Ramadhan 1434 H: Sujud Syukur

23-July-2013 Alhamdullilah atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan untuk keluarga kecil kami. Sudah hari kesekian ramadhan. Tak henti-hentinya bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada hamba dan keluarga, nikmat sehat, nikmat kehidupan berkeluarga yang walaupun tidak berlebih tapi cukup untuk kami, bersyukur atas nikmat dan karunia Allah SWT yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, intinya Masyallah banget, Allah begitu mengerti dan bermurah hati mencukupi semua kebutuhan kita, jadi rasanya tidak pantas kalau misalnya saya dan pak ne tidak bersyukur dengan itu semua dan mendustakan nikmatNYA. Intinya adalah saya dan pak ne bersyukur dengan segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kami. Semoga kedepannya selalu menjadi hamba yang penuh rasa syukur  kepada Allah SWT.

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, nescaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, nescaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (Surah At-Thalaq: 2-3)

Sujud - Gambar sumber  meminjam dari link ini

Sujud – Gambar sumber meminjam dari link ini

Sujud syukur ialah sujud kerana berterima kasih kepada Allah swt atassesuatu kejayaan/kesenangan atau keuntungan atau keselamatan dansebagainya. Sujud ini tidak dilakukan di dalam sembahyang hanya di luarsembahyang kerana ia tidak berhubung dengan soal sembahyang.

Hari ini saya searching tentang tata cara sujud syukur yang benar karena selama ini saya kurang begitu paham tentang hukum sujud syukur, lalu kapan dan bagaimana sujud  syukur itu dilakukan. Takut juga nantinya apa yang saya lakukan ternyata tidak sesuai dengan  kaidah yang benar dan takutnya malah jadi bid’ah. Dari hasil googling pun ada beberapa perbedaan yang saya temui ada yang harus berwudhu dulu ada yang menuliskan tidak perlu.  Mungkin diperlukan dialog khusus untuk bertanya kepada ustadz kelak soal ini secara spesifik.

Dari Abu Bakrah, dari Nabi SAW bahwasanya beliau dahulu apabila mendapat khabar yang menyenangkan, atau diberi khabar gembira, beliau lalu menyungkur sujud untuk bersyukur kepada Allah”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 89]

Lebih dalam lagi intinya adalah bahwa semoga setiap hari kita selalu jadi hamba Allah yang senantiasa penuh rasa syukur atas segala nikmatNYA untuk kita.

“Dan sesiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya faedahnya itu hanya terpulang kepada dirinya sendiri, (tetapi) sesiapa yang kufur ( tidak bersyukur)(maka tidaklah menjadi hal kepada Allah) kerana sesungguhnya Allah itu Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Surah Luqman : 12)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Religi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Ramadhan 1434 H: Sujud Syukur

  1. Desi says:

    Waah selamat ya mba…pasti abis dapet kabar yang dinanti2kan ya.. ;))

    Waktu aku dinyatakan lulus dari universitas, langsung sujud syukur mba.. ga terkira senengnya. Soalnya agak pesimis waktu itu, ga taunya malah dapet nilai2 yang lumayan bagus..:,)

  2. nyonyasepatu says:

    bersyukur itu penting ya, biar jauh dari rasa dengki hihihi

  3. Lidya says:

    kalau tiba-tiba sujud syukur boleh gak bun? kan setiap hari selalu diberi nikmat & rezeki

  4. lozz akbar says:

    alhamdulillah, saya juga bersyukur masih bisa nyambangi ponakanku sing uayu dewe Kinan.

    eh tuh ada kado buat Kinan di hari anak-anak nasioanal kemarin…

  5. Pingback: Hari anak Indonesia 23 July 2013 | My new world

  6. Idah Ceris says:

    Meski ada perbedaan satu sama lain, yang penting setiap hari kita kudu bersyukuur ya, Mba. . .
    Dan, setiap sjud saya tuh ya sujud syukuur. . Hihihih

  7. Pingback: Jalan Kehidupan *Edisi Melow…. | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s