Aktifitas Bermain sambil Belajar : “Mencocok”

Mau mencoba mendokumentasikan satu satu cerita tentang “kreatifitas” dan hasil belajar dirumah alias home scholling sama emaknya dihari sabtu dan minggu,…maklum emaknya senin sampai jum’at nyangkul disawah jadi sabtu dan minggu dimanfaatkan untuk quality time dan mengajak kinan berkreasi dengan banyak kegiatan. *menebus rasa bersalah emaknya nggak bisa full time menemani dirumah. Aslinya emaknya yang merencanakan dan yang tahu tujuannya dari setiap kegiatan yang dilakukan, kalo kinan mah tahunya diajak main alias yang penting “Happy” aja.

Saya sebagai emaknya ini  ingin tidak hanya sekedar bermain tapi pingin bermain yang sekaligus ada manfaatnya..jadi sebisa mungkin di waktu libur saya sabtu dan minggu saya usahakan ada yang baru yang bisa saya kenalkan dan ajarkan ke kinan. Maklum mantan pengajar..jadi pinginnya  mengajak kinan bermain sambil belajar …*aslinya juga biar kinan nggak banyak nonton Channel Disney Junior. Tulisannya dibikin bagian per bagian ajalah soalnya dari dokumentasi photo  yang terlihat kayaknya banyak aktifitas yang saya dan kinan lakukan untuk mengasah motorik halus nya lewat  beberapa kegiatan yang saya rencanakan untuk kinan di hari weekend.

Pas banget kinan tuh kalo sabtu pagi saya kepasar sendirian untuk belanja mingguan, selalunya pulang nagih minta dibelikan oleh-oleh. Kalo mainan yang plastic plastic lutju lutju murce itu udah bejibun dan satu box 50 liter-an punya Lion Star itu dirumah…jadi stop mainan yang kayak gituan, lalu dialihkan ke yang lebih bermanfaat misalnya jepit rambut, buku mewarnai, intinya yang murce tapi bermanfaat gitu. Pas nemu di lapak langganan sebut saja mbak Tegal *orangnya dari tegal soalnya aslinya….sampai sudah hapal dan dapat diskon selalunya…lapaknya lengkap mulai dari jilbab anak anak dewasa, baju , mainan, tas,jepit, bando, buku buku, lengkap lah pokokne..yah kualitas sesuai harga-nya lah Mbak Tegal ini belanjanya ke Jakarta katanya. Kapan hari nemu  buku “Mencocok” murce ya udah bungkus untuk hadiah kinan…dan bisa jadi kegiatan bermanfaatnya di hari libur

“Mencocok”  walah ada yang belum tahu tentang mencocok?? Mari mari saya  simak tulisan saya dibawah ini yah…*halah….

ALat alat untuk  mencocok;

  1. Gambar untuk object mencocok (boleh apa saja yang pasti  yang anak anak suka dan familiar gambarnya, kalo bisa sedikit agak besar biar lebih mudah untuk kegiatan mencocoknya)
  2. Pensil yang diraut tajam/runcing ujungnya untuk mencocok (jadi biar lebih aman tentu dalam pengawasan yah, saya menghindari menggunakan alat yang tajam seperti jarum atau paku kecil, untuk keamanan, lebih baik menggunakan pensil yang runcing baru diraut itu)
  3. Busa bekas atau sterofoam bekas atau gabus untuk alas/bantalan untuk mencocok (bisa diganti bahan lain yang lembut dan lunak untuk alas mencocok)
  4. Cryon,Lem dan buku gambar untuk  mewarnai dan menempelkan hasil mencocok.

Cara Mencocok:

  1. Gambar atau objek yang akan di cocok diletakkan dialas untuk mencocok atau bantalan.
  2. Lalu pensil diarahkan untuk di cocok pada bagian bagain garis atau titik titik yang untuk di cocok hinggal lepas semua.
  3. Lalu di di beri warna atau tidak sesuai keinginan anaknya lalu ditempel di buku gambar/ buku lainnya

Mencocok Gambar Jerapah

Mencocok Gambar Jerapah

kinan mencocok jerapah

kinan dan kak syifa mencocok bersama

kinan dan kak syifa mencocok bersama

kak syifa mencocok

Hasi mencocok Kinan dan Kak Syifa setelah diwarnai dan ditempel :)

Hasi mencocok Kinan dan Kak Syifa setelah diwarnai dan ditempel🙂

Lalu sebenarnya apa sih manfaaat kegiatan mencocok untuk anak usia dini?  Saya akan jawab untuk melatih motorik halus anak. Lalu Motorik halus itu apa sih? Kenapa mesti dilatih? Waduh pertanyaannya jadi kayak pertanyaan ibu saya  kesaya..hehehe maklum mantan guru jadi kegiatan kegiatan kayak gini kan harus tahu maksudnya untuk apa.  Dulu saya pas belom ngajar juga mikirnya masak sih kayak gini perlu dilatih kan bisa sendiri naluri dan kodratnya lambat laun anak anak juga bisa, eh ternyata pendapat saya salah pas mengajar dulu itulah dapat banyak ilmu bahwa untuk kesiapan anak aktifitas menulis atau kaitannya dengan motorik halus kita bisa melatih anak anak dengan melakukan kegiatan kegiatan yang  melibatkan motorik halus diantara salah satunya adalah dengan mencocok ini. Bagaimana cara mereka memegang pensil untuk mencocok/alat cocok, lalu bagaimana anak anak melatih kesabaran, melatih ketelitian, dan melatih  kemampuan motorik halus anak.

Menurut artikel yang pernah saya baca Sujiono (2009: 1.14) berpendapat, motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Sehingga gerakan ini tidak memerlukan tenaga melainkan membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang cermat. Dalam melakukan gerakan motorik halus, anak juga memerlukan dukungan keterampilan fisik lain serta kematangan mental. Menurut Prof. Sumantri (2005: 145) tujuan pengembangan motorik halus anak usia dini adalah untuk melatih kemampuan koordinasi motorik anak. Pengembangan motorik halus akan berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menulis, kegiatan melatih koordinasi antara tangan dengan mata yang dianjurkan dalam jumlah waktu yang cukup meskipun penggunaan tangan secara utuh belum mungkin tercapai. Masih menurut Sumantri (2005: 146) tujuan pengembangan motorik halus di usia 4-6 tahun adalah anak mampu mengembangkan kemampuan motorik halus yang berhubungan dengan keterampilan gerak kedua tangan, mampu menggerakkan anggota tubuh yang berhubungan dengan gerak jari jemari seperti kesiapan menulis, menggambar dan memanipulasi benda-benda, maapu mengkoordinasikan indera mata dan aktivitas tangan serta mampu pengendalikan emosi dalam beraktivitas motorik halus.

Ayo mari mari…kita mencocok ….*keingat jaman kecil saya dulu..seneng banget mencocok..:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Aktifitas Belajar sambil Bermain, Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Aktifitas Bermain sambil Belajar : “Mencocok”

  1. dani says:

    Siyaaaap. Makasih idenya Mba. Hihihihi. Lagi menggali sebanyak mungkin ide permainan buat Aaqil jugak deh..😀

  2. rhey says:

    dulu jg suka dikasih gini jaman tk,,sama nempel bekas rautan pensil ke gambar kek gambar nanas atau salak hehehehhe

  3. jampang says:

    dulu seringnya mencocok uang logam
    gampang cuma bikin lingkaran doank😀

  4. mama hilsya says:

    saiki lagi rajin posting … semangaaat! hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s