Musim Buah Mangga

Halo Blog!!…melipir sebentar, kangen posting…posting dulu sebelum pulang…hayah hayah….. bentar aja kangen nulis soalnya. Mau posting pendek aja soal buah mangga..hedeh emak satu ini jan….ono ono bae…semua jenis buah satu persatu di posting…kemarin asem yang disini, dulu pepaya yang disini..eaa sekarang mangga. Nggak lagi nyidam kan mak?? hikss pengin..tapi belom…

Gini lho ceritanya semalam…eh maksudnya tadi malam ding…pas jalan ke kios buah langganan lagi berlimpah ruah buah Mangga dari Jawa…byuh mungkin lagi musim ya disana, jadi ingat Mudik 2012 lalu mudiknya juga pas lebaran haji gini, bulan oktober akhir sampai nopember awal kayaknya waktu itu, bener bener lagi musim mangga, masyallah mangga sampai “Mbelenger” bahasanya sekilo cuman dibandrol dari paling murah kisaran 4000 rupiah…*asli bener lho kayak kemarin mangga podang yang tua tua dan masak dipohon yang rasanya asem manis..itu sekilo hanya 4000 rupiah pas lagi musim kalo yang harus manis diatas itu tapi nggak sampai sepuluh ribu rupiah..bayangkan…betapa jauh dengan di Bintan ini …kalo disini sekilo mangga harum manis masih kisaran 28 ribu keatas, dan itupun kadang kurang oke kualitasnya.

Lebaran  kemarin pas mudik juga lagi belom musim, wah nanti kalo utinya mudik lagi akhir oktober ini baleknya minta dibawain mangga yang namanya Manga “Kepodang” atau mangga “podang”  yang disini nggak ad. Bahasa jawanya “Pelem Podang”…Eh kayaknya emang di Jawa Timur aja adanya mangga ini…”Correct Me If Iam Wrong”…alias CMIIW …yah soalnya dulu kok bos saya di jakarta minta dibawaiinnya kalo mudik dari Jawa Timur mangga ini anak anaknya bilang mangga ini namanya mangga “kenyot” atau mangga “Serot” karena cara makanya enak dikupas diujung nya lalu diserot atau disedot gitu…hehehe…ada ada aja..ini nieh penampakan mangga kepodang yang rasanya nano nano alias manis dan ada nuansa asemnya.

Penampakan Mangga Kepodang atau mangga podang

Penampakan Mangga Kepodang atau mangga podang

Dan ternyata pas banget kapan hari Ayahbunda online share tentang buah Mangga dan manfaatnya yang ada disini,wah ternyata buah mangga ini kaya manfaat juga yah, sedikit copas dari ayahbunda.co.id seperti dibawah ini;

Mangga tak hanya dapat dimakan sebagai buah segar dan pencuci mulut. Buah berdaging dengan aneka bentuk, ukuran, warna, dan citarasa ini kaya akan manfaat. Kandungan serat, vitamin A dan C serta aneka flavonoid di dalammya, bisa sebagai anti sembelit, membersihkan sistem sirkulasi darah dan mencegah kanker serta gangguan pembuluh darah.

 Kaya antioksidan betakaroten. Mangga merupakan sumber beta-karoten, kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat dalam tubuh yang akan diubah menjadi vitamin A. Beta-karoten dan vitamin C tergolong antioksidan, senyawa yang dapat mencegah kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya. Dan mangga mengandung zat-zat gizi antioksidan yang melimpah.

 Sumber Vitamin C. Setiap 100 gram mangga masak mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, pada mangga muda hingga 65 mg. Selain sebagai antioksidan, vitamin C berfungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C mampu membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu pemyembuhan luka.

 Mengandung Kalium. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Berfungsi meningkatkan keteraturan irama denyut jantung, mengaktifkan otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terahadap penurunan resiko terserang stroke.

 Mangga mengandung gula dan sedikit asam. Sejumlah asam galat baik bagi isi saluran pencernaan dan untuk desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi.  Mangga mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu, mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan. (me)
 

Aneka resep berbahan mangga:

Salad mangga

Jus mangga avokad

Bubur mangga jeruk

Punch mangga

kandungan gizi buah mangga sumber wikipedia

kandungan gizi buah mangga sumber wikipedia

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Musim Buah Mangga

  1. Lidya says:

    disini sekilo maish 28rb sampai 30rb bun, jadi beli yang murah dulu deh hehehe emak irit aku atau emak pelit ya

  2. ameeeeel says:

    Hahahaha… Di semarang udah mau masuk musimnya nih… Pohon mangga di kebon udah berbuah banyaaaaaaaakkk… Tinggal nunggu gedean dikit buat dipetik🙂

  3. sari says:

    pingin punya pohon mangga.. *teringat kenangan masa kecil di rumah mbah, pingin mangga tinggal petik..skrg pohonnya udah ditebang..huaaaa..

  4. nophi says:

    Di Gorontalo semua buah mahal deh mbak huhuhuu…ehh ada sih yang murah kalau lagi musim duren :p

  5. masih mahal harga Mangga di sini. Tp sy blm pernar nyobain Mangga kepodang. Taunya mangga harum manis aja😀

  6. lieshadie says:

    Aku punya 4 pohon nih..lagi berbunga….tar kalo berbuah tak kirimi yaaa….#potonya🙂

  7. waah depan rumah mangga bergelayutan menggoda iman, tapi sayangnya pohon tetangga…. iih jadi kepengen nge jus mangga

  8. Elsa says:

    mangga podang aku gak seberapa suka mbak, karena baunya terlalu menyengat.
    kecut pisan, hahahhahaaa

  9. Aku punya banyak buah mangga dikebun ada yang mau beli gk yak..

  10. nyam nyam lagi ngidam gini mau dong jus mangga nya hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s