Ramadhan 1434 H : Kekuatan Berbagi dan Sedekah

 Ayat Al Qur’an tentang Sedekah:

 QS. Ali ‘Imran : 133-134. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

 QS..Al Baqarah : 261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. 

QS.Al Baqarah : 245. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

 Sumber : dari sini

Ijinkan saya berbagi tulisan pengalaman saya disini, masih anget kejadiannya tadi pagi soalnya.  Peringatan:  Tulisan ini bukan bermaksud menggurui atau bukan bermaksud pameran atau riya ataupun yang lain lainnya, saya hanya ingin mendokumentasikan bahwa ketika kita beriman kepada Allah dan yakin dengan semua pertolonganNYA insyallah Allah memberi jalan yang terbaik. Dan  satu lagi patut dicatat, bukan berarti bahwa dengan menulis ini saya sudah menjalankan secara maksimal apa yang sudah saya tulis atau share tentang agama, keimanan, ayat ayat dalam al Qur’an  dan seluk beluknya  dengan sempurna, bukan. Tulisan ini juga sarana saya untuk mendokumentasikan dan mengingatkan saya sendiri, atau untuk rambu rambu untuk saya istilah kerennya jadi “self reminder” buat saya untuk lebih maksimal dalam beribadah. Jadi mohon maaf kalo tulisan saya tentang agama ini hanya masih sangat dangkal, sependek pengetahuan saya …saya masih perlu banyak belajar dan saya bukan ustadzah yang hapal qur’an dan hadist, tapi ingin menyemangati diri sendiri untuk jadi lebih baik lagi dalam hal agama, makanya biarpun lewat kecanggihan mbah google saya ingin terus belajar tentang agama.

 Soal sedekah atau berbagi kepada orang lain. Sifat manusia dan juga saya termasuk didalamnya nggak ada puas puasnya tentang keinginan ini dan itu. Pas mau sedekah kepikirannya…walah tapi kan aku belom punya ini belom punya itu, mending duitnya aku pake beli ini dan itu aja deh, lalu sisa nya kalo udah dipotong potong sama kebutuhan baru lah kita “sedekah” …istilahnya cukupkan dulu kebutuhan baru deh kalo ada  lebih sedekah, Allah kan maha tahu, gitu pikir saya. Hmm godaan setan semacam itu walah sering kali mampir di kepala ini.. akhirnya yang ada buntut buntutnya ada yang jadi disedekahkan ada yang akhirnya entah kemana ujungnya berakhir dengan kemenangan setan dihati saya. Inilah pengakuan saya…bagi yang ingin mencaci saya dan bilang mosok kalah sama godaan setan…lho  itu emang kenyataannya sering kali terjadi pada saya, jadi Silahkan monggo saya terima dengan senang hati caci-annya, saya juga manusia biasa yang sering khilaf dan banyak melakukan salah dan belum sempurna dalam iman.

Nah bulan puasa ini jadi ajang untuk lebih banyak belajar dan berkeinginan untuk penginnya lebih banyak berbagi. Entah dengan buka puasa bersama, terus menyusun rencana untuk dikampung halaman berbagi rejeki dengan yang membutuhkan. Saya dan Pak ne alhamdullilah sudah sepakat, bahkan istilahnya  untuk saya pingin upgrade “gadget”  biar kinan  juga bisa menikmati, …gitu aja nggak diperbolehkan sama pak ne, yang ada aja dipake dan itu aja udah bikin mama jadi  “autis”  apalagi kalo di upgrade. Begitu katanya..yo wis lah sebagai istri yang baik dan nurut sama suami yo wis bener juga kata pak ne, yang penting fungsinya. Tapi mau nabung ah..mau beli sendiri…*halah….

Pak ne dan saya sudah bikin planning anggaran untuk mudik dan sebagainya tetek bengek anggarannya  dalam ‘excel’, dan insyallah nggak ada pengeluaran tak terduga lainnya dan insyallah aman sampai keberangkatan mudik kita. Nah ndelalah ada sesuatu yang akhirnya merubah rencana dan pak ne ijin dengan saya untuk ada sedikit acara. Ya udah saya approve dengan ikhlas dan bener bener senang menyambut acara tersebut *maaf tidak usah dijelaskan secara detail tentang ini  intinya adalah bahwa anggaran yang kita susun sedikit bergeser dan melenceng. Saya bilang nggak pa pa, nanti kita bisa “adjust”  dan saya berpikir nggak apa apa  belom bisa membelikan kinan “Fun thinker” building IQ di Surabaya saat mudik nanti kalo memang dananya kepakai untuk malam kemarin. Saya bener bener ikhlas Lillahi ta’ala karena Allah semata.  Saya dan Pak Ne bahagia bisa melakukannya walaupun sederhana dan menurut banyak orang mungkin sangat sepele.

Dan betapa tidak disangka sangka Allah mengantikan rejeki kami, tadi pagi selepas kami sahur, rejeki itu tergantikan.Ibu saya mendatangi saya dan menyerahkan beberapa lembar uang seratus ribuan kepada saya. “Saya tanya ini uang  apa bu?” . Ibu saya jawab ini uang dari hasil penjualan sapi yang kamu beli dulu patungan sama bapak. Ceritanya panjang soal sapi ini jaman saya lahiran kinan 2009 lalu, ada yang sedang kesusahan dan  ingin jual sapinya sama bapak saya. Saya aja sudah lupa kalo pernah ikut beli itu. Saat itu saya sempat sisihkan THR saya untuk ikut membeli sapi yang dipingini bapak saat itu. Intinya bahwa Sapi itu dah dijual dan digantikan sama kambing karena yang jaga nggak sanggup lagi merawatnya, dan alhamdulilah beranak pinak dan itu bagian saya sudah beranak pinak  nah uang yang dikasihkan ibu saya itu adalah hasil penjualan kambing yang dijual kemarin, dan masih sisa 2 ekor lagi yang sekarang dirawat siapa gitu kata ibu, “Nanti kalo pulang kampung biar diantar mas-mu untuk melihatnya” . Walah saya bilang nggak usah nggak apa apa..ya allah masyallah saya asli udah lupa kalo punya entah sapi atau entah kambing….yang ada saya terharu tiba tiba dapat uang yang tidak disangka datangnya.  Pas saya mau kasihkan uang itu ke  ibu saya, ibu bilang nggak mau itu bagian mu dan sudah cukup yang kamu berikan untuk Ibu kemarin. Alhamdullilah….

Hikmah dari cerita saya diatas?? Tentang sapi atau kambing…Halah…bukan bukan itu…. Adalah Keyakinan kita untuk  berserah kepada Allah bahwa ketika kita ikhlas memberikan sesuatu maka insyallah Allah akan membalas atau menggantinya berlipat ganda. Mungkin tidak langsung saat itu juga..atau dalam bentuk yang lain. Intinya adalah bahwa ketika kita berserah dan Beriman kepada Allah dengan segala firmanNYA insyallah segalanya akan dimudahkan dan dilancarkan untuk kita. Kedengarannya sederhana ya, tapi asli susah untuk dilaksanakan dan butuh perjuangan untuk bisa menjalaninya.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Religi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Ramadhan 1434 H : Kekuatan Berbagi dan Sedekah

  1. Lidya says:

    berbagi sedekah dibulan ramadahan maupun bukan sam2 mempunyai makna ya bun

  2. Desi says:

    Alhamdulillah keihklasan berbuah manis ya mba…😉

  3. danirachmat says:

    Subhanallaah. Berkah Ramadhan emang ya Mak…

  4. motik says:

    soal keikhlasan ini aku percaya banget mbak karena udah ngalamin sendiri🙂
    suka ngga percaya juga kalo Allah menggantinya dengan segera bahkan dengan jumlah lebih dari yang kita sedekahkan. Alhamdulillah ya mbak🙂

  5. Idah Ceris says:

    Janji Allah untuk orang2 yang senang bersedekah itu memang ada. Dan itu sangat nyata ya, Mba. . .

Leave a Reply

