Resep Sotong/Cumi Ungkep Kecap Ala Emak Kinan

image

Mulai senin kemarin cuti dan jadi Ibu Rumah tangga Full karena uti dan akung balek ke Jawa ada acara. Duh senangnya menemani nduk seharian mulai pagi dan antar jemput sekolah lalu memasak untuk kinan dan pakne sore hari.

Kemarin sorenya khusus masakin untuk ayah kinan Sotong atau cumi cumi diungkep lalu dibakar untuk kinan saya buatkan sotong atau cumi goreng tepung kesukaannya.

Resep cumi atau sotong ungkep ala emak kinan ini terinspirasi saat makan di rumah makan fatmawati nagoya hill Batam hari minggu lalu ayah kinan mengambil cuminya dan rasanya lumayan. Jadi walaupun tidak sama persis rasanya dengan rumah makan fatmawati tapi kata ayah kinan lumayan rasanya…*beh…besar hidungnya emak kinan dipuji pak ne..ikhlas kan pakne mujinya…hehe.

Resep sotong/cumi ungkep bakar ala emak kinan ini merupakan paduan dari beberapa resep yang saya googling di internet. Menggunakan happy call untuk mengungkep dan membakarnya

Bahan dan bumbu-bumbu:
Cumi/Sotong
Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Kunyit
Cabe (bagi yang ingin rasa pedas)
Jahe dan lengkuas di parut
Daun jeruk
Daun serai
Kecap
Madu (karena diresep ada yang ditambahkan madu untuk resepnya akhirnya saya kasih sedukit madu)

Cara memasak:
Semua bahan dihaluskan,ditumis.hingga harum masukkan cumi  tambahkan air diungkep hingga matang dan air mengering lalu bakar sotong setelah ditusuk dengan tusuk sate. Siap disantap hangat hangat dengan nasi,lalapan dan sambel terasi.

image

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Resep Sotong/Cumi Ungkep Kecap Ala Emak Kinan

  1. Evi says:

    Glek ikutan ngiler. Itu yang hijau buah kecipir ya, Mbak? Sedap nyo 🙂

  2. nophi says:

    boleh nih dipraktekin.. aku belum pernah dibakar gitu mbak hehe, itu cuminya dibersikan sampai putih ga bertinta apa cukup dibersikan biasa mbk? #pertanyaananeh :p

    • resep yang aku pake tintanya tak bersihkan abis dek nophi…pak ne suka begidik kalo lihat ada warna tinta…*tapi dari resep yang aku googling ada juga yang dimasak ungkep dengan tintanya..monggo dicoba

  3. pas dilidahnya suamiku nih bun, manis-manis gitu

  4. dian_ryan says:

    aku suka cumi mamak kinan, resepnya boleh nih kapan2 dicoba di rumah🙂

  5. zpmary says:

    Aku jadi pengen makan cumi deh mbk lihat masakanmu…huaaaa…mana aku gak pinter masak, minta aja boleh ? *bumil ngiler*

  6. nyonyasepatu says:

    ehhh td aku liat sayur itu, kenapa gak beliii yaa huhu, soalnya udah ada sotong dirumah

  7. hilsya says:

    apa-apaan ini maksudnyaaaaa???
    benci..benci.. benci..
    kalo lagi laper berat dan cuma makan mie seduh😦

  8. Alhamdulillah kutemukan juga resep ini. terima kasih….🙂

Leave a Reply

