Lomba Mewarnai HUT PERTAMINA ke 56 Tahun

Awal Bulan Desember tepatnya hari Sabtu tanggal 7 Desember 2013 disekolah TK kinan diundang mengikuti Lomba Mewarnai dan Menggambar dalam rangka rangkaian  peringatan  HUT Pertamina yang ke 56.

Hari Sabtu Pagi itu seperti biasanya jadwal saya yang ngantar jemput kinan, karena saya dan ayahnya libur. Hari Jum’at sehari sebelumnya kinan tidak masuk kesekolah karena badannya anget karena Flu jadi tidak tahu kalo hari itu ternyata ada lomba mewarnai di Aula “Sasana Ria” Gedung pertamina yang berjarak tidak jauh dari sekolah kinan yang memang berada di Lingkungan Pertamina Tanjung Uban. Sekolah TK kinan berada di dibawah naungan Yayasan Keluarga Pegawai Pertamina, makanya nama sekolahnya “YKPP” Pertamina. Ini adalah satu satunya TK yang terakriditasi “A” di Tanjung Uban ini jadi itulah salah satu alasan juga kenapa pada awalnya saya ingin memasukkan kinan disini.  Mungkin soal sekolah kinan yang TK ini akan di review di lain postingan aja kali yah biar nggak panjang disini..*hehhee maklum emak kinan nieh kalo udah ketemu “keybord” ngetak ngetik udah aja..melebar kemana mana ceritanya.

Huoke balik lagi soal lomba mewarnai HUT Pertamina yang ke 56 di Tanjung Uban, singkat cerita sepeti sabtu biasanya mepet banget kalo berangkat dihari sabtu, biasa drama drama dipagi hari..yang kinannya males malesan lah..yang lelet kalo diminta mandi lah, yang minta sarapannya ini itu dan lama banget selesainya, ya udah berangkat jam 8 kurang sedikit, gerudak geruduk takut telat karena kondisi juga mendung mendung gitu, eaaa sampai sekolahan sepi banget, pagar di gembok dan nggak ada satupun orang disitu. Untung aja ada banyak kawan kinan yang saat itu diantar sama orangtuanya lewat dang langsung kearah kegedung serbaguna Pertamina dan bilangin saya “terus bu, ada lomba mewarnai hari ini di gedung pertamina”…duhh..mak jlebb…..asli kaget….walah nggak ada persiapan apa apa, gak bawa meja gambar, nggak bawa krayon…Ayah kinan udah marah dan ngomel..”Kenapa nggak telp walinya kemarin?, Gini ini jadi nggak tahu informasi” duhh..salah saya juga sih yo wis..akhirnya kearah gedung pertamina, dengan solusi saya nganter kinan dulu kependaftaran dan sebagainya dan ayah balek ke rumah ambil crayon dan meja gambar, untungnya rumah dan tempat sekolah kinan nggak terlalu jauh, sekitara 4 kilometeran, ngebut insyallah 15 menitan sampai, bolak balik kira kira 25 menitan sampai.

Suasana Lomba Mewarnai HUT PERTAMINA ke 56

Suasana Lomba Mewarnai HUT PERTAMINA ke 56

Saya menyiapkan mental kinan karena yang pasti merasa kurang kawan kawannya yang lain bawa meja dan crayon sedangkan kinan belum, dan langsung menuju ke tempat acara lomba. Udah aja dapat nomer yang 133, walah berarti udah banyak yang datang.  keatas langsung nyariin tempat buat kinan dan bilang disini aja dek tempatnya, nanti bentar lagi ayah datang bawa meja dan crayonnya. Saya tungguin dulu karena takut moodnya jelek karena melihat kawan kawannya udah rapi dan siap dengan crayon dan meja gambar masing masing. Alhamdullilah ayah tiba tepat waktu. Saya tatakan dan bilang ke kinan, mewarnainya yang bagus dan penuh yah. Mama nggak boleh nunggu diruangan tapi mama tunggu diluar.

Kinan menyelesaikan Mewarnai, dengan dikerubuti kawan kawannya yang sudah selesai terlebih dahulu

Kinan menyelesaikan Mewarnai, dengan dikerubuti kawan kawannya yang sudah selesai terlebih dahulu

Tidak mengharapkan kinan menang sama sekali tapi lebih ingin memberikan motivasi dan suasana kompetisi agar lebih berani dan juga mau mewarnai dengan baik. Selama ini saya menilai kinan kurang berani dan lebih jago kandang, makanya bagus banget ada kompetisi seperti ini untuk melatih keberanian dan mental kinan.

Lomba mewarnai kali  ini kayaknya hanya untuk Keluarga Pertamina dan juga siswa siswi TK A dan B Taman Kanak Kanak YKPP dimana kinan sekolah aja. Ada 2 katagori yaitu katagori Mewarnai untuk anak usia TK A dan Menggambar untuk anak usia TK B. Untuk TK A ada 2 kelas dengan jumlah murid satu kelasnya  masing masing kurang lebih 28 siswa jadi totalnya sekitara 56 an siswa yang ikut mewarnai dan  menggambarnya lebih banyak karena jumlah kelas TK B nya ada 4 Kelas.

Perlombaan kalo tidak salah dimulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 10, diberi waktu sekitar 1 jam atau 1 jam setengah waktu itu, lupa pastinya.  Seperti biasanya kinan males malesan dan lelet mewarnainya, pas ada kesempatan ngasih tahu kinan untuk menyelesaikan saya bilang ke kinan untuk motivasi “Nanti kalo adek pinter mewarnainya penuh, nanti mama beliin es cream”. Udah gitu aja terus saya tinggal..hehehe aslinya nggak bagus juga seperti itu apalagi dia juga lagi pilek, tapi biar untuk memotivasinya dan mau penuh emaknya ini agak ngawur motivasiya hehehe. Tapi Manjur lho biarpun lelet dan deretan atau urutan selesainya agak terakhir dibanding kawan kawannya yang penting selesai dan penuh mewarnainya.  Karena kriteria pertama adalah penuh semua warnanya karena waktunya cukup panjang, sedangkan yang tidak selesai dengan penuh akan kena diskualifikasi atau tidak masuk penilaian. Syukurlah screening pertama kinan lolos dengan penuh semua kertas gambarnya. Diwarnai walaupun mungkin warnya tidak pas atau tidak “mathcing” dengan yang seharusnya hehehe..yang penting paling tidak penuh diwarna semua. Sayang tidak bisa mengambil gambar yang jadi sepenuhnya karena hasilnya langsung diambil oleh panitianya.

Setelah selesai semua disuruh menunggu beberapa waktu karena langsung akan di umumkan pemenangnya dan hadiahnya akan dibagikan di perayaan HUT Pertamina minggu depannya dihalaman Kantor Pertamina. Selama menunggu itu anak anak bermain dan beraktifitas bersama guru -guru dan kawan kawannya. Emaknya ngobrol ngobrol dengan para orangtua murid lainnya.

Aktifitas menunggu pengumuman lomba

Aktifitas menunggu pengumuman lomba

Tibalah saatnya pengumuman, sebelum pengumuman di sampaikan bu mela wali kelas kinan mendekati saya dan bilang “Kayaknya nama Ghina ada di nominasi bu” , “Masak sih bu mela?, alhamdullilah kalo masuk tadi anaknya udah setengah hati mewarnainya” begitu kata saya. Saya nggak yakin karena terus terang emang kinan biasa aja mewarnainya, tapi memang ada peningkatan lebih rapi dan mau sabar. Dan dua orang jurinya dari luar lingkungan sekolah jadi bener bener obyektif.

Pengumuman Lomba

Pengumuman Lomba

Dan benar alhamdullilah walaupun urutan yang ke 8, sudah masyallah banget. Ini adalah salah satu sarana untuk memotivasi kinan untuk lebih percaya diri dan mau meningkatkan dan meng”explore” dan mengasah  kemampuan motorik dan visualnya. Mungkin kinan belum mengerti banyak artinya ini tapi setidaknya dia senang banget waktu namanya di sebutkan.  Kapan hari pas lomba mewarnai dalam rangka Maulid nabi disekolah kinan tidak dapat nominasi dan hasil karnya kawan kawannya memang bagus bagus waktu itu. Pas saya tanya saat itu kinan bilang emang mewarnainya nggak penuh ,katanya  capek. Dari situ saya bilangin ke kinan kalo adek pingin dapat hadiah kayak kawan kawannya waktu itu adek harus meningkatkan mewarnainya dan harus penuh dan selesai. Tapi intinya adalah saya tidak memaksakan apapun  ke kinan, yang telah kinan lakukan itu adalah yang terbaik. Saya hanya bisa memotivasi dan memberitahukan  sebab dan akibat serta reward, misalnya kalo mewarnainya penuh dan bagus nah bisa dapat hadiah. Selain itu saya kembalikan kepada anaknya…bersyukur kemarin pas lomba mewarnai itu moodnya lumayan bagus. Mengajarinya kompetisi atau perlombaan ada kalah ada menang dan menyiapkan mentalnya.

Penyerahan hadiahnya dilakukan pas perayaan hari Ulang tahun Pertamina yang ke 56 yaitu pas tangal 10 December 2013 di halaman kantor Pertamina Depo Tanjung Uban. Saya ambil cuti setengah hari saat mengantar kinan mengambil hadiah hari itu. Waktu itu saya bilang biar Utinya kinan aja yang nemanin sama Akungnya, tapi ibu saya bilang “akan lebih baik lagi kalo dirimu bisa cuti dan menemaninya, anakmu akan lebih bahagia dan bangga” ini adalah saat dimana dirimu bisa mendukungnya dan memberinya motivasi… begitu kata tambahan emak saya…duh bener juga kata ibuk saya, akhrinya saya ijin cuti setengah hari demi kinan.

Menunggu  ceremony penyerahan hadiah sambil bermain dengan kawan  kawan

Menunggu ceremony penyerahan hadiah sambil bermain dengan kawan kawan

menunggu penyerahan hadiah

Bersama kawan kawan

Bersama kawan kawan

bersama kawan

bersama kawan 2

Dan bertemu dengan mama Icha serta beberapa orangtua murid lainnya yang memang anaknya mendapatkan nominasi dan diundang diacara peringatan HUT Pertamina kemarin. Bertemu dengan Mama icha yang putrinya satu kelas dengan kinan dan dapat juara satu,  lalu mama icha berbagi tips parenting dan pola pengasuhan putrinya yang kurang lebihnya saya cocok dan si-ide. Sempat kaget  saat mama icha berterimakasih ke saya, “Terimakasih ya mama Ghina” *panggilan kinan di sekolah Ghina…”Lho terimakasih untuk apa mama icha” …tanya saya balik ke mama icha, pas icha lomba mewarnai di sekolah hari maulid nabi itu saya nggak tahu kalo disekolah ada lomba, icha nggak bawa crayon pas saya tanya pake crayon siapa icha bilang pake crayon Ghina, dan ghina mau berbagi. Deg….tersentuh saya..lebih dari yang saya sangka…kinan anak saya ternyata mau berbagi dan berbaik hati meminjamkan crayon untuk kawannya saat lomba disekolah. Inilah juara yang sebenarnya dimata saya, kinan mau berbagi dengan temannya….*jadi ingat episode film kartun “Timmy Time” dimana Timmy tidak mendapatkan hadiah satupun dari lomba yang diikutinya …disaat terakhir dia mau menang dia lebih mau menolong kawannya yang terjatuh….daripada egonya memenangkan pertandingan. Nggak sama sih seperti itu..tapi setidaknya ajaran saya untuk kinan mau berbagi bisa dicernanya.

Penyerahan Hadiah  diberikan oleh Kepala Depo Pertamina Tanjung Uban Bp. Guntur M

Penyerahan Hadiah diberikan oleh Kepala Depo Pertamina Tanjung Uban Bp. Guntur M

Berphoto bersama

Berphoto bersama

Dengan kawan kawan *pinjam hasil jepretan mama nisha dari hp via bluetoth

Dengan kawan kawan *pinjam hasil jepretan mama nisha dari hp via BT

Moment seperti ini yang ingin saya jadikan untuk kinan bisa menjadi lebih percaya diri dan menjadi lebih bersemangat dalam banyak hal.  Berkumpul bersama temannya untuk penyerahan hadiah, menunggu dan bermain besama kawan kawannya. Lalu saat dipanggil untuk mendapatkan hadiah maju bersama kawan kawannya, semoga bentuk dari latihan mental dan percaya diri biar tidak lagi jago kandang. Lebih mandiri, tidak cengeng dan bertanggung jawab.Hadiahnya berupa trophy kecil, dan goodie bag yang berisi satu set crayon dan alat tulis (buku gambat, pensil, dan penghapus). Bukan  demi masalah trophy dan isi hadiahnya  tapi lebih kepada ini adalah salah satu bentuk untuk  pengalaman berharga untuk memotivasi kinan untuk lebih baik lagi.

Ada kejadian lucu pas selesai penyerahan piala, karena juara 8 pialanya lebih kecil 1-6 pialanya lebih besar. Saya bilang ke kinan “Adek hebat mewarnainya, ditingkatkan lagi yah sayang mewarnainya biar lain kali dapat piala yang lebih besar” Apa jawab kinan…duh jawaban polosnya bikin saya ketawa dan nggak bisa ngomong apa apa lagi  “Adek nggak mau ditingkatkan lagi Mewarnainya, Adek suka piala yang kecil” hehehe….Kinan tetaplah kinan  seorang anak kecil yang lucu dan polos…apapun itu pencapainmu nduk, Mama dan Ayah bangga dan sayang ..lebih dari itu semoga kelak jadi anak yang Shaliha dan berbakti sama orangtua. I love you nduk…Apapun itu Mama dan Ayah bangga dengan segala kemampuanmu.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Lomba Mewarnai HUT PERTAMINA ke 56 Tahun

  1. danirachmat says:

    Aaaah… selamat ya Mba atas prestasi Kinan. Kebayang betapa bangganya deh. Meskipun terburu-buru datang ke area lomba tapi prestasinya luar biasa. Seneng bacanya Mba..🙂

    • makasih om dani…..ini bentuk pengalaman berharga emaknya pingin supaya kinan nggak jago kandang atau penakut dan pemalu…:) prestasinya mah biasa aja…prosesnya itu pingin emaknya ajarkan…hehehe

  2. Hana's note says:

    kinan itu imut manis gitu y mak.. cuantik

    • Makasih mak kembaran…mbak hana sugiharti…
      sama dengan kakak kinan yang di abu dhabi..juga cantik..*berharap suatu saat sesama nama kinanthi ini bertemu dan juga emaknya..bisa jadi kawan baik dan bisa bertemu kelak..:)

  3. jampang says:

    selamat… selamat… Kinan hebat

    *judunya HUT ke-56, tapi paragraf pertama jadi ke-57*
    😀

  4. Lidya says:

    kalau piala yang besar berat ya hehehe. Yang penting pengalamannya ya bun, sekalian mengajarkan arti menang kalah dalam berlomba

    • Bener mbak lid..soalnya namanya anak anak harus lewat pengalaman nyata seperti ini..walah kemarin main ular tangga sama saya aja suit..saya yang menang..karena saya jempol dia telunjuk ..menang jempol kan..kinannya minta diulang nggak mau…walah….terus saya kasih tahu pelan pelan..dalam permainan atau perlombaan nggak bisa seperti itu…terus pas kena ekor ular turun…marah nggak mau turun…akhirnya pelan pelan saya sampaikan tidak bisa seperti itu…harus mengikuti aturan mainnya..nggak papa turun nggak masalah…akhirnya mau..dan sekarang bisa sportif…

  5. Anggie says:

    Piala kecil malah pas ya Kinan, daripada besar2 tapi susah bawanya… Ga makan tempat lagi di rumah… Selamaat ya cantikkk

    • mama athar..makasih yah…Happy birthday untuk athar yang ke 4 yah..aduh belom bisa ninggal jejak dipostingan di blog mbak anggie..hiks..di block di kantor untuk komentar di blogspot……nanti coba dirumah..

  6. Desi says:

    waaww selamat ya buat Kinan…Alhamdulillah ya mba juara 8 dari banyak peserta loh itu…
    Kinan kereeen..tetep semangaaaat yaa.;))

Leave a Reply

