Lessons about “Parenting” From Foreign Friend

Want to share something…*halah sok sokan gawe bahasa londo barang wong “grammar” wae ra mudeng…dan “TOEFL” wae ra lulus nggo sekolah neng luar negeri ..hehehe…yo wis balek bahasa asline…Asli mabok “Pre Ship MRB” beberapa hari ini…mblenger gara gara penyimpangan “FCI connector” ini…..kemarin end item  unit..sekarang level CCA…..byuh…opo meneh  kuwi  “Pre Ship MRB” makanan apa itu..byuh itu urusan pabrik….urusan pabrik sini sama “customer”  …soal penyimpangan yang nggak sesuai dengan “spec drawing”…biarlah jadi derita saya akhir akhir ini…*namanya ya bekerja dan cari uang yo lak yo begini tho..disuruh repot, yen ra pengin repot yo neng omah bae ….hehehe dinikmati..dijalani….sing penting sik iso posting…:)

Pas kapan hari maksi…ngobrol ngalur ngidul nggak karuan sama ibu ibu PKK…sampai akhirnya berujung browsing ngecheck FB sesorang dan photo2nya…karena kekepoan kita….terus berakhir saya menuju mushola pas banget  mau wudhu tiba tiba ada messege di FB berbunyi dengan capslock yang menyala; “WHAT ARE YOU DOING ON FACEBOOK? ARENT YOU AT WORK NOW?HAHAHAHAHAHAHAHHAA”  kaget  dong…walah ini lah kalo pake android terhubung dengan jejaring sosial, kesannya jadi kayak “online” teyus…hedeh udah kapok ini dapat  teguran dari ayah kinan dan sindiran dari “MICE” di kompas minggu kemarin hehehe…kata pak ne…”halah ma mbok nggak usah jadi Facebooker dan lebay gitu” hehehe…

Kartun Mice di harian kompas 20 October 2013 tentang "apapun berbagi di jejaring sosial" sumber dari sini

Kartun Mice di harian kompas 20 October 2013 tentang “apapun berbagi di jejaring sosial” sumber dari sini

Eaa ternyata patner in crime patner kerja soal urusan per-software-an mbak michele dari Redmond sono yang katanya lagi nggak bisa tidur disono midnight mendekati mau pagi gitu….., akhirnya saya jawab “I am on break time now till 13.15” akhirnya  jadi deh kita nggambas alias ngobrol chit chat di FB…hedeh. Dari ngobrol ngalor ngidul soal anak yang saya tahu dia emang punya 2 anak cewek dan cowok, cantik anaknya yang pertama, calon dokter bedah gigi “Dental Surgeon” katanya, begitu pula yang cowok katanya dibidang yang sama. Dia bilang “spend lot of money” walah…ternyata sama juga yah di US sono mahal juga sekolah dokter dan lama…:) “YES!  THEY BOTH WILL HAVE LOTS OF LOANS TO REPAY, BUT WILL MAKE THE $$ TO BE ABLE TO PAY IT” hehehe….mbak michele ini mengajarkanku juga tentang wanita bekerja dan support suami…dan “sound” lebih ke aktifis feminisme..tapi yah selama masih bisa dicerna dan diterima alasannya bagi saya..nggak ada salahnya…*halah kok malah melebar…kemana mana…:)

Saya tertarik berguru  soal ilmu parenting sama mbak michele ini...*haduh dipanggil mbak..hehehe,   pola asuh barat sama enggak dengan pola asuh saya disini, lho kalo bagus dan bisa diterapkan asal tidak melanggar norma norma kenapa tidak gitu pikir saya, akhirnya rasa keingintahuan saya berlanjut ngobrol saya tanya, wah hebat yah anakmu dua duanya dijurusan kedokteran kayak gitu. Katanya lagi sebenarnya malah anaknya yang cowok itu tertarik sangat kuat dibidang “MATH and Science”. walah kata saya  hebat banget….banyakan remaja biasanya kan sedikit sekali yang suka math dan science termasuk saya dulu, *kalo ayah kinan emang dari exacta…jadi saya pingin dong tahu gimana mbak michele ini menumbuhkan minat dua anaknya agar cinta “Math and Science” secara saya juga nggak ingin kinan nurun saya..hehehe..pinginnya kinan nurun bapaknya soal ini….hehehe…

Lalu  mbak michele menjawab pertanyaan saya dengan wejangan wejangan tentang parenting, rasanya sayang juga kalo menguap jadi ada baiknya makanya saya pingin mendokumentasikannya di blog saya sebagai catatan atau kamus parenting buat saya…*halah halah mak…bilang aja insting dan jiwa penulis yang lebay hahaha…

TEACH THEM EVERYTHING…EXPLAIN IT ALL TRUTHFULLY, EVEN FACTS OF LIFE
NO LIES, EVEN IF THEY ARE TOO YOUNG.
DONT TELL T HEM BABY STUFF
IT WILL KEEP THEM SAFE
AND TELL T HEM THE TRUTH SHE NEEDS TO KNOW THE TRUTH

WHEN YOUR DAUGHTER ASKS YOU WHERE BABIES COME FROM….LOL TELL HER THE TRUTH

DONT TELL HER FROM THE PUMPKIN PATCH!

SHE WILL HEAR STORIES FROM FROM HER FRIENDS, AND KNOW THE TRUTH FROM YOU
MOST MEN CANNOT TALK TO TH EIR CHILDREN ABOUT THE FACTS OF LIFE. 

Hahahaha…saya sempat nggakak ngakak saat membaca apa yagn dituliskan mbak michele untuk saya itu,  terutama yang bagian misalnya anakmu bertanya dari mana asalnya bayi itu? jawab dengan yang sebenarnya *maksudnya yo gimana dengan bahasa yang disesuaikan dan bisa dicerna anak kecil sesuai usianya kali yah hehehe…jangan jawab  kalo asalnya “dari tambalan labu” hahaha…ngekek ngekek saya membacanya…itu katanya adalah advice yang terbaik yang bisa mbak michele berikan untuk saya…istilahnya itu adalah contoh hal hal atau gejala alam yang ada dimuka bumi ini hendaknya kita ceritakan dengan benar agar anak tertarik dengan “Math dan scince”…..setelah berpikir lama dan merenung..asli mungkin ini ada benarnya …dan selama inipun saya menerapkan hal yang sama untuk kinan demi menjawab rasa keingintahuannya tentang sesuatu, seperti misalnya gejala alam yang pasti dengan menggunakan bahasa yang sebisa mungkin dibuat lebih sederhana sesuai usianya..ini pasti akan nambah jadi kosakatanya..misalnya saya ngasih kosakata baru tentang sesuatu pasti kinan ngejar lagi apa arti dari kosakata baru itu…begitu seterusnya….yang pasti penuh kesabaran. Dan jangan pernah beranggapan bahwa Ihh…anak kecil mau tahu aja…masih kecil belom boleh tahu..jangan jangan sampai ada kata kata seperti itu, itu akan mematikan kreatifitas dan rasa ingin tahunya…*menurut saya lho…:)

Dan terakhir setelah haha hehe dan chit chat dengan mbak michele berakhir dengan kata kata “sorry, i must go back to office now”…balek  nyangkul maksudnya….yo wis…akhirnya dia bilang “Anytime you want to discuss and ask something, just ping me” …Thank a Lot mbak michele…duh seneng rasanya punya kawan yang bermula dari pekerjaan  yang berada di benua lain sono.

 Jadi pegimana ibuk ibu…para emaks…mari mari kalo ada yang bisa dibagi untuk saya untuk menumbuhkan minat anak pada dunia ilmu pengetahuan dan belajar matematika dengan riang dan senang…*nggak kayak saya dulu kalo ada pelajaran matematika di SMA tiba tiba adem panas meriang hehehe…monggo berbagi di kolom komentar🙂

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Lessons about “Parenting” From Foreign Friend

  1. nyonyasepatu says:

    aku ngakak baca capslock itu hahaha

  2. *ikut menyimak ilmu parenting dari mbak Michelle….

  3. bemzkyyeye says:

    Aku ikutan nyimak aja yah mbak, aku blm ada pengalaman soalnya hehehe

  4. Robbi Hafzan says:

    Ha ha ha, ikut nyimak sambil ngasah cangkul di sawah ni😀

  5. Enno - Mama Fira says:

    menyimak juga yaaakkk….

  6. Hahaha…mbak michelle-nya lucu deh… tapi bener sih memang yang dibilangnya, jelasin apa adanya, walo seringnya susaaahhh mencari kata2 yang tepat buat anak😀

  7. Lidya says:

    aku ikutan belajar dari tulisan ini bun

  8. mama hilsya says:

    emang harus jujur apa adanya… setujuuu….

  9. Elsa says:

    hihihi sama mbak, aku dulu juga benci sama math

Leave a Reply

