Tips Mudik Antar Pulau Ala Emak Kinan

Mudik Lebaran Sumber gambar Internet

Mudik Lebaran Sumber gambar Internet

Countdown to mudik …Tradisi Mudik lebaran yang selalu bikin kangen, biarpun tabungan terkuras untuk itu tapi membahagiakan……halah opo meneh iki emak kinan…mikirin mudik..* kok jadi kayak kinan aja tiap pagi bangun tidur berhitung hari, kurang berapa hari mudik ke Jawanya terus coret kalender bobo-nya……halah malah nulis tentang mudik…puasanya dong mak.. sama ibadahnya di maksimalkan  udah tinggal hitungan beberapa hari aja bulan ramadhannya tersisa…*dueh..maafkan…ini nulis juga pingin singkat aja..soalnya udah berbau bau kepikiran mudik tapi asli blom ada persiapan apa apa…yang ada “Clean Up” pekerjaan ditempat cangkulan yang Masyallah segambreng  dan berasa putus asa mana-mana yang harus jadi skala prioritas…hiks…bismillah…Disela-selanya  “nyangkul” hari ini pingin berbagi tips mudik lebaran ala emak kinan yang tinggal diluar pulau Jawa dan ingin mudik ke Jawa….*hayah…pake tips segala..jangan tertipu judul biasa biar mengundang pengunjung..judulnya harus menarik walaupun isi tips-nya hanya berupa tulisan biasa ala emak kinan..ini sekalian aja soalnya emak kinan lagi bikin check list apa saja yang harus disiapkan untuk perjalanan mudik yang tinggal beberapa hari lagi.

Merencakan perjalanan mudik memang gampang gampang susah, biar rencananya lebih mantap dan sesuai dengan budget yang kita miliki alangkah baiknya kita utak atik bikin anggaran untuk perjalanan mudiknya, mulai dari  untuk transportasi berapa orang yang ikut mudik,  mulai dari kendaraan yang dipakai terus berapa ongkosnya misal untuk  tiket pesawat,tiket speed boat atau kapal roro *halah ini mah bagi yang tinggal dikepulauan kayak saya..hehehe..terus untuk taxi kebandara, untuk airport tax, untuk oleh oleh, , untuk Zakat Fitrah dan Zakat Mall atau Zakat profesi, atau Sedekah jadi priority…, dana untuk kunjung kunjung atau  jalan jalan atau makan makan bersama keluarga, terus dana cadangan mudik. Intinya semua dirinci biar kita tahu paling tidak “cash flow” dan juga biar saat mudik tidak besar pasak daripada tiang. Yang terpenting selain dana cadangan, ada lagi dana untuk operasional rumah tangga yang harus kita amankan terlebih dahulu, supaya pas  setelah pulang mudik keberlangsungan “dapur” tetap ngepul…dengan tidak mengganggu “uang sangu”nya kinan dan biar langsung masuk rekening tabungannya  kinan …*halah ngarep ngarep kinan dapat sangu hehehe….joking alias kidding..eh tapi kalo beneran dapat sangu yo “alhamdulilllah”…:) *emak matre…

 Contrengan emak kinan untuk mudik tahun ini;

 Tiket  √

Tiket alhamdulilah udah kepegang tangan, berangkatnya Batam-Surabaya udah beli jauh jauh hari saat promo dan masih dapat kisaran tujuh ratus ribu rupiahan,  nah baleknya kemarin yang agak mehek lebih mahal 2 kali dari promo. Kenapa nggak beli sekalian aja PP dulu  pas promosi. Pertama alasannya adalah kita tidak tahu berapa hari cuti kita di approve, saya mungkin lebih gampang cuti-nya di approve karena banyak plan back up di departemen saya. Kalo Pak Ne ini  yang memang sedikit lebih susah apalagi dengan tugas dan tanggung jawabnya sekarang. Alhamdulillah kapan hari di forward email dari Bos Besar,  yang “approve” cutinya pak Ne. Mengingat tugas dan tanggung jawab  baru pak  ne  jadi nggak bisa lama lama seperti tahun tahun lalu cutinya.  Jadi setelah di approve cuti baru kita beli tiket Surabaya- Batam-nya.  Hmm ini yang masyallah udah diatas 1,7 juta per orang 3 mingguan lalu, bahkan lebih saat ini.  Alhamdullilah  ada promo Garuda yang ternyata  malah lebih murah dari maskapai Singa Air… atau Kota Air… Sriwi air..de el el….halah bahasanya….Alhamdullillah ..Thank to Garuda Indonesia.

 Oleh oleh

Ini yang belom contreng check listnya…belum terpikirkan, asli karena kesibukan dirumah dan ditempat cangkulan…semoga insyallah ada waktu untuk berburu oleh oleh sebelum berangkat nanti. Namanya juga setahun sekali kita mudik, berbagi oleh oleh khas daerah dimana saya tinggal dengan sanak sodara tentunya akan menyenangkan. Jangan lupa jangan berlebih bagasi, gawat kalo kelebihan bagasi bisa nombok.

 Packing

Ini juga belom contreng check listnya. Asli bulan puasa ini waktunya terasa cepat banget, pulang kerja, buka puasa bersama keluarga, sholat magrib..leyeh leyeh bentar sama kinan, udah aja langsung cabcus untuk taraweh, pulang taraweh udah tepar aja, bangun sahur, siapin sahur, masak, terus sholat subuh nggak tidur lagi, ini itu bebersih eaaa..udah aja waktunya untuk kerja…jadi blom sempat packing. Udah diplanning nggak usah bawa terlalu banyak, 1 koper aja untuk bertiga seperlunya aja, Uti nya kinan juga udah diwanti wanti jangan banyak barang. Menyiapkan perlengkapan kinan,baju,  buku2, aktifitas,  CD, obat-obatan yang biasa dipakai kinan, tempat bekal, dan lain sebagainya di list biar nggak terlewat.

Ini yang juga nggak boleh terlewat  atau terlupa biar maksimal silaturahminya dikampung halaman, mengingat dari kesalahan mudik tahun tahun sebelumnya enak enakan. Santai santai silaturahminya kurang maksimal. Maka bikin rencana sama pak ne, kemana mana sodara sodara yang harus dikunjungi  dan diharapkan dimulai dari bulan puasa jadi mohon maaf kalo pas lebarannya justru nggak bisa berkunjung, karena ya itu mengingat cuti yang tidak panjang jadi biar lengkap silaturahiminya dimulai aja dari  pas puasa ketika kita udah di kampung halaman.

Bismillah, semoga rencana kami mudik tahun ini diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT, semoga lancar perjalanan dan selamat sampai ditujuan.  Dan semoga demikian juga do’a saya untuk kawan kawan yang ingin melakukan perjalanan  mudik lebaran tahun ini.

Happy Mudik untuk Kawan yang berencana Mudik Lebaran.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Tips Mudik Antar Pulau Ala Emak Kinan

  1. danirachmat says:

    Eh Mak, njenengan iki arek Suroboyo toh?
    Bisa-bisa kopdaran kitah. Hihihi

  2. Orin says:

    met mudik ya mama Kinaaaan, semoga selamat dalam perjalanan hingga kembali pulang😉

  3. liamarta says:

    selamat mudik, mama kinaaan.. semoga lancar jaya perjalanannya dan selamat sampai tujuan yaaa🙂

  4. Evi says:

    Selamat mudik Mama Kinan. Safe trip ya🙂

  5. Susindra says:

    Met mudik Mama Kinan. Budgetnya aduhai bikin saya mabok duluan sebelum mendekati laut. hehe…
    Ayo.. ayo.. checklistnya dibanyakin (sok atur deh ah)

    Saya juga mudikers kalo lebaran. Jepara-Purwokerto. Cuapeknya mbaaakkk….. ya body ya money. Tahu gitu, cari suami yg dekat2 saja #lagisinting. hahahaha….

  6. Lidya says:

    kopdar di Semarang bun🙂 ini mudiknya lewat mana? ke jakarta dulu gak? siapa tau bisa ketemuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s