Cerita ABG: Diatas Roda Jaman Internet

Cerita ABG ini terinpirasi dari colekan Uncle Lozz Akbar di FB senin malam yang mengingatkan bahwa di Warung Blogger sedang digelar hajatan “Peduli Kata Kunci” atau Gerakan PKK. Duh sebagai ibu ibu anggota PKK sejati yang amat sangat peduli dengan hingar bingar dunia maya alias dunia internet terutama dunia “perbloggeran” miris melihat kenyataan bahwa dunia internet yang kini bisa dengan mudah diakses oleh para penggunanya termasuk anak anak yang berusia ABG alias anak baru gede yang dengan gadget canggih yang dipunyainya bisa mengakes konten apa saja yang mereka inginkan.

Duh rasanya nggak rela dan prihatin ketika membuka google dengan kata kunci “Cerita ABG” yang muncul kok cerita cerita yang nggak bener alias berkonten negatif itu duh Gusti Allah, cerita cerita negatif dan konten syurr…XXX  yang seharusnya bukan untuk  dishare dimedia dimana siapa saja termasuk para ABG kini bisa dengan mudah mengakesnya. Walah ini bisa memicu “matang sebelum waktunya” dan merusak moral generasi bangsa. Semoga efek negatif dari  kecanggihan teknologi internet ini bisa diminimalisir dan  begitu pula sebaliknya dampak positifnya bisa dimanfaatkan untuk kebaikan.

Makanya demi ikut berpartisipasi dalam gerakan membersihkan halaman pertama mesin pencari di internet dengan kata kunci Cerita ABG  dengan tema tulisan yang lebih positif dan juga demi kaos seperti dibawah ini….*duh emak kinan tetep aja gelap mata kalo lihat hadiah hehehe….emak kinan ngelembur nulis tentang Cerita ABG. Paling tidak berpartisipasi untuk mengingatkan dengan tulisan untuk kita sebagai orangtua agar lebih peduli  dengan keberadaan anak anak remaja usia yang tanggung ini dimana pada masa usia ABG seperti ini rawan dengan tindakan tindakan yang nekad, masih mencari jati dirinya dengan rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba sesuatu dengan keberaniannya tanpa berpikir panjang akibatnya. Secara mental para ABG ini memang masih labil secara emosi jadi butuh kita orangtua untuk selalu mengingatkan dan jadi teman berkomunikasi mereka.

Menulis tentang "Cerita ABG" demi kaos ini (sumber gambar dari sini)

Menulis tentang “Cerita ABG” demi kaos ini (sumber gambar dari sini)

Cerita ABG emak kinan kali ini  bukan tentang konten konten negatif dan XXX dan bagaimana cara menanggulanginya tapi lebih ingin menggali “Cerita ABG” yang merupakan kepanjangan “Anak Bintan Gaul”. Ya, karena emak kinan tinggal di pulau Bintan ingin mendokumentasikan tentang kehidupan ABG di pulau Bintan dari kacamata emak kinan selama kurang lebih tinggal 5 tahun di pulau ini. Bener lho menurut saya “Cerita Anak Bintan Gaul”.Meskipun pulau Bintan ini berada didaerah kepulauan yang jauh dari Kota besar namun kehidupan anak remajanya terlihat dinamis dan tidak ketinggalan jaman. Ada banyak sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas atau sekolah kejuruan ada di daerah dekat tempat tinggal saya. Rasanya tidak berlebihan jika dari pengamatan saya tentang keberadaan ABG atau Anak Bintan Gaul ini bukan sekedar isapan jempol. Sarana dan prasarana untuk banyak kegiatan juga tersedia dengan baik seperti misalnya aktifitas ekstrakurikuler disekolah seperti komputer, internet,drumband, photografi, pecinta alam dan masih banyak lagi lainnya. Istilahnya tidak kalah dengan Cerita ABG di kota kota besar lainnya. Banyak siswa siswinya yang juga berprestasi mewakili daerahnya untuk berbagai perlombaan dan mendapatkan nominasi atau juara. Hal ini tentu membanggakan semua warga masyarakat Bintan pada umumnya.

Namun ada beberapa hal negatif yang jadi catatan saya tentang Cerita ABG pulau Bintan ini.  Bukan bermaksud untuk mencari kesalahan atau alasan ketidak sukaan, dan bukan berarti  semua ABG di Bintan melakukan tindakan seperti dibawah ini, tentu saja jawabannya “Tidak”. Hal hal negatif seperti yang saya tuliskan dibawah ini juga terjadi didaerah lainnya tidak hanya di Bintan saja. Ini  adalah sebagian dari hasil observasi saya selama ini dari kasus yang terjadi  di dekat tempat tinggal saya dan dari pengamatan saya sebagai warga seperti pada umumnya saya melihat;

  1. Masih banyak saya dengar dan jumpai Cerita ABG di pulau Bintan ini  yang tidak menggunakan helm saat mengendarai kendaraan bermotor. Menilik usianya saya juga sangsi apakah para ABG ini sudah mempunyai SIM atau Surat Ijin Mengemudi atau belum. Peraturan dan keamanan dalam  berkendaran bermotor  sering tidak diindahkan. Mungkin juga karena pengawasan dan operasi dari kepolisian lalu lintas yang longgar dan jarang diadakan di sini.
  2. Cerita ABG yang suka menggunakan Handphone saat berkendaraan. Duh kalo ini saya sudah mengalami sendiri beberapa kali hampir menabrak ABG pengguna sepeda motor yang tiba tiba tidak sadar berada di jalan tengah dan saya yang dibelakangnya posisi berjalan dengan kecepatan normal jadi ingin menabrak, untung saya sigap, kalo tak tabrakan tak bisa dielakkan, selidik punya selidik ternyata si ABG ini sedang bermain HP saat mengendarai kendaraan bermotor. Duh..saya hanya bisa ngelus dada. Dan kemarin saya baru saja mendengar cerita kawan orangtua murid di sekolah anak saya yang suaminya mengalami kecelakaan ditabrak seorang gadis  yang masih ABG yang sedang melaju dengan motor dengan bermain HP. Kakinya mengalami patah dan luka yang cukup serius.
  3. Cerita ABG yang lebih banyak menghabiskan waktu diwarnet untuk main game online yang sedang digandrungi atau berseluncur di dunia maya untuk mengakses situs situs yang berkonten kekerasan atau hal hal negatif lainnya.

Semoga tulisan ini bisa jadi bahan renungan kita untuk lebih meningkatkan komunikasi antara orangtua kepada para anak anak ABG. Jangan sampai “Cerita ABG”  yang negatif seperti diatas terjadi pada anak anak kita, ponakan kita, sepupu kita, anak anak kawan kawan kita. Para ABG ini adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan menggantikan kita.  Tugas kita sebagai orangtua untuk mendidik, membimbing dan membina para generasi penerus bangsa untuk kelak mempunyai akhlak, budi pekerti dan moral dan tingkah laku yang baik sesuai tuntunan agama dan juga norma sosial dan norma hukum. “Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger”


About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Quis & Contest and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Cerita ABG: Diatas Roda Jaman Internet

  1. wah lagi ngontes ya… selamat, moga bisa mendapatkan kaos yang diinginkan….

  2. Dari ketiga poin di atas yang Bunda sebutkan semua terjadi juga di temapat saya, ah~ miris sekali.

  3. terima kasih turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya

  4. monda says:

    ikut mendukung gerakan ini mbak, tapi aku belum ketemu ide postingnya nih.., insya Allah ikut juga
    secara gerakan pembersihan kata kunci anak SMP dan SMA dulu juga ikutan kok..

  5. Chaidir says:

    Memang bahaya itu main HP sambil berkendara. Saya aja yang gak sambil main HP kemarin bisa jatuh juga dari sepeda motor. Akibatnya ngantuk! Hehehe..😀
    Mantep deh Mbak Artikel nya, semoga bisa turut memerangi konten negatif yang bertaburan di Google yaa!

  6. Lidya says:

    Semoga makin bersih ya kontennya

  7. Miss Rochma says:

    saya nggak suka sama orang yang berkendara sambil berhandphone. sok keren banget kesannya

  8. hilsya says:

    setuju, mama kinan… banyak hal2 seperti itu terjadi di sekitar kita

  9. Susanti Dewi says:

    Sama mba,ABG disini juga masuk ke dlm ketiga kategori diatas. Tugas para ortu yg harus lebih waspada mengawasi anak2 ABG nya.

  10. lozz akbar says:

    Semoga keturutan mendapat kaos kerennya.. biar enggak ABG Awan Bengi Grundel hahaha

  11. mochklisin says:

    kita dukung bareng2 PKK WB……….
    salam…

  12. Semoga page #1 sampai #5 google dengan kata kunci cerita ABG ini semua bisa dihuni para relawan gerakan PKK🙂

  13. puspitaheni says:

    Sukses buat gerakan PKK WB ^.^ (saya salah 1 korban konten negatif, nyari apa nemunya apa)

  14. Postingan yang bagus, sukses ya buat gerakan PKK nya.

  15. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali… Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak kak ??🙂 Tebakan yang tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe😀

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem – Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s