Mengenali Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Sapu sapu blog yang entah kapan terakhir posting…dah nggak ingat lagi…heuehuehueheu…kangen “blogging” euyy…!

Hakikatnya sebagai manusia adalah selalu belajar dan belajar dalam kehidupan kita sehari hari…begitupun saya , setelah jadi emak emak ini  setiap hari harus belajar dan cari ilmu tentang “parenting” walaupun itu istilahnya dari dunia maya ilmu itu didapat, dari hasil browing  di internet, maklum  tinggal dan bekerja di daerah kepulauan yang mobilitas terbatas yang mana dan dimana jarang sekali bisa menikmati acara seminar  dengan tema “parenting”. Tidak seperti kawan kawan yang dikota besar atau kota yang mobilitasnya lebih mudah, dengan sarana dan prasarana yang memadai dan dengan beragam aktifitas seminar parenting yang bejibun baik itu dari sekolah, dari organisasi atau lembaga tertentu. Istilahnya tinggal pilih aja  mau yang mana  yang ingin diikuti untuk update informasinya, atau mau  hunting ke toko buku untuk  buku-buku parenting tinggal ngesot aja, atau mau ikutan seminar parenting A tinggal jalan, mau konsultasi ke psikolog A, B, C atau klinik tumbuh kembang ini itu tinggal hayuk.  Wah kalau seperti saya disini banyak memanfaatkan media massa dan juga media internet untuk update banyak ilmu termasuk salah satunya ilmu parenting.

Nah sampai 2 minggu  yang lalu hari kamis, saya ikut workshop atau seminar di Tanjung Uban Utara yang sebenarnya lebih dikhususkan untuk guru guru paud, TK dan sekolah dasar kelas 1 dan 2. Tapi karena  saya tertarik dengan materinya dan bagi saya  saya ini juga adalah mantan guru dan yang pasti saya adalah juga sebagai “GURU” pertama bagi kinan anak saya dirumah makanya saya ijin ke ayah kinan untuk ikut dan semoga saya dapat manfaatnya. Upgrade ilmu…Alhamdulillah  Pak Ne mengijinkan saya untuk ikut seminar atau lebih tepatnya “Workshop Menjadi Guru Asyik dan Menyenangkan” bersama kang Deden  Trainer motivator dari Purworejo, di Aula Kecamatan Sri Kuala Lombam rasanya kayaknya hanya saya aja yang dari kelompok  orang tua atau wali murid yang lainnya semuanya adalah guru guru dari kawasan ini termasuk guru guru kinan disekolah. Saya bela belain ambil Cuti Haid yang memang ada dikantor dan memang karena sedang nyut nyutan kepala juga…saya ikuti seminar itu kemarin. Walaupun diawal awal seminar sempat  nggak fokus karena ada Software”urgent release”  yang hanya  bisa  bisa download di desktop saya di kantor. Akhirnya masalah terpecahkan  setelah  dibantu minta tolong IT team untuk download  software di desktop saya.

Temanya tentang menjadi guru yang asyik dan menyenangkan masuk banget untuk para guru kayaknya, sedangkan bagi orangtua bagus juga untuk mengajak kinan bermain atau belajar dengan metode yang disharing oleh kang Deden. Mulai dari lagu lagu gubahannya, terus tepuk tepuk atau permainan yang bisa meningkatkan konsentrasi anak. Dan pada dasarnya kinan itu suka banget kalo saya ceritakan hal hal baru atau hal lucu serta senang banget aktifitas seru seruan, jadi lumayan lah bisa jadi bahan ide saat quality time dengan kinan.  Mengenai isi seminarnya  saya rasa seperti seminar kebanyakan jadi di posting saya  ini tidak ingin mengulas masalah  isi atau materi dari seminar yang kemarin saya ikuti tapi salah lebih tertarik untuk menggaris bawahi tentang Otak kanan dan otak kiri Manusia.

Asli dulu saya tidak terlalu ambil perduli  dan hanya sekedar tahu saja tentang apa itu otak kanan dan apa itu otak kiri, terus tentang dominasi “Otak kanan” atau “Otak Kiri”  lalu anak dengan ciri dominan otak kanan itu yang seperi apa, anak dengan ciri otak kiri yang dominan itu yang kayak mana.  Dan saya lebih sering berpegang teguh pada “Multiple Intelegensia” nya Howard Gardner  atau kecerdasan majemuk  yang ada dalam diri manusia.

Duh pada awalnya saya kira saya salah kamar ikut seminar ini namun  ternyata saya banyak mengambil hikmah dari kegiatan kemarin.  Saya jadi tahu cara sederhana untuk mengetes kecenderungan otak kanan atau otak kiri yang kita pakai saat ini. Kang deden mengajak para peserta untuk  mencoba menyatukan tangan seperti posisi kita saya akan berdoa atau membuat permohonan doa. Bila jempol kiri kita berada  dibawah jempol kanan kita maka itu berarti  kita cenderung menggunakan otak kiri kita begitu pula sebaliknya.  Pada awalnya saya mikirnya masak sih nggak bisa sama, asli lho kepikiran, ternyata memang benar lho diantara banyak orang itu tidak sama  posisinya dalam mengenggam, pas dirumah saya juga coba tes ke kinan coba deh kepalkan tangannya dan disatukan, dan bener ternyata posisi kinan mengepal juga berbeda dengan posisi tangan saya. Subhnallah…

Tangan kinan dan emaknya "Tes sederhana" dominan otak kanan atau otak kiri

Tangan kinan dan emaknya “Tes sederhana” dominan otak kanan atau otak kiri

Lalu apakah ini mengindikasikan otak mana yang lebih dominan digunakan? Saya kurang tahu pasti dari yang saya baca itu adalah hasil penelitian para ahli dan bisa jadi tidak bisa dikatakan kebenaran yang mutlak atau akurat,  soalnya  misalnya pada saya  nih, dari hasil tes cara mengepal itu saya dominan otak kiri, tapi saya kok orangnya bawel, rame, “talk active” gitu..terus kurang disiplin, suka aneh aneh, dan berbeda banget dengan ayahnya kinan yang dari hasil mengepalkan tangannya emang cenderung dominan otak kiri. Lalu berawal dari keingin tahuan saya inilah akhirnya  saya sempatkan browsing tadi malam.

Lalu bagaimana pembagian kerja otak kanan dan otak kiri yah?? penasaran dong biar lebih afdol makanya hasil googling saya saya dokumentasikan di blog, yah at least kalo saya lupa lupa ingat soal ini  bisa tinggal buka blog, dan siapa tahu sharingnya juga berguna yang lagi nyari tentang otak kanan dan otak kiri.

Pembagian Otak kanan dan otak kiri Menurut fungsinya (sumber disini)

Pembagian Otak kanan dan otak kiri Menurut fungsinya (sumber disini)

Dan saya mendapati banyak hal  dan menambah pengetahuan yang berguna banget.  Begitu juga tulisan lama dari “Ayah EDI” di blogspot yang ada di link ini, dan sedikit copas  untuk share disini;

Jangan-jangan anak saya dominan otak kanannya..?

Para orang tua yang berbahagia, suatu hari saya pernah kedatangan orang tua yang mengeluhkan anaknya yang disekolahnya tidak pernah bisa menyelesaikan tugas gurunya dengan tepat waktu, bila ujian iapun tidak mampu untuk menyelesaikannya, atau diselesaikan tapi melompat-lompat. Saya khawatir sekali jika dia nanti jadi anak gagal….lalu ibu ini terdiam tidak melanjutkan kata-katanya.

Kami berusaha untuk menenangkan sang ibu, lalu kami jelaskan bahwa menurut pengalaman kami, anak tidak bisa menyelesaikan tugas disekolah dapat disebabkan oleh beberapa hal: pertama adalah karena si anak mengalami kesulitan dalam memahami tugas yang diberikan gurunya karena gurunya kurang sabar menjelaskannya.

Kemungkinan kedua adalah karena si anak memiliki kecenderungan berpikir dengan menggunakan otak kanannya. Apa artinya…. ya seorang anak otak kanan adalah anak yang mendapatkan berkah dari Tuhan memiliki kemampuan untuk menjadi orang-orang kreatif yang mungkin berprofesi dibidang seni ataupun sains.

Ada lagi yang saya dapat dari sharing web di kompasiana yang ada  di link ini bahwa saat kita bisa membaca didalam mobil  yang sedang berjalan tanpa merasakan atau mengalami pusing  ini mengindikasikan bahwa otak kiri dominan, alasannya menurut tulisan disitu dijelaskan bahwa “itu karena orang yang dominan otak kiri biasa fokus, memikir detail dan tidak berpengaruh dengan situasi sekitar. Sementara orang yang otak kanan cenderung berfikir keseluruhan, dan gampang terdistract oleh sesuatu alias tidak fokus.”

Dari blog ini nemu juga penjelasan tentang Detail Otak kanan  atau Otak kiri dengan  sifat atau ciri-ciri orang yang menggunakan otak kiri ataupun otak kanan:

Sumber dari link ini

Sumber dari link ini

Dari semua penjelasan diatas, jadi saya perlu menyiapkan trick  dan cara khusus untuk bekal mengasuh dan mendidik kinan. Kira kira kinan termasuk dominan penggunaan otak kanan atau kiri, lalu bagaimana cara untuk berusaha menyeimbangkan dan mengoptimalkannya. Inilah gunanya “googling”  jadi tambah mudeng tentang sesuatu. Paling tidak ada gambaran untuk saya kenapa saya ngotot ingin kinan les musik, lalu permainan seperti apa yang kiranya bisa membuatnya bisa menggunakan kedua otaknya secara seimbang. Karena sesuatu yang berlebihan tentunya tidak bagus juga kan. Misal dominan otak kiri terus nggak bagus juga, begitu pula dengan dominan otak kanan juga kurang oke.

Walah kok jadi kemana mana dan hari ini temanya jadi tentang “otak” hehehe…huoke…mari mari kita menyeimbangkan dan mengoptimalkan penggunaan otak kanan dan otak kiri. Karena ini bisa dilatih dan dibiasakan, seperti misalnya merubah arah gosok gigi, penggunaan tangan kanan atau kiri, lalu kebiasaan menendang bola, kebiasaan tidur miring kekanan atau kekiri.  dsb…

Ada yang mau menambahkan…dengan senang hati ditunggu di kolom komentar biar tambah ilmu..:)

Referensi:

http://ayahkita.blogspot.com/2010/01/jangan-jangan-anak-saya-dominan-otak.html

http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2013/07/15/cara-cepat-mengetahui-dominan-otak-kanan-atau-kiri-573771.html

http://jamaluchih4.blogspot.com/2013/04/tes-otak-kiri-atau-otak-kanan.html

http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2012/06/15/tes-dominasi-otak-kiri-dan-otak-kanan-464953.html

http://kianunafisha.blogspot.com/2013/06/ciri-ciri-dan-cara-agar-dominan-ke-otak.html

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Mengenali Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

  1. dani says:

    Maturnuwun mbak yu. Kayaknya saya dominan otak kanan deh. Hihihihi

  2. nophi says:

    Makasih infonya mbak.. ohh aku keliru brarti ya, ta pikir saat mengepalkan tangan, kalau jempol diatas kanan maka cenderung kanan, ternyata terbalik ya hehehe.

  3. rhey says:

    Tfs mbak,, sptinya sy dominan kanan.. Tp entahlah xixixixix
    Dl ponakan sy ikut bimbel sblm masuk ada test DMI yang pakai sidik jari katanya untuk mliat kemampuan otak anak,, apa cndrung kiri atau kanan heheheh…

  4. Lidya says:

    aku coba mengepal bun ibu jari tangan kiriku ada diatas

  5. jampang says:

    yang pasti saya lupa, yang mana yang dominan…. padahal beberapa waktu yang lalu buka web buat tes mengetahui mana yang lebih dominan😀

    salam kenal mbak

Leave a Reply

