4 Tahun 4 Bulan 4 Hari (52 Bulan)

4 hari 4 bulan 4 hari

4 hari 4 bulan 4 hari semakin “girly”

Harusnya tulisan ini publish pas tanggal 20 December 2013, biasa karena nggak selesai dan sampai rumah udah rempong sama kinan, ikutan tefar setelah mbacain cerita yo wis…bablas….baru sempat hari ini melanjutkan cerita dan mendokumentasikan tentang kinan yang hari ini tepat 4 Tahun 4 Bulan 4 hari  atau 52 Bulan.

Hedeh maunya minta di iket rambutnya model macam macam...*kok saya dulu kecil kayaknya nggak kayak gitu yah??? *tanya emak dulu

Hedeh maunya minta di iket rambutnya model macam macam…*kok saya dulu kecil kayaknya nggak kayak gitu yah??? *tanya emak dulu

Dipenghujung tahun 2013 mau update  dulu tentang kinan, duh setelah sekian lama  tidak update khusus untuk ulang bulan kinan…berapa lama yah, terus yang terakhir kapan yah update tentang perkembangan kinan di blog…byuh udah lupa, harus chek dulu di blog kayaknya…maklum emaknya ini nggak konsisten dan sering terlewat ulang bulannya tanggal 20 setiap bulannya…salut dengan para Bunda/mama yang begitu konsisten mendokumentasikan dengan tulisan di blog. Sebenarnya setiap polah tingkah kinan hampir setiap hari terdokumentasikan lewat Camdig atau sekedar kamera hp tapi tapi begitu mau update ceritanya selalu saja terlupa atau telewat karena kesibukan.

Masyallah rasanya baru kemarin aja kinan masih Nampak imut kecil, sekarang udah aja 4 tahun 4 bulan 4 hari tepat hari ini 24 Desember 2013, semoga anak mama dan ayah selalu sehat sehat, aktif dan ceria, semakin pintar dan kritis jadi putri saliha kebanggaan dan penyejuk hati ayah dan mama *Aamiin.  Banyak terlewat dokumentasi kinan saat akhir sekolahnya kemarin di PAUD, Pentas Seninya, lalu awal masuk sekolah barunya di TK, perjalanan mudik ke Tulungagung, duh semoga bisa satu satu didokumentasikan * dari dulu niat aja tapi belom terlaksana terlaksana…hehehe malah udah aja di penghujung tahun 2013. Semoga di tahun 2014 semakin rajin membuat dokumentasi di blognya, bisa membagi waktu dengan baik atau paling tidak memanfaatkan “Me Time” setelah istirahat dirumah dikala kinan sudah terlelap *kalo nggak ikutan tefar bersama kinan setelah membacakan cerita, yah maklum 8 jam diluar rumah untuk nyangkul sungguh kadang butuh istirahat dan tidak ada mood untuk nulis.

4 tahun dibulan agustus lalu apa saja update terbaru dari kinan, wah masyallah anak ini semakin kelihatan bawelnya dan keras kepala *kalo yang ini kata Pak ne bener bener nurun saya hehehe…*yo wis gak po po tak terima hehehe wong anakku kok  emang anak tercinta ku hehehe..:). Kalo ketahuan benar dan kita menyalahkannya kinan akan mencari pembelaan diri sampai titik darah penghabisan, dan tidak mau mengucapkan kata maaf *persis banget juga ini kayak emaknya hehehe…sedangkan kalo merasa bersalah kinan tidak segan segan akan meminta maaf dan mengajak salaman.

Yang pasti kinan masih “princess” minded…lagi seneng senengnya sama “princess sofia the first” dari disney junior.

kinan suka princess

Sok sok-an bergaya....hehehe tapi masih jago kandang :)

Sok sok-an bergaya….hehehe tapi masih jago kandang🙂

Seperti beberapa hari lalu, saat Ayahnya harus pulang larut malam karena ada acara penting di tempat kerja sampai jam 12 malam, sebelum tidur saat mengerjakan PR menulis dari sekolahnya saya bilang ke kinan, “Duh Kasihan yah ayah pulang malem, terus nanti takutnya masih hujan dan angin diluar, semoga ayah nggak pa pa, ayah ati ati  dan nggak kehujanan, Ya Allah Lindungilah Ayah Anang”  begitu kata saya , dan saya sebenarnya mengucapkannya  ini sambil iseng aja sambil nonton TV..tapi efeknya dashyat banget…kinan yang sensitif ini tiba tiba aja udah sesunggukan nangis sambil berurai airmata  kaget saya melihatnya. Lalu saya tanya, “Kenapa adek nangis, adek kangen ayah? Mau ditelponin Ayah?” begitu kata saya…lalu apa jawab kinan saat itu yang membuat saya terharu “ Enggak, adek merasa kayak bersalah sama Mama, Adek minta maaf ya Ma”…Ya Allah, meleleh… nieh anak dibalik keras hatinya ternyata begitu sensitive,  memang sebelum mengerjakan PR-nya tadi karena mengantuk kinan sempat marah pas saya benarkan kalo huruf yang ditulisnya salah. Selain sensitif, kinan juga sebenarnya juga cepat bisa dialihkan untuk berhenti dari sedihnya dengan hal hal yang lucu atau cerita lucu yang kami karang, pasti akan berangsur-angsur ikut tertawa terpingkal pingkal, kalo sedang marah paling dia jawab lagi “ Nggak Lucu” hehehe jadinya kita yang malah ketawa.

Kinan dengan bando bunga kesayangan hasil kreasi dari mbak susindra craft Jepara yang ada disini

Kinan dengan bando bunga kesayangan hasil kreasi dari mbak susindra craft Jepara yang ada disini

Sekolah

Alhamdullilah banyak progress dari kegiatan sekolahnya, lebih mandiri dan sosialisasi sama kawan kawannya semakin bagus. Hampir setiap hari ada aja cerita tentang kawan kawannya disekolah. Saya memang membiasakan untuk kinan selalu bercerita tentang kegiatannya disekolah, ngapaian aja tadi, mainnya apa, sama siapa, makanannya apa disekolah. Udahlah kalo lagi moodnya baik nggak usah dipancing pancing saya pulang kerja aja langsung disambut dengan ceritanya ini itu. Soal sekolah TK nya mungkin saya mau  bikin postingan tersendiri aja soalnya bakalan panjang kalo diceritakan disini.

Mewarnai dan Menggambar

Dari tidak suka lama lama akhirnya jatuh cinta. Awalnya males mewarnai karena alasannya capek tapi setelah banyak saya belikan buku mewarnai yang murce2  dari Prima Indah swalayan yang ada di Tanjung Uban ini, misalnya ada Couluring book barbie, barney, strowberry shortcake, hello kitty, princess dan masih banyak lainnya akhirnya jadi suka mewarnai dan berhasil tuntas sampai selesai. Ini yang akhirnya membuat semangat ikutan lomba mewarnai di sekolah dan dapat nominasi disekolahnya. Ceritanya soal lomba ini mungkin bisa dituliskan tersendiri biar membuat tidak panjang posting disini.

Aduh bu sapiny kok warna pink ya..baru pulang dari Salon ya Sapinya :D

Aduh bu sapiny kok warna pink ya..baru pulang dari Salon ya Sapinya😀

menggambar dan menulis

Mewarnai dengan cat air

Mewarnai dengan cat air

Membaca

Alhamdullilah sudah mulai lancar, yang paling lancar adalah kalimat tanpa huruf mati, karena saat ini sedang belajar huruf mati. Aslinya disekolah tidak diajarkan. sayapun sebenarnya tidak memaksakan dan tidak ada target saya bawa fun aja, terus karena termotivasi kawan dekatnya kak syifa dulu teman PAUDnya tapi sekolahnya berbeda sekarang. Kak syifa ini 5 tahun19 agustus lalu, udah bisa baca lancar, jadi kalo main kerumah suka baca baca buku ceritanya kinan. Ini yang membuat kinan mau belajar membaca, saya tanya anaknya kalo udah abis magrib, mau bermain huruf atau membaca pakai buku yang dibeliin ke gramedia kemarin atau tidak? kalo jawabannya iya ya saya tidak menyiayiakan kesempatan untuk mengajarinya, mengikut step dari buku yang biasa saya ajarkan. Tapi kalo dari awal bilang nggak mau, ya tidak dipaksa paling ya yang penting dia mau kerjakan PR sekolahnya aja. Soal membaca ini saya juga berencana mendokumentasikan  dalam postingan tersendiri biar lebih enak.

Belajar Membaca

Belajar Membaca

Candid emaknya..kinan dengan buku2 koleksinya, semoga kelak cinta buku dan cinta membaca yah nak

Candid emaknya..kinan dengan buku2 koleksinya, semoga kelak cinta buku dan cinta membaca yah nak

Menulis dan belajar berhitung

Dirumah saya tidak mengajari kinan menulis secara khusus. Seperti membaca ya suka suka dia aja. Yang pasti alhamdulillah udah apal alphabet  dan membaca serta calistung sederhana menurut saya sudah pencapaian yang masyallah, jadi saya tidak mau menuntut yang terlalu nanti malah membuat kinan tidak nyaman dan tidak bisa menikmati masa anak anaknya dengan bermain. Tapi karena di sekolahnya tiap hari ada PR menulis entah huruf atau angka di buku PR membuat kinan lama lama terlatih motoriknya.  Pada mulanya yang tulisannya masih besar besar sampai hampir berakhir semeter satu ini sudah mulai bagus tulisannya.

Belajar berhitung, Alhamdullilah sudah semakin baik, ini PR dari sekolah berhitung, agak kaget awalnya wah TK udah kayak gini...tapi syukurlah kinan bisa mengerjakan dengan sekali instruksi

Belajar berhitung, Alhamdullilah sudah semakin baik, ini PR dari sekolah berhitung, agak kaget awalnya wah TK A udah kayak gini…tapi syukurlah kinan bisa mengerjakan dengan sekali instruksi

Mengaji IQro

Sama seperti membaca pada awalnya  saya tiap malam hanya mengenalkan huruf hijaiyah lewat IQro 1 seperti yang pernah saya posting disini. Lalu selesai iqro satu dan beranjak ke Iqro 2 kinan sedikit susah saya ajarkan malah bawaannya nggak mau mulu, ya udah saya pingin masukin aja ke tempat ngaji iqro di blok depan perumahan dimana kita tinggal.  Kebetulan ada anak tetangga yang ngaji disitu, jadi akhirnya kinan mau saya tawarkan untuk ngaji disitu sore hari mulai tanggal 3 September 2013 dan dites membaca diakhir iqro 1 lalu karena udah lumayan lancar langsung dilanjut iqro 2, sekarang Alhamdulillah sudah masuk pertengahan  iqro 3.

Mengaji Bareng Kak Rahil  kawan kinan putri tetangga sebelah rumah

Mengaji Bareng Kak Rahil kawan kinan putri tetangga sebelah rumah

Berangkat Mengaji, hari sabtu giliran emaknya yang nganter jadi bisa narsis narsisan :)

Berangkat Mengaji, hari sabtu giliran emaknya yang nganter jadi bisa narsis narsisan🙂

Candid di tempat mengaji #emak iseng

Candid di tempat mengaji #emak iseng

Kinan ditempat Mengaji

Kinan ditempat Mengaji

Menyanyi & Menari

Duh anak ini kayaknya emang bener bener dominan otak kanan. Suka banget dengan gerak lagu, lihat sebentar aja dari CD atau lagu udah bisa menirukan dan cepat hapal begitu juga gerakannya.  Disekolah TK nya ada tawaran les/ ekstra menari ya udah dijembatani aja tiap hari rabu dan jum’at kalo mau ikut latihan di sekolah. Belum kalo dirumah…byuh saban hari lihat CD cherrybelle dan JKT 48 sambil menari nari dan menyanyi .pakai sepatu hak tingginya..hedeh hedeh…..kayak nggak bosen bosen, walah itu CD kalo bisa teriak mungkin akan bilang…”capek deh diulang ulang terus” hehehe…anak cewek gitu kali yah.

Bermain Pianika

Bermain Pianika

Terus soal cartoon lagi tergila gila sama “Sofia The First” dari Disney Junior…walah  terus dari usia 4 tahun ini tergila gila juga dengan “Adventure Time” petualangan Jack dan Fin di Cartoon Network, atau juga “GUmbal Waterson” juga dari Cartoon Network..aslinya saya melarang banget 2 kartun di CN channel itu soale itu bahasanya aduh ampun..banyak dubingan yang rasanya menurut saya nggak layak dilihat anak kecil tapi kecolongan kinan demen banget..itu siang saat dia pulang sekolah dan mbak utinya tidak terlalu mengerti, jadi tahu tahu aja udah suka, tapi saya bilang banget banget…warning istilah…nggak boleh menirukan perkataan perkataan atau perilaku yang nggak baik dan tidak sopan yang dilakukan di dua kartun itu…dan so far selama ini kinan nurut…malah yang ada saya banyak terlongo karena pertanyaan pertanyaan yang selalu membuat saya buka buku untuk menerangkannya gara gara 2 film kartun itu. Kayak tadi pagi kinan tanya ” Mama Pulau Tropis itu yang kayak mana sih?” wakkkkkkkkkk…ensiklopedia mana mana….saya pingin menerangkan yang bisa dimengerti kinan….pas udah saya terangkan saya tanya ke kinan..dapat dari mana istilah “PUlau tropis itu?” dari kartun Jack dan Fin..*duh..tepok jidat saya….

Terus kapan hari pas disekolah tema “Animal” atau binatang kinan sempat bilang sama saya sambil menangis bener bener berlinangan airmata bukan dibuat buat “Mama adek pingin binatang peliharaan” begitu katanya..kenapa dek tanya saya, lalu kinan menjawab tadi ditanya bu guru disekolah “Siapa yang punya binatang peliharaan, semua jawab “SAYA”” begitu katanya. Lalu adek ditanya apa binatang peliharaannya sama bu guru  adek jawab kucing, tapi sebenarnya kucing adek itu kan boneka ma” begitu katanya kinan. Lalu saya jawab lho adek lho punya kucing beneran itu yang suka main dan tidur diteras rumah kata saya. Tapi kinan tetep nangis sambil menjawab itu bukan binatang peliharaan. Ya udah saya bilang “Adek kan punya sapi di Jawa” kata saya…lalu jawab kinan “adek nggak mau sapi, besar dan bau” ….saya tambahin lagi, “lho kan punya kambing juga di Jawa”…adek nggak mau kambing…ya udah akhirnya drama malam itu terlewati setelah dibujuk bujuk dan akhirnya bisa tidur. Pas itu kepikiran apa dibelikan aja akuarium dan ikan, masih mikir sampai sekarang belom terlaksana, tapi malam itu juga pas ayah pulang langsung saya ajak ke toko untuk beliin boneka anjing kecil yang bisa bunyi dan jalan biar besuk pagi bangun bisa senang. Bener banget seneng banget saat bangun sambil peluk saya bilang “Terimakasih Mama” duh..meleleh…..

Kinan dan binatang Peliharaan walaupun hanya berupa boneka Made in China :)

Kinan dan binatang Peliharaan walaupun hanya berupa boneka Made in China🙂

Makanan

Alhamdullilah soal makanan sudah banyak perkembangan, lumayan dibandingkan yang dulu. Kadang kadang kalo siang tidur dan malamnya tidurnya sedikit malam pasti minta makan lagi malam malam, selalu minta cemilan cemilan tiap hari, dan buka buka kulkas atau tanya ke utinya kalo siang saya tinggal kerja, “Uti ada makanan apa uti, bikinkan adek kue lah Uti” jadi harus sedia cemil cemilan sehat. Tapi entah kenapa ya tapi BB nya ya segitu gitu aja…sekarang masih dikisaran 15 Kg-an..yo wis lah sing penting sehat kadang juga bingung soalnya tiap hari makannya lumayan banyak juga ngemil eaa tapi PUff alias BAB nya juga tiap hari…lancar hehhe…. Soal Susu porsinya lebih banyak UHT-nya skg, dot kayaknya seminggu sehari itu belom tentu beberapa minggu ini malah kayaknya nggak minum di dot, atau kalopun minum di dot udah jarang sekali. Alhamdullilah..pelan pelan biar Full UHT….

Dunianya kinan yang sekarang di usia-nya yang ke 4 tahun adalah masih dunia bermain jadi saya juga tidak terlalu mengarahkan atau memaksanya untuk belajar membaca dan calistung atau yang lainnya…banyakan kita bungkus dalam permainan, berusaha mengajarkanya pelajaran kehidupan, basic akhlak yang baik, agama yang baik, kepribadian yang baik  dan juga memberikan contoh nyatanya dalam kehidupan sehari hari kita…kalo ditanya saat ini cita citanya masih saja jawabnya ” mau jadi dokter putri” hehehe maksudnya mau jadi putri tapi juga sorang dokter *apapun itu nduk semoga kelak dirimu dapat meraih cita cita dan impianmu…mama dan ayah membimbing dan memberikan dukungan serta mendoakan yang terbaik untukmu.

Bermain dokter dokteran dengan bonekanya

Bermain dokter dokteran dengan bonekanya

Semakin bertambahnya usia alhamdullilah semakin bagus juga daya penalaran dan logikanya. Lebih mudah dikasih tahu dan diberikan penjelasan tentang sesuatu. Begitu juga hubungan sosialnya dengan kawan kawanya dikeluarga kalo dulu telp dengan Yang Ti dan Kung Ri di jawa selalu kita yang mengawali dan pakai dirayu rayu, sekarang sudah kesadaran sendiri malah minta di telpkan, begitu juga dengan Mbah YUt nya di Jawa. Bersyukur banget alhamdulillah….semoga sehat sehat selalu yah nduk…jadi penyejuk hati ayah dan mama *Aamiin

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to 4 Tahun 4 Bulan 4 Hari (52 Bulan)

  1. jampang says:

    wah…. beda setahun dengan anak saya…. syaikhan

  2. Vera says:

    Kinan makin pintar…subhanallah….
    Rambutnya sengaja dipanjangin ya

  3. E L S A says:

    waaah keren, kakak kinan udah bisa berhitung segala.
    itu buku belajar membacanya bagus banget mbak… buku apa itu namanya?

  4. Lusi says:

    Salam kenal Kinan *dadah dadah

  5. mama hilsya says:

    rambutnya panjang.. tambah girly banget ya Nana…
    kapan bisa ketemu lagi yo?

  6. BunDit says:

    Waaah.. Kinan makin besar, makin cantik dan tentu saja girly hehehe. Di foto sudah bisa nggaya gitu. Semoga selalu sehat dan makin pintar ya sayang🙂

Leave a Reply

