Flashback Mudik 2012/2013: Waduk Wonorejo Tulungagung

Halo Blog duh udah jumat aja..besuk udah weekend lagi.. siang refreshing dulu dengan menulis..mau posting jalan jalan aja clean up tulisan yang ada di draft….….melipir sebentar untuk posting sesuatu hari ini. Hari ini idenya adalah ingin menuliskan tentang Objek Wisata  yang ada di Kabupaten tanah tumpah darah saya yaitu Tulungagung. Tentang Waduk Wonorejo yang terletak di kecamatan Pagerwojo. Kecamatan sebelah dari tempat tinggal Ayah Kinan atau rumah mertua saya lebih tepatnya. Waduk wonorejo ini terletak tidak jauh dari rumah Yang Ti nya kinan yang kira kira sekitar 15 menit sampai 30 menitan perjalanan kearah perbukitan pagerwojo, jaraknya mungkin sekitar 6-8 KM an dari rumah Yang Ti nya kinan.

Tentang waduk wonorejo ini pembangunannya kalo tak salah saat saya awal SMP, saya ingat banget rame rame sama keluarga  melihat pembangunan waduk wonorejo saat itu dari atas bukit, melihat kebawah banyak alat alat berat yang bekerja  seperti melihat mobil mobil dan truk serta alat berat mainan yang kecil kecil gitu. Ya iyalah soalnya kita lihatnya dari atas bukit gitu, jadi ceritanya lembah yang dikeliling gunung atau lebih tepatnya bukit ini dimana terdapat sungai didalamnya, kemudian dibendung untuk dijadikan waduk.  Waduk besar yang rencannya digunakan untuk pembangkit listrik dan juga untuk pengairan serta mencegah banjir yang sering terjadi di daerah hilir. *begitu kurang lebih yang saya tahu…Saat itu yang saya dengar “engineer” perancang waduk ini banyak pekerja dari Negara Jepang. Waduk ini diresmikan saat jamannya presiden Ibu Megawati Sukarno Putri. Di daerah waduk terdapat landasan helicopter atau “Helipad” yang digunakan untuk pendaratan helicopter yang membawa presiden Megawati Sukarno putri saat peresmian waduk dulu.

Waduk Wonorejo dari Google Image

Waduk Wonorejo dari Google Image

Ada dua jalan menuju waduk Wonorejo kalo kita ingin menuju kesana, ada Jalur Utara dan Jalur selatan *halah kok kayak kereta aja ada jalur jalurnya hehehe….kalo rumah Yang Ti ini lebih dekat lewat jalur selatan, sedangkan kalo dari rumah saya dari arah Kediri lebih dekat lewat jalur selatan yang lewat Kalangbret – Mojosari terus naik kearah bukit. Melewati pemandian SRABAH yang dulu pernah saya posting disini. Setelah waduk selesai dan diresmikan oleh presiden jaman dulu hitungan jari kayaknya saya hanya satu atau dua  kali main ke waduk ini bersama teman dan kakak saya saat itu. Dan kemudian saat mudik 2012 tepatnya  sore hari tanggal 31 October 2012, setelah main dari rumah mbak dila saat itu kita pergi jalan jalan kearah waduk Wonorejo. Mengenai sejarah waduk wonorejo dan juga tentang seluk beluknya bisa di cek di web ini dan ini.   Di kawasan Waduk wonorejo ini juga tersedia Taman wisata serta resort dan hotel untuk umum. Berbagai fasilitas seperti kolam renang  dan tempat untuk outbound disediakan disini. Bisa di lihat di web yang ada disini.

Lihatlah penampakan narsis kami di Waduk Wonorejo yang tahun 2012 dan baru sempat upload sekarang. Ada  juga sebenarnya dokumentasi saya ke waduk wonorejo setelah saya dan ayah kinan merried, kayaknya filenya ada di lappie saya dirumah. Seadanya yang ada aja diposting  saat ini;

Penampakan waduk wonorejo di senja hari

Penampakan waduk wonorejo di senja hari

Sisi lain Waduk wonorejo

Sisi lain Waduk wonorejo

Narsis kami di  Waduk wonorejo senja itu

Narsis kami di Waduk wonorejo senja itu

Lebaran tahun ini pas mudik, ada kawan kerja dari BIntan yang  akhir july resign dan dapat kerja di Jakarta mudik kerumahnya diKediri. Pingin main ke rumah saya dan ke rumah kawan kerja yang dulunya juga di Bintan. Pas lah sekalian saja ajak jalan jalan ke Waduk wonorejo,untuk sekedar tahu dan narsis narsisan photo disana. Pas lebaran..masyallah rame juga. Kita makan siang disalah satu warung yang ada dikawasan itu Gurami bakar dan ikan patin bakar khas waduk wonorejo. Hmm…walaupun nggak mak nyus-mak nyus amat tapi karena kita lapar yah hayooo aja hajar blehh..…minumnya air kelapa muda duhh sayang tak sempat mendokumentasikan di kamera..hehehe udah keburu laper…:D

Penampakan Narsis kami Agustus 2013 diwaduk wonorejo;

Saya, Kinan dan Kawan di Waduk Wonorejo *pak ne jadi juru photonya..

Saya, Kinan dan Kawan di Waduk Wonorejo *pak ne jadi juru photonya..

Kinan Narsis di Waduk wonorejo

Kinan Narsis di Waduk wonorejo

Saat 2012 dan 2013 kami kesana saya udah males turun kearah waduk, kalo dulu pas abis nikah terus bareng bareng sama keluarga pak dhe eko kita sempat jalan dan turun ke arah waduk serta photo photo disana didekat air waduk. Kalo hari libur ada kapal yang disewakan untuk memutari waduk, ada juga yang mancing, atau sekedar duduk duduk menikmati keindahan waduk Wonorejo.

Pas googling tentang waduk wonorejo tadi  jadi kepikiran pelajaran IPS jaman behalok. Soal apa sih waduk? Terus tapi kenapa ada yang menyebut waduk wonorejo ini sebagai bendungan wonorejo? Jadi apa beda Waduk dan bendungan? Hayah udah lupa semua walapun jaman smp sma dulu geografi dapat nilai bagus..rontok semua apalan itu..hahahah…walah  malah melebar kesitu situ..mungkin kalo mau nyari soal ini bisa check diblognya alamendah yang disini untuk tahu beda dan waduk lebih jelas.

 Waduk dari  wikipedia disini definisinya  adalah kolam besar tempat menyimpan air sediaan untuk berbagai kebutuhan[1]. Waduk dapat terjadi secara alami maupun dibuat manusia. Waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan yang lalu dialiri air sampai waduk tersebut penuh.

Sedangkan bendungan dari sumber Wikipedia  disini  adalah Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Wah pasti banyak sekali yah waduk waduk atau danau atau bendungan yang ada di Indonesia ini  di Jawa Timur aja ada banyak mulai bendungan selorejo, waduk wonorejo ini, ada karangkates, dan lain lain..hayo bagaimana dengan didaerah kawan bloggers lainnya. Mari mari kita sharing keindahan waduk atau bendungan atau bahkan danau didaerahnya masing masing.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Flashback Mudik 2012/2013: Waduk Wonorejo Tulungagung

  1. Enno - Mama Fira says:

    Baguuusss…. Doakan aku bisa kesituuuuuuu……..
    Kalo di Bali ada Danau Beratan, ada Danau Batur… Kalo di Lombok ada Danau apa yah.. Danau Segara Anak kayaknya.. tapi saya pun belum pernah kesana….
    Nanti mau jalan-jalan dulu aahhh… trus posting #eh

  2. nh18 says:

    Merinding juga membayangkan bedungan ini …
    saya belum pernah kesana nih

    Salam saya

  3. keren mak review nya. aku dari wonogiri tempat waduk gajah mungkur…jadi pengin ikutan bikin liputannya…

    • ayo mak mari mari mereview waduh…*halah…hehehe
      aku pernah ke gajah mungkur wonogiri sayang nggak ada photonya..mampir perjalanan dari tulungagung mau ke yogya…ikan dan peyek udangnya mantep..keren..:)

  4. hilsya says:

    IPS jaman behalok… bahasa apa ini? aku taunya baheula.. bahasa sunda..
    rajin posting, iiiih… aku blm nambah🙂

    • hahaa….tau aja ada orang keseleo nulis…*duh biasa melototin jurnal sih…*jiahhhhhhhhhhhhhh ampun dah… insomia mbak…janji sama mbak elsa mereview novel 99 cahaya dilangit eropa..mbak elsa yellow life lagi di turki sekarang..tadi siang kirim2 pic via WA…aku jadi keinget buku hanum rais itu..

  5. Nchie Hanie says:

    iihhh kinan udah gede lagii..
    hadoh baru mampir lagih niy

    ko ga ngajak2 sih pemandanganya cakep banget

  6. nyonyasepatu says:

    aku kayaknya belon pernah deh pergi ke waduk2 hahaha *kesian*

  7. hana says:

    Mama kinan indah banget yaaa pengen deh ke daerah sanahhh🙂

  8. Han says:

    Ashhh saya pernah mancing disitu tuh😀

  9. Dede ruslan says:

    keliatannya waduk disana lebih bersih yaa dari waduk jatiluhur
    waduknya agak surut yaa sepertinya

  10. Lidya says:

    kalau dijawa barat ada waduk jatiluhur bun, agak seram gitu ya ngebayanignnya🙂

  11. elsayellowlife says:

    kayaknya enak tuh buat jalan jalan pagi atau sore ya mbak…

Leave a Reply

