Membuat Bolu Tape tabur Keju Panggang

Hari minggu sore lalu kita sempatkan belanja bulanan di toserba Prima Indah dekat tempat kita tinggal, biarpun ada Mall  baru “ANRA WIKA SQUARE *halah bahasanya Mall kayaknya lebih tepatnya Departemen store kali yah soalnya kecil isinya pun baru “Puan Mart” dan diatas ada “RFC” alias Robin Fried Chicken. Yah inilah wajah kota kecil Tanjung Uban yang sudah hampir 5 tahun ini jadi tempat tinggal saya dan keluarga.  Waduh kok jadi ngomongin soal Tanjung uban..soalnya jadi ingat kapan hari WA-an sama mbak Iffah dari Surabaya sesama BA dari Mizan Dian Pelangi yang penerbit Halo Balita itu,  ngomongin soal tempat tinggal saya dan di compare dengan Batu Licin di Kalimantan tempat suami mbak iffah bekerja.

Balik lagi masalah jalan jalan belanja bulanan, kali ini emang pengiritan nggak ke Batam dulu karena insyallah akhir bulan ini nganter Atung dan Uti ke Bandara untuk balek ke Jawa karena ada Acara adat untuk kakak saya dan istri akhir bulan ini. Jadi belanja bulanannya di Tanjung uban sahaja…nggak usah nyeberang, *modus belanja bulanan padahal juga jalan jalan aja kalo ke Batam hehehehe….

Pas jalan jalan ke PI (bukan Plaza Indonesia lho yah hehehhe) kita naik keatas ketempat perabotan di gelar, pas lihat lihat cetakan kue gitu kinan langsung histeris…”Mama ada cetakan kue bentuk Hati lho!”…walah anak ini tahu tahu aja. Pas saya check walah kok besar pasti akan butuh telor banyak untuk bikin bolu dengan cetakan yang besar ini. Akhirnya kinan bisa dikasih tahu soal ini. Menyusuri lorong  disebelahnya ternyata ada cetakan bentuk hati yang kecil pelan pelan saya bilang sama ayahnya kinan, “eh ada juga yang kecil ternyata”..maksudnya biar kinan nggak dengar ..eaaa..si tuan putri udah aja dibelakang saya sambil bilang..”Tuh kan mama, bener kan kata adek ada  banyak yang kecil” hedeh mau nggak mau akhirnya dibeli karena tuan puteri menginginkannya dan diamini sama ayahnya.

Ya udah namanya udah ada cetakan bolu bentuk hati dari hari senin pagi kinan udah nagih, terus saya bilang nanti aja yah kalo mama udah pulang kerja bikin kue-nya. Begitu saya nyampai udah nagih aja ini tuan puteri, masyallah ingat banget. Saya bilangin gimana kalo besuk aja nduk, mama capek banget hari ini, tampak kecewa tapi saya janji pagi pagi bener  akan membuatkan roti dengan cetakan hati tersebut. Tapi karena merasa bersalah dan sudah terlajur janji akhirnya tadi malam setelah sholat magrib  saya buatkan bolu panggang tape. Maklum emaknya ini masih amatiran baking…hanya itu dan itu sahaja bisanya hehehe…

Penampakan bolu Tape  tabur Keju Panggang ala emak kinan

Penampakan Bolu Tape panggang  tabur keju ala emak kinan

Penampakan Bolu Tape panggang tabur keju ala emak kinan

Resep bolu Tape Panggang ala Emak kinan dengan ukuran loyang bentuk hati yang kecil *lupa diameter berapa nomer 1 ditulisannya..

Bahan bahan:

  • Telur 5 butir
  • Terigu 120 gram
  • Tape 60 sampai 80 gram (ini emak kinan nggak nimbang karena udah terlanjur di haluskan)
  • Mentega  200 gram (pake Bl*u* B*nd yang kantongan itu)
  • Gula 100 gram (tergantung tingkat manis yang diinginkan)
  • Keju partu untuk taburan diatasnya (secukupnya)
  • sedikit pengembang dan pelembut (bisa di skip kalo kita dah PD dengan  tehnik pengocokan yang benar)

Cara Pembuatan Bolu Panggang Tape ala emak kinan:

  • Mentega dicairkan
  • Tape dihaluskan (bisa hanya dengan di benyek benyek dengan sendok)
  • Kocok Gula dan Telur dengan Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang berbusa dan tidak lengket pas di chek dengan cara memasukkan lidi
  • Masukan mentega cair kocok sampai bercampur rata
  • Masukan tape yang sudah dihaluskan dan dikocok sampai rata
  • Masukkan tepung perlahan lahan dengan diayak dan diaduk dengan spatula.
  • Masukkan adonan kedalam cetakan, taburi dengan keju parut
  • Panaskan oven 10 menit terlebih dahulu. Lalu masukkan adonan yang sudah dimasukkan kedalam loyang cetakan  kedalam oven. Atur pada suhu 150-160 derajat celcius dengan waktu kurang lebih 35 menit sampai dengan 40 menit ( untuk panas atas kita bisa set di 10 menit terakhir)
  • Tara …..bolu siap dihidangkan..disantap hangat hangat mantep ..untuk teman minum teh.

Semoga sharingnya berguna, selamat mencoba bagi pada mommy, mama, bunda yang ingin memberikan alternatif cemilan homemade untuk putra putrinya.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Membuat Bolu Tape tabur Keju Panggang

  1. mama hilsya says:

    mantep nih, emak kinan… jadi tiap posting ada resep baru..pasti gara2 oven itu yaaa….^^

  2. nyonyasepatu says:

    mau dong🙂
    aku udah dibeliin nyokap nih oven tapi koq yah masih takut2 mau masak kue hehe. takut gak enak🙂

    • ayo mbak semangat belajar baking..saya baru juga belajar belajar…yah buat cemilan sehat untuk anak judulnya eaa kalo nggak abis yang embat juga emaknya hehehe *edisi melar badan..:)

  3. Lidya says:

    Hmmm harumnya samlai sini bun.aku suka bikin tapi ga bentuk hati🙂

  4. nophi says:

    mau donk mama kinan.. aku ga punya oven, punya resep yang kukus ga bun?? hihi

  5. yuniarinukti says:

    Nama Mallnya susah banget sih Mbak, ribet bacanya hehe..
    Walah Kinan kok tau sih klo bentuk hati modelnya begitu, siapa yang kasih tau dek?😀

  6. dian_ryan says:

    keliatannya enak mba (ngiler) hehehe,…

  7. 12 Menit says:

    Bolu tape tabur keju itu kesukaan keluargaku….
    Enak bangetttt………. Jadi pengen nih,

  8. Orin says:

    Duh…jadi kepengen nyiciiiip, enak bgt nih Mam kalo dimakan pas masih anget ya *menelan ludah*

  9. Ririn says:

    Ternyata mudah juga ya untuk membuat bolu tape tabur keju panggang. Harus dicoba nich. Terimakasih atas share nya🙂

  10. teringat oven di rumah yang sudah aku tutupin plastik dan taroh di lemari…*emak pemalas

  11. Elsa says:

    pasti dibuat dengan penuh cinta
    sampe berbentuk cinta
    hehehehe

    tak simpen resepnya ya Mbak

  12. may ardiyanto says:

    Aq udah nyoba resepny mbak……eh anak2ku pd ketagihan, suamiku malah mnt d bikinin lg buat d bw k kantorny….hehehehe…makash share resepny ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s