Pesawat Mainan dari Uang Saku “Sangu” Lebaran

Pesawat Terbang Mainan Kinan

Pesawat Terbang Mainan Kinan

Melipir sebentar ke blog untuk posting sesuatu.  Menulis dan mendokumentasikan cerita kinan sudah jadi bagian dari  kehidupan emak kinan sekarang halah modus bilang aja melarikan diri sejenak dari  urusan “cangkulan” eh pan udah diluar jam kerja, lagi menunggu ayah kinan selesai  karena saya sedang tidak ingin naik bus atau nebeng kawan. Mengisi waktu waktu di tempat “nyangkul” dengan mendokumentasikan cerita tentang kinan dan seputar kehidupan emak kinan.  Mau posting singkat tentang “uang sangu”  atau “uang saku” atau uang ANgpoa yang didapat  dari lebaran. Jadi keingat dulu jaman kecil,namanya dapat sangu lebaran gitu duh senengnya…beda aja sama uang saku biasa dikasih ortu. Kalo masih kecil dan belom tahu uang pastilah emaknya yang nyimpen. Begitu juga dengan kinan, aslinya kinan ini belom tahu tentang uang.  Ngertinya paling pol yah kalo uangnya habis ambil di ATM, mama  dan ayah kerja  cari uang, terus kalo beli beli pake uang itu aja. Tapi nggak ngerti secara detail tentang uang…secara fungsi lebihnya.

Mungkin ini karena kinan nggak pernah jajan  atau beli diwarung sendiri, jadi belom tahu tentang fungsi uang. Jadi kalo lagi tantrum atau marah kalo diimingi imingi uang  sama saya misalnya nanti kalo ada pinter dikasih uang untuk naik odong odong , atau nanti kalo ada pinter sekolahnya dan nggak nangis kalo ditinggal atau nggak ditunggui nanti  mama kasih uang untuk beli es cream. Walah anak ini keras banget mana pernah mau dengan iming iming seperti itu.  Menurut saya ada sisi positif dan sisi negative nya sampai saat ini kinan belom kenal uang. Sisi positifnya nggak minta uang jajan, sisi negatifnya adalah belom mengerti bahwa uangnya ayah dan mama  itu terbatas dan kalo tidak punya uang kita tidak bisa jajan atau beli beli sesuatu…dan jadi ingat dulu waktu kecil saat marah atau tantrum emaknya gak boleh kerja dan  diberi alasan nanti uangnya habis nggak punya uang lho kalo nggak kerja, jawaban kinan saat itu  adalah kalo uangnya habis ya “BELI LAGI”, haduh nduk mana ada toko yang jual uang …hehehe ceritanya ada disini . Mungkin kita perlu juga mengajarkan bagaimana mengelola keungan secara sederhana untuk kinan kelak ketika usianya udah cukup misalnya nanti ketika SD dan sudah mendapatkan uang saku atau uang jajannya sendiri.

Begitu juga pas lebaran kemarin, dapat uang saku dari pak dhe, budhe, OM, tante, Yang Ti, dan Kakung,  dan lain lain sodara otomatis emaknya yang nyimpen, semoga  emaknya ini amanah yah…hehehe jangan masuk rekening pribadi….*aman kok nduk…. *halah..hehehe …ya udah pas kemarin udah sampai di Bintan  kita tanya anaknya uang saku lebarannya mau dibelikan apa? Katanya adek mau mainan…duh masih polos nieh bocah..mintanya cuman mainan….yang senang nieh emaknya. Hehehe jadi untuk pembelian mainan itu aslinya ya bukan uang saku lebaran sih, kita tetap mengamankan uang saku kinan untuk kita simpan sendiri ditabungan.  Tergoda juga pingin beliin “S*mS*ng Tablet” tapi pas didiskusikan lagi sama ayahnya dan tampak tidak setuju yow is pending. Insyallah ini demi kebaikan juga kinan juga kinan tidak terlalu suka mian game. Pas di toko mainan halah ternyata  antara satu set Barbie dan mainan pesawat pesawatan rupanya kinan lebih memilih pesawat mainan. Jadi mikir wah ternyata ada sisi “un-girly” nya juga  nih anak emak. Buktinya mau mainan pesawat2 an daripada set Barbie yang cantik rupawan dan menggoda. Walah padahal tidak bisa disimpulkan begitu yah, atau mungkin anak ini sudah termakan beberapa cerita kami yang pernah bilang saat pulang mudik naik pesawat kemarin kalo ayah dan mamanya kerjanya ditempat yang membuat beberapa perlengkapan pesawat terbang…entahlah..yang pasti kinan menikmati banget bermain merakit dan menyalakan pesawat mainan yang murah meriah itu.

 Ini dia penampakan  kinan dengan pesawat mainannya saat itu;

kinan dan ayah merakit pesawat terbang mainan

kinan dan ayah merakit pesawat terbang mainan

Setelah itu nampak di otak atik lagi, penasarang banget gimana cara merakitnya sendiri tanpa bantuan, bagus juga untuk melatih kesabaran kinan. Soalnya nih anak nggak sabaran banget sering kali ngeluh, “Aduh susah” , “Aduh nggak bisa”  jadi mainan rakitan begini bagus juga untuk melatihnya mengerjakan sesuatu dengan sabar seperti mengerjakan puzzle yang memang butuh kesabaran dan betapa senangnya pada akhirnya dia berhasil. Welldone  nduk…

kinan mencoba merakit pesawat mainannya sendiri

kinan mencoba merakit pesawat mainannya sendiri

Hmmm…pingin posting clean up cerita kami yang tertinggal kebelakang rasanya sayang tidak didokumentasikan dalam blog ini…….semoga niat mulai ini kesampaian disela waktu senggang. Sudah ada panggilan dari Pak Ne alias ayah kinan 5.33 PM….tidak sabar mendengarkan cerita kinan hari ini disekolah, dirumah dan ditempat ngaji-nya…*maaf nduk mama tidak ada disana bersamamu…*walah pingin mewek meneh…

 

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Pesawat Mainan dari Uang Saku “Sangu” Lebaran

  1. danirachmat says:

    Walah, jadi inget duit sangunya Aaqil kemana ya. Hueeeee. Mau dibeliin mainan juga deh keknya. Hihihi

  2. lozz akbar says:

    Yo enggak apa-apa toh mbak meski agak un-girly.. sapa tahu kelak bisa jadi arsitek pesawat, atau elek-elekan dokar deh hahaha

  3. mama hilsya says:

    aaiiiisshhh…. bombay lagi kayaknya nih..
    yg penting pesawatnya udh berhasil dirakit, wis.. cup cup

  4. nophi says:

    wouww kakak kinan pinter deh,
    sangunnya kynan masih aman mbak, secara pulkam kemarin udeh dibawain mainan juga sama embahnya dudududu…

  5. Robbi Hafzan says:

    he he lucu🙂 lebih tertarik sama pesawat ketimbang boneka berbie yg cantik, he he mungkin kinan mau jadi pilot atau pramugari mak he he

  6. BunDit says:

    Hehehehe yangtinya Dita kalau kasih uang ke Dita selalu pesen “Uangnya buat Dita beneran ya jangan kamu pakai” hahahaha. Wow.. Kinan suka pesawat ya… Dita sih mau banget tuh. Ada temen psikolog bilang, mainan untuk anak2 jangan dibatasin ini mainan cowok, ini mainan cewek. Anak cewek main mobil2 lan dan pesawat2 an ya gak papa sih, malah keren hehehehe😀

    • hehehe tahu aja yah ibu ibu kita…takut kalo kita pake dulu…yah semoga kita amanah yah mbak..:)
      iya sih mbak saya juga nggak ngajarin cewek mainnya apa..cowok maiannya apa..dirumah banyak juga mobil mobilan…ini itu mainan cowok..robot..malah ikat pinggangnya kinan warna kuninga ada gambar mobil mobilan-nya pas ketemu kawan nya disekolah dibilangin..”Yee…ghina *kinan panggilannya di sekolah Ghina* kok pake ikat pinggang cowok ada gambar mobilnya”….saya langsung membesarkan hati kinan dan bilang kekawannya…nggak papa..warna apa aja boleh dipakai kuning juga cantik terus mobil mobilannya juga cantik gambarnya..cewek kan boleh main mobil mobilan…sambil tersenyum….danmengajak mengobrol kawannya….biar kinan juga kelak percaya diri …

  7. Orin says:

    pesawatnya keren deh Mam, semoga awet hehehe

    • Aamiin semoga awet..kalo sama kinan aja insyallah awet kalo kedatangan kawan yang kadang mainnya brak bruk itu yang sedikit khawatir hehehe…*yang penting anaknya happy aja…:) thanks tante orin..:)

  8. nyonyasepatu says:

    huhhahhaha kamu pakai kata cangkulan🙂 udah lama banget aku gak denger itu. dulu denger dari nyokap yg suka ngebrik

    • bener..itu kakakku maniak ngebrik..antenanya aja sampai berapa meter gitu dulu…walah di yogya dia punya komunitas dan pada rukun rukun aku pernah diajak join acara syawalan atau halal bihalal sama kakakku dulu…sekarang kayaknay udah berumahtangga udah lupa tuh hobby nya yang satu itu..hehehe

  9. Dwiyani says:

    permainan lintas gender ya…
    Samara juga pernah ngotot minta 1 set kereta Thomas, sampe gak mau pulang kalo belum dibeliin🙂 #tepok jidat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s