Resep Ikan Bakar Minimalis Ala Emak Kinan

Mau posting makanan dulu ah….*halah…..biar semangat menjelang makan siang hari ini disela download mendownload dan update status masterlist, rasanya hari hari ditempat nyangkul  kok males ya….keingat terus sama kinan *modus modus..bilang aja males kerjo mak, …*edisi emak labil bin galau lagi melow…hmm demi peningkatan pajak penghasilan…halah..ini mah lanjutan kemarin dari ngobrol2 bareng kawan kawan maksi soal “guyonan”  tentang “kejedot pajak penghasilan” cerita dari seorang kawan yang suaminya di O&G dimana dollar sedang menggila..dan penghasilan menjadi menggila…*halah……Ya Allah..pph 21-nya aja setelah dengar bikin kejedot pintu….gubrak…Yah rejeki dan nasib orang sendiri sendiri..bersyukur dan selalu bersyukur…dan yang penting berkah dan barokah…:) * ini kata kawan saya yang membesarkan hati kemarin.

Huoke cukup hahahehe preambule-nya…mari mari kita lanjut soal ikan bakar dan sea food yang memang masyallah banget  di Kepulauan Riau alias Kepri ini. Alhamdullilah banget di pasar banyak dijumpai ikan yang masih segar dan kadang baru turun dari para nelayan atau pemancing. Kalo musim angin malah jarang ada ikan segar dan harganya jadi melangit, tapi kalo lagi musim masyallah banget. Waktu saya worried banget soal heboh ikan berformalin supaya awet, suami saya bilang jangan terlalu worried kalo ikan ikan lokal-an di pasar kayaknya masih aman di Bintan ini.

Dan betapa anak saya Kinan, ternyata pecinta ikan laut dan sebangsanya…seperti gonggong duh kalo dah makan gonggong kok yo lagi dan lagi….begitu juga ikan bakar. Mungkin ini efek dari tinggal dikepulaun jadi suka sama ikan laut dan pecinta pantai …..anak pulau dah pokoknya…

Gonggong kesukaan kinan

Gonggong kesukaan kinan

Seperti kemarin hari sabtu atau minggu dimana sudah jadi tugas saya untuk berbelanja ke Pasar baru Tanjung Uban, *beh sampai udah apal sama pedangang pedagangnya  dan sering dapat diskon hehehe…*inilah gunanya  menjalin releasi hehehe…mak mak.. pas beli ikan dan gonggong di tempat sebut saja mbak D dikasih lumayan murah. Lihatlah betapa Ikan Talang  segar  yang ukuran kecil kecil seperti dibawah ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 14.000 * hari gini gitu lho yang semua serba mahal di kepulauan Bintan tercintah ini…… catatan: jenis ikan Talang ini ukurannya besar besar, kebetulan aja ini dapat yang anak anaknya alias piyek hehehe seperti yang ada di website ini

Ikan Talang Segar

Ikan Talang Segar

Dan betapa kalo ikan segar seperti ini kalo dimasak bener bener mantep tidak terlalu berasa amis, enak lah pokoknya kalo masih segar ikannya manis gitu…*edisi bingung menterjemahkan kelezatannya soalnya emak kinan nieh semua dibilang enak hehehe..

Favorit kami adalah di bakar, karena menghindari banyak konsumsi  yang di goreng goreng . Dan terutama untuk kinan yang emang doyan sekali ikan bakar. Kadang kalo lagi mau ribet saya akan bikin ikan  bakar bumbu lengkap seperti model ikan bakar ala rumah makan padang dengan bumbu lengkap. Tapi kalo lagi males dan pingin praktis dengan bumbu minimalis aja kesukaan kami, dengan ulekan bawang putih, garam,sedikit merica, lalu dilumuri dengan kecap dan mentega/margarin.  Kalo kemarin kita juga suka membakar ikan dengan arang, biar mantep gitu, tapi semakin kesini males ribet akhirnya lebih suka pake aluminium foil ditaruh di tempat panggangan ikan diatas kompor gas, atau ditaruh di teflon aja sampai matang, atau yang akhir akhir ini saya lakukan adalah menggunakan teflon serbaguna “Happy Call” untuk bakar ikan dan hasilnya memuaskan banget…mantep nggak ribet  harus nyalain arang dan lain lain ribet dan bau asapnya🙂

Ikan Bakar dengan HappyCall

Ikan Bakar dengan HappyCall

Taraaaa jreng jreng..penampakan ikan bakar bumbu minimalis ala emak kinan….dan believe it or not… kinan abis 2 ikan bakar dengan lahap…dan dimakan sama “daun” katanya saat menyebut lalapannya..hehehhee ..*daun daun…..

Ikan bakar minimalis ala emak kinan

Ikan bakar minimalis ala emak kinan

Resep dan Bumbu Ikan Bakar Minimalis ala emak kinan

  • Mentega secukupnya
  • Kecap Manis + Asin (bagi yang suka boleh ditambah saus tiram)
  • Bawang putih, merica dan garam di haluskan

Instruksi *halah bahasanya…ekseskusinya maksudnya…hhehehe..

Bawang putih, garam dan merica yang udah dihaluskan di campur dengan mentega dan kecap kemudian di balurkan  atau dilumurkan..*halah bahasanya hehehe ke ikan yang sudah dibersihkan dan dilumuri air jeruk nipis atau jeruk lemon untuk mengurangi rasa amis. Ikan yang masih segar biasanya tidak terlalu amis baunya. Lalu ikan siap dibakar. Konon kabarnya dibakar dengan areng lebih mantap sih..*tapi menurut saya emang begitu rasa dan baunya lebih nendang …*halah bola kali nendang…

Wah ingat Ikan jadi ingat Bos Site Leader yang dulu kala…sekarang udah ganti lagee…bule… yang suka ngasih tahu kalo ikan bagus untuk Ibu yang sedang hamil dan menyusui gizinya tinggi..*emang bener bapak satu itu…thanks pak *dimanapun si bapak ini berada sekarang semoga selalu diberikan kebaikan dan kemudahan

Jadi ingat ada artikel dulu yang sempat saya simpan diemail dari Ayahbunda yang ada disini, tentang “Super Food Untuk Balita” saya copas aja disini yah untuk sharing;

Ingin anak cerdas? Perhatikan dengan jeli gizi mereka setiap hari. Makanan yang populer disebut “Brain Food” ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi berpikir anak.

  1. Ikan dan Kerang. Ini adalah sumber terbaik asam omega-3 (DHA dan EPA) yang penting bagi  tumbuh kembang fungsi otak. DHA dan EPA banyak terkandung dalam ikan yang hidup di laut dalam seperti Salmon, Tuna, Sardine, Makarel, Tengiri, dan Kembung, sedangkan Tawes adalah satu contoh ikan air tawar yang kaya DHA dan EPA. 
  2. Telur. Dikenal sebagai sumber protein dengan harga terjangkau, bagian kuning telur yang kaya kandungan lecithin dianggap penting sebagai makanan otak untuk membantu perkembangan memori dan daya ingat.
  3. Daging Sapi, kaya akan zat besi yang penting untuk membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang memelihara daya ingat. 
  4. Daging Ayam, dipercaya dan dapat diandalkan sebagai sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh.
  5. Gandum Murni, mampu mensuplai kebutuhan glukosa yang dibutuhkan tubuh secara konstan. Vitamin B yang terkandung didalamnya penting untuk memelihara kesehatan sistem saraf.
  6. Oatmeal. Sereal populer ini merupakan sumber vitamin E, B, potasium dan seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. 
  7. Beras merah, berfungsi meningkatkan jumlah serotonin, senyawa utnuk memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. 
  8. Berry, apapun jenisnya mengandung vitamin C dan antioksidan kadar tinggi untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.
  9. Kacang-kacangan. Makanan spesial ini kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium yang penting untuk tingkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak. 
  10. Buah dan sayuran berwarna, terbukti kaya vitamin  dan mineral yang menjadikan otak tetap bertenaga dan antioksidan yang tangguh untuk memperbaiki sel otak.  
  11. Susu dan Yogurt, makanan yang berasal dari produk susu jelas penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Kandungan vitamin D didalamnya penting untuk membangun sistem saraf otot dan regenerasi sel manusia secara keseluruhan. 
  12. Keju, kandungan gizi yang ada pada keju bisa mendongkrak nilai gizi bahan pangan lainnya.

Ajarkan anak untuk makan makanan bergizi setiap hari, agar tumbuh kembangnya optimal dan tidak mudah sakit.

Kandungan Gizi Ikan munurut sumber wikipedia disini;

Kandungan Gizi

Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain :

Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Weleh weleh dari pingin posting sederhana tentang ikan bakar minimalis kesukaan kinan walah malah kemana mana soal kandungan gizi segala, intinya semoga berguna yah bagi yang membutuhkan. Monggo kawan  bagi pecinta “sea food” berbagi resep dan testimoni soal ikan dikolom komentar🙂

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Resep Masakan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Resep Ikan Bakar Minimalis Ala Emak Kinan

  1. nophi says:

    woww mantapp mak….
    di gorontalo ikan juga menggila murmernya kalau pas musim mak, sampai bosen-bosen yo keturutan :p, dan disini tidak ada arang, jadi orang sini pake batok kelapa untuk bakar ikan, sate, dsb. Jadi pendatang pun ikut dong, susah menurutku pas lihat ayahe kynan bakar hahaha,tapi harumnya luar biasa mbak.. wenakkk…

    • alhamdullilah yah…masyallah banget kalo ikan segar rasanya…iyo kalo ibuku nyaraninnya juga pake batok kelapa biasanya kan suka ada minta di warung tetangga untuk tambahan areng emang mantap batok kelapa dipake untuk bakar..cepat terbakar dan bisa awet..kalo arang kadang lama pas mau nyalainnya sampai desperate….parah …apalagi ayahnya males katanya sangit semua hahaha…

  2. Lidya says:

    tambah sambel enak pastinya ya bun

  3. yeye says:

    Aku pecinta seafood dan ikan, lebih milih makan ikan dibanding daging hihihi..
    Bener tuh kata Mba Lidya, tinggal tambah sambel aja yah😀

  4. Evi says:

    Secara ini aku suka seafood, suka dimasak apa saja..kerang diatas tampak segar banget Mbak🙂

    • iya mbak evi, kerangnya tuh pas beli masih hidup gitu jadi masih seger, gonggong merah katanya jenis ini didasar laut hitupnya jadi agak mahalan dibanding yang gonggong biasa yang putih

  5. Elsa says:

    wo wo wooooowwww
    aku kepingin gonggongnya Mbaaaak
    aku penasaran banget sma rasanya

  6. Susi says:

    yg sedrhana gini nih, enaaaakk…..

  7. Desi says:

    ooo gitu toh caranya bikin ikan bakar..hihihi maklum aku kuper masalah resep… ;p
    makasih mba resepnya aku catet ini yaa.. ;))

  8. BunDit says:

    Siiiip, penampakan ikan bakarnya santa menggoda…. saya juga rencana menu seminggu ke depan ada ikan bakarnya. Jadi inget Happy Call di rumah gak pernah dipakai hehehe.

  9. hilsya says:

    aku dataaaaaaang…. hahaha..
    laper banget!

  10. Susanti Dewi says:

    Ikannya dicocol sambel, hmmm… nikmat. kalau gongong itu sama dengan kerang bukan mak…

  11. Minimalis hasil maksimalis hehe mantap…

  12. elkabu says:

    Halo Mama-nya Kinan!

    Apa kabar? Salam kenal dari kami myTaste Indonesia, Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep yang lezat dan sangat menarik di blog Anda ini.

    Kami ingin memasukkan blog Anda pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam myTaste Indonesia,
    Immanuel Kabuhung

  13. Mantab nih mak artikelnya, ikan bakarnya apalagi.

  14. Kelly says:

    Info sangat menarik, sukses ya mas.. ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s