Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Hari kesekian Ramadhan 1434 H…Udah sangat berbau dan kepikiran mudik….Insyallah semoga lancar besuk perjalanan mudiknya. Sebelumnya minta maaf puasa puasa malah posting makanan. Sekarang mau ngomongin dulu  soal menu hidangan untuk buka puasa ala emak kinan tahun ini.  Udah ngendon di draft dari kapan hari tapi nggak sempat eksekusi untuk posting.

Nah pas banget saat beberapa hari yang lalu saya iseng entah karena lagi “mumet” atau entah lagi kesambet apa disela “clean up” kerjaan  iseng  nulis di The Urban Mama sharing tentang Pudding pisang yang suka saya buatkan untuk kinan seperti dulu pernah share disini. Eaa  ternyata  gak pake lama daftar tunggu publish-nya, ternyata kemarin udah tayang di The Urban Mama. Tahu-nya pagi ini pas buka email di Yahoo kok ada notifikasi dari The Urban mama. Alhamdullilah sharingnya diterima dan semoga berguna untuk para Mamas yang ingin membuatkan puding buah dan variasinya untuk putra putri tercinta. Monggo bagi yang mau ngintip artikelnya di The Urban Mama, ada di link ini.

The urban mamaPuding Pisang Ala Emak kinan

Puding Pisang Ala Emak kinan

Waktu itu seperti yang pernah saya tulis   disini, pas banget dapat kiriman pisang ambon besar besar dari mama-nya kak syifa kawan kinan sekolah di PAUD sekaligus tetanggaan juga. Kalo dimakan utuh gitu kok kelihatannya nggak menarik gitu, dirumah yang suka pisang kayaknya hanya saya saja yang lainnya tidak terlalu.Dan kinan sudah melewati masa “sangat suka sekali” menjadi kadang mau kadang enggak. Ya udah yang pasti kemakan pasti dibikin bolu pisang atau juga dibikin puding pisang. Seperti penampakannya dibawah ini kinan yang memang tidak puasa langsung habis satu porsi cetakan kecil pudding. Alhamduilllah…

kinan makan puding pisang

kinan makan puding pisang

Bahan:

  • Pisang
  • Bubuk agar-agar
  • Susu Kental Manis atau UHT
  • Gula secukupnya

Terus terang tidak ada takaran dengan tepat karena tergantung selera untuk tinggal kekerasan puddingnya dan juga tergantung seberapa banyak  kita ingin membuat pudingnya. Kita lihat saja ditakaran yang biasanya ada di bungkus agar-agar untuk instruksinya.

Cara Membuat:

  1. Iris pisang sesuai selera. Kalau mau rasa pisangnya dominan, sebagian pisang bisa diblender. Pisang yang dipotong-potong bisa ditaruh di cetakan puding sesuai selera.
  2. Rebus agar-agar sesuai petunjuk pada bungkusnya, biasanya ukuran gula saya kurangi. Setelah mendidih, tuang pisang yang telah diblender dan dipotong-potong. Aduk rata sampai mendidih kembali, jangan terlalu lama.
  3. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan.

Aslinya emak kinan ingin menjadikan bulan puasa jadi bulan yang penuh berkah dan tidak melakukan banyak pemborosan disana sini.Seperti memasak atau menyiapkan menu buka puasa yang bermacam macam.

Alhamdulillah dihari yang sudah menginjak hari kesekian ini hanya beberapa kali hitungan jari beli takzil dibazar Ramadhan yang ada setiap tahunnya di Tanjung uban. Pertama beli urap urap dan bacem tempe serta tahu serta gorengan seperti resoles,tahu isi serta kemarin sore beli kue lapis serta resoles kesukaan kinan. Alhamdullilah banyak masak sendiri dan ini berarti penghematan buat emak kinan.

Memanfaatkan apa yang sudah yang ada di kulkas yang telah dibelanjakan dan dibeli untuk dimaksimalkan. Misal pas lagi dapat kiriman pisang dari mama syifa kawannya kinan bisa dimanfaatkan untuk puding dan bolu pisang. Lalu pas menu buahnya kinan semangka sekalian sorenya kita bikin es buah semangka seperti dibawah ini gambarnya;

ES BUAH SEMANGKAMenu kolak kacang hijau dengan pisang atau labu kuning juga pernah emak kinan buat soalnya gampang dan praktis. Atau kalau lagi males ribet didapur dan waktu mepet karena pulang kerja kita beli aja 2 kelapa muda sama es batu sampai rumah tinggal kasih syrup cocopandan siap santap untuk minuman buka puasa. Seger…slurrppp…nanti sore juga pingin es kelapa muda lagi aja ah..seger..setelah kemarin buka puasa di PT menunya kolak yang terlalu manis dan kurang segar.

es kelapa muda
Nah Bagaimana dengan pengalaman kawans menyiapkan menu buka puasa ramadhan tahun ini? Banyak beli atau Masak sendiri? Apapun itu semoga berkah, bagaimana indahnya saat kita menantikan bedug magrib, bagaimana rasanya indah menunggu buka puasa setelah kita berpuasa seharian, merasakan lapar dan dahaga, semoga kita bisa merasakan dan berempati untuk mereka yang kekurangan yang sering menahan lapar dan dahaga karena tidak tersedia cukup bahan pangan. Hmm semoga  rasa empati seperti ini menguatkan keingingan kita untuk banyak berbagi dan membantu yang membutuhkan.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Resep Masakan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

  1. Lidya says:

    tahun ini kebanyakan beli bun, oops hehehe emak2 males nih

  2. dian_ryan says:

    Berhubung bukanya slalu dikantor kalo hari kerja, jadi paling masak buat makan malem + sahur aja mba, tapi belakangan ini beli aja, males masaknya kumat😛

  3. puding pisangnya terlihat enak, jeng…

    Besok udah mo mudik ya? Semoga lancar semua yaaa🙂

  4. monda says:

    Kinan makannya lahap ya… puding buatan mama enak ya dek…
    have a nice trip ya mbak… hati2 di jalan

  5. nyonyasepatu says:

    wahh jadi lapar, masih 3 jam lagi bukaaaa

  6. mama hilsya says:

    menu buka puasa? teh manis panas aja..
    kangen rasanya dengan ta’jilan kayak gitu…

  7. Asop says:

    Euh… nanti kalo saya punya anak, saya mungkin bakal merasakan bingungnya mencari menu sehat berbuka untuk anak saya yang masih kecil….:mrgreen:

    Untuk puasa tahun ini, menu berbuka saya lebih sederhana. Alhamdulillah ada kurma. Jadi, cukup dengan air putih, makan sedikit kurma, dan pisang raja bulu.😆 Saya suka sekali pisang raja bulu. Sempurna banget. Terus kalo gak males, saya roti bakar. Pake selai kacang, udah cukup mengisi perut saya sampe habis tarawih.😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s