmi yah!!! Semoga lebih rajin lagi, dan nanti lebaran kalo mudik biarpun puasa kita harus tetap jalan rajin silaturahmi kesodara sodara biarpun jauh harus diniati, ingat cuti kita tidak bisa panjang…Bismillah semoga tidak ada halangan dan kemalasan.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Religi, Renungan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Ramadhan 1434 H: Silaturahmi Membuka Pintu Rejeki

  1. mama hilsya says:

    berkunjuuuuuung …. ^^

  2. lozz akbar says:

    Saya silaturahim di blog in aaaah.. sapa tahu dapat rejeki angpao lebaran🙂

    salam buat mbak renyah ya

  3. Iyah, meluaskan pergaulan itu punya andil dalam mendatangkan rejeki😀

  4. naniknara says:

    untuk sementara silaturahmi ama emak Kinan lewat WP

  5. Erit07 says:

    Bagus donk,dgn silahturami dapat membuka pintu rezeki..

  6. nyonyasepatu says:

    Emmmmm ini tamparan utk aku yg males pergi2 ke rumah sodara huhu. Tq yaaaa diingatkan

    • hehehe aslinya aku nulis ini juga untuk pengingat aku kok mbak..aku tuh juga suka males dan menunda nunda..nanti aja ….semoga insyallah kita semakin rajin silahturahmi ketempat kawan dan sodara …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s