53 Bulan Atau 4 Tahun 5 Bulan 21 Hari

Kalo ini emaknya yang emang narsis..mau tidur siang dimintanya si nduk untuk pose pose..gegara instal PhotoGrid di HP...

Kalo ini emaknya yang emang narsis..mau tidur siang dimintanya si nduk untuk pose pose..gegara instal PhotoGrid di HP…

Melipir ke blog dan mencoba posting tentang si Nduk yang Alhamdullilah udah 53 bulan lebih Atau tepatnya hari ini 4 Tahun 5 Bulan dan 21 hari.Haduh rajin banget nieh emak kinan….udahpun pertengahan Februray baru mendokumentasikan sekarang. Haduh daripada tidak sama sekali mending terlambat…:)  Nieh anak  emak makin girly aja…dan nggak bisa dikerasin…selalu saja kalo kita mendisplinkan nduk dengan sedikit keras udah aja protes..dan bilang nggak mau dan nggak suka dikerasin. Terus selalunya bilang bahwa “Adek ini udah ngerti ma” huaaa….terus kalo kita minta melakukan sesuatu pastinya selalu bilang “Kenapa sih  adek harus selalu menuruti cara Mama?” …saya jawab “Karena Adek adek anak Mama?”  selalunya berlanjut “Kalo bukan anak Mama gimana?”…dan seterusnya…hehehhe udah semakin bawel dan harus diberi penjelasan. Kalo misalnya kaki atau tangannya ada yang terluka atau tergores selalunya tanya “ Nanti sembuh kan Ma? Nggak pa pa kan Ma? Mama pernah kan kayak Gini? Terus nggak Lama kan Ma? Adek Nggak mau diplaster dan nggak mau dibawa ke dokter!” haduh…ini pertanyaan beruntun dan berulang ulang pasti di lontarkan…hehehe masak luka kena garuk dikit aja di bawa ke dokter tho nduk nduk…walah ya enggak lah..nanti juga sembuh sendiri…

Lumayan dengan PhotoGrid bisa edit photo melalui HP.

Lumayan dengan PhotoGrid bisa edit photo melalui HP.

Membaca Jam, Menghitung Hari dan Menghitung Bulan.

Karena udah hapal hari dan menghitung hari apa hari ini..selalunya protes kalo hari sabtu saya bilang “ Mama masuk kerja yah dek”….pasti dengan mau nangis dan melas  akan bilang “Mama hari ini Sabtu kan? Mama libur kan?? Benar kan ma?” weleh…..alhamdullilah daya penalaran dan logikanya juga semakin berkembang seiring dengan usianya.  Begitu juga dengan melihat Jam. Sudah dari bulan November 2013 akhir kemarin Kinan sudah mengerti cara melihat jam, akan tetapi masih pada jarum pendeknya sedangkan jarum panjang yang lebihnya tahunya hanya pada tepat di angka 12 saja. Kalo jam digital kinan  sudah mengerti dari lama. Jam diruang tengah kami diset berbeda, yang jam dinding sama akung di set lebih 20 menit sedangkan jam digital didekat TV diset Tepat karena kita stel juga sekalian “Adzan”nya  untuk daerah kita biar kita tahu waktu sholatnya. Nah kinan tuh kalo disuruh sarapan pagi, mandi saat mau  berangkat atau mau mengaji selalunya mengulur ngulur waktu males malesan gitu, alasan ini itu, yang mewarnai lah yang mau menggambar lah, mau main inilah hehehe…sekalinya kita bilang itu lihat dek jamnya udah jam setengah delapan lebih, selalunya bilang “ih mama itu kan salah dicepetin sama Mbah kung, itu jam dideket TV masih jam Tujuh” halahhhhhh anak ini tahu tahu aja..hehehe sering dengar kita kalo bilang jam itu dicepatin…kena batunya kita kita…”skak match” gitu….

Begitu juga dengan kalender, sudah hapal nama nama bulan. Sekalinya kalo ada kalender selalu dibaca dan menandai pada bulang Agustus tanggal 20 yang dikenalinya sebagai hari ulang tahunnya. Weleh weleh. Ngomong ngomong soal kalender..emaknya kinan di tempat nyangkul “memodifikasi” kalender yang ada di meja kerja dengan dipasang photo kinan…yang dikira emak kinan cetak kalender sendiri..hehehe..padahal borak aje…eh maksudnya bohongan aja..itu photo ditempelkan aja…maklum sekarang 5 S di tempat kerja makin ketat…untung aja kemarin dari Audit 5 S emak kinan nggak kena dan dapat label “Worst cubical”….hedeh nggak boleh banyak tempelen…harus rapi…aduh lupa terus mau beli frame dan print photo untuk dipasang..jadilah tempat photo nduk di kalender….sama dengan frame kan hehehe maksa..…tombo kangen dan “Booster” untuk semangat ditempat mencangkul.

Kalender dengan photo kinan...

Kalender dengan photo kinan…

Makin Gemar Mewarnai dan Menggambar

Si nduk ini makin kesini makin hobby mewarnai, kadang kala kalo beli crayon untuk hadiah ultah kawannya selalunya akhirnya di klaim miliknya dan nggak boleh dikasihkan minta emaknya untuk beliin hadiah lagi buat kawannya.

PhotoGrid_1391840599112PhotoGrid_1391841391753

Permainan Masak masakan dan juga kasir kasiran

Namanya anak perempuan si nduk ini juga masih  cinta banget sama mainan masak masakan dan juga main kasir kasiran. Peralatan masak masakannya udah seabrek abrek…, tapi masih juga emaknya ini penasaran pingin membelikan “Kitchen set” mainan, ini sebenarnya anaknya nggak terlalu pingin, biasa aja..*emaknya malah yang merasa Kasihan dan pingin beliin kayak punya mbak dilla yang dulu dimainkan pas mudik 2012 lalu.

Main rumah rumahan

Main rumah rumahan

Yah baiklah skala priority dulu..kalo belom masuk kalkulasi anggaran mending nanti dulu. Kalo nurutin ayahnya wah udah dari kemarin kemarin kali kebeli, Si ayah mah yang penting anaknya seneng ayo beli aja..*maaf nduk emaknya ini rada milih milih…nggak semua-nya bisa dibeli…disortir dan dilihat harga serta kegunaannya. Haduh dasar emak irit bin medit…hehehe maaf nduk…demi kebaikan insyallah semoga dirimu kelak mengerti.

Kalo mainan yang jadi favorit kawan kawannya kinan kalo main ya yang ini..kasir kasiran..yang ada “microphone” nya ini…tapi nggak selalunya dikeluarin sama kinan..kinan udah sedikit ketularan emaknya mulai “medit” untuk mainan mainan yang disukainya nggak semua boleh dimainkan sama kawan kawannya hehehe…*yah biar awet dan tetap rapi yah nduk kan tahu sendiri kawan kalo main kadang seenaknya dan jadi cepat rusak….tapi so far alhamdullilah kinan nieh termasuk awet kalo punya barang barang…Mbah Utinya sedikit “cerewet” soal penyimpanan maianan kinan jadi rata rata awet mainannya. Begitu pula dengan buku buku cerita serta majalah majalah bobo dan hasil kreatifitasnya tersimpan rapi.

Mainan Kasir kasiran dengan barang belanjaan asli emaknya...kita pasti digelandang untuk jadi pembelinya..dan harus mau

Mainan Kasir kasiran dengan barang belanjaan asli emaknya…kita pasti digelandang untuk jadi pembelinya..dan harus mau

Membaca dan Menulis

Soal membaca dan menulis Alhamdulillah semakin hari semakin lancar,  seperti yang pernah saya posting beberapa hari lalu disini, begitu pula mengajinya…pas nganter ngaji kemarin sudah lumayan lancar di tanpa banyak mengulang sama ustadzahnya…tapi ya gitu perlu motivasi, soalnya kadang kadang tergantung mood banget nieh anak. Namanya juga  usia yang masih anak anak.

Ini “Role MOdel” kinan dalam membaca..kak syifa 5.5 bulan..(bulan agustus juga lahirnya  selisih setahun kurang sehari sama kinan) dan udah lancar membaca..masyallah….jadi tinggal poles, dan gosok kinan sekali kali ngomporin akhirnya jadi rajin latihan membacanya..:)

Kinan dan kak syifa ...bergiliran membaca dan saling mendengarkan..*emaknya moto candid..lucu mereka kalo membaca

Kinan dan kak syifa …bergiliran membaca dan saling mendengarkan..*emaknya moto candid..lucu mereka kalo membaca

Masih saja Gemar Menyanyi dan Menari.

Duh…ini bocah kalo udah nyanyi nyanyi  kok kayak battery-nya nggak abis abis konser terus..hedeh kayak “Cherybelle sama JKT 48” aja..hehehe… sampai capek yang melihatnya..kadang kalo lagi iseng emaknya kumat suka di rekam aja..kayak kapan hari katanya mau nyanyi untuk Yang Ti di Jawa ..Kebetulan Yang Ti nya juga dulunya pengajar..jadi kinan mau nyanyiin buat Yang Ti katanya…duh…nyanyinya…ini sesi minta direkamnya ada 5 kali dengan berbeda beda lagu gitu..  nyanyi2 sambil ketawa ketiwi gitu……padahal udah kelihatan ngantuk banget tuh. Terus pas dilihatin Yang Ti nya lewat You tube sama Om nya di Jawa..yang ti nya besuk pas telp bilang wah udah gede udah pinter nyanyi kayak penyanyi..si nduknya ketawa ketawa hehehe…

Sebelum ganti pijama untuk tidur kadang emaknya suka iseng jahilin diminta nyanyi dan direkam sama emaknya....*hehehe maaf yah nduk..

Sebelum ganti pijama untuk tidur kadang emaknya suka iseng jahilin diminta nyanyi dan direkam sama emaknya….*hehehe maaf yah nduk..

Pernah suatu hari pas mau tidur saya udah ngantuk banget udah baca do’a sebelum tidur bareng kinan.., tapi setelah sesi baca baca cerita yang ada  kinannya masih nyanyi nyanyi aja belom tidur juga..*ini kejadian biasanya kalo kinan bobo siang yang ada dia akan mengeluh nggak bisa tidur cepat walhasil saya pasti tertidur kalo kinan masih nanya naya ini itu….sampai diminta ngitung domba pun pasti nggak mau….. Pas nyanyi nyanyi itu Karena saya dah ngantuk banget saya bilang, “adek daripda nyanyi nyanyi adek hapalan surat pendek aja yah, kalo nyanyi nyanyi terus nanti nggak bisa tidur lho terus kalo tidur bisa di ganguin setan?’begitu kata saya…Eaaa si nduk kinan malah jadi balik nanya..” Kenapa sih setan itu kok Jahat?” Saya jawab “Setan itu juga Ciptaan Allah SWT, dulunya dia di syurga juga, tapi karena dia iri sama Nabi Adam dan  sombong merasa dia paling  tinggi derajatnya karena diciptakan dari APi  dan tidak bersikap baik sama Nabi Adam terus diturunkan ke Bumi”..kata saya…terus kinannya ngejar lagi pertanyaan..”Kalo Setan itu Jahat kenapa Allah menciptkannya?” walah…jadi nggak ngantuk deh saya mikir buat jawabnya..…Terus kinan ngejar  tanya lagi “Setan itu ada dimana mana yah Ma?” weleh….terus pertanyaan  ganti lagi tentang Malaikat “mama kata bu guru ada malaikat yang mencatat kalo ada yang nakal?” weleh…..tambah berat lagi..wis kalo udah kayak gini …dan emaknya udah diujung 5 watt tenaganya……*tefar cangkul mencangkul disawah..jurus panggilan dan gantian Ayahnya yang cerita…”Ayah..tolong dong, gantian?”….hueheueheu…

Pecinta kartun  “Adventure Time”

About Adventure Time from Wikipedia

About Adventure Time from Wikipedia

Petualangan Fin dan Jack yang ada di Cartoon Network, haduh ini kartun sebenernya  masuk katagory “PG”  alias Parent Guide jadi harus bener bener didampingi dan dikasih tahu ke kinan, ekstra hati hati…..khayalan dan imajinasi di Film kartun ini waduh…belum lagi ditambah “dubbing” atau sulih bahasanya jadi kelihatan aneh …gara gara kartun ini kinan hobby banget nyanyi nyanyi dengan lagunya karangan sendiri seperti model nyanyian yagn dinyanyikan para tokohnya yang ada di film Adventure Time ini…weleh weleh…kadang biking ngekek saya tapi sekaligus takut…jangan sampai nieh anak terlalu candu dengan film ini.  Udah nggak mempan dialihkan ke  “Disney Junior” kalo saat jamnya film Fin Tayang..hmm apa kita “Lock” aja yah channel Cartoon Network ini…hmm lihat progressnya dulu..selama ini dikasih tahu kalo ada beberapa contoh dalam film kartun itu  yang kurang patut selalunya kita ingatkan kinan..”Itu hanya film, nggak boleh ditiru ya, sangat sangat tidak boleh”. Dan so far selama ini kinan nurut sih…daya imajinasinya aja kayaknya yang semakin berkembang….dan aduh diulang2 berkali kali putar di CN pun si nduk ini nggak bosen bosennya malah minta saya lihat film kartunya…dia kadang menirukan dialognya sampai hapal, padahal belom sampai pada bagian yang itu seperti kemarin yang soal kematian seperti episode “Adventure Time” , kinan bilang ke saya, ”Mama masak Jack bilang bahwa ada Hari Penghakiman dari Tuhan”….gubrakkkk…..haduhhnduk… nduk…kok hapal banget…mama jadi parno….ayo dikurangi nonton Fin dan Jacknya… seperti kemarin kemarin bisa  nggak terlalu banyak nonton TV..aslinya juga masih dibatesin tapi soal Fin dan Jack ini yang sudah terlanjur suka jadi rada susah. Haduh daripda panjang mungkin nanti  bisa diposting soal film “Adventure Time”ini yang membuat selera music dan menyanyi kinan menurut saya jadi  aneh …dan jadi gemar dan banyak nanya soal ilmu pengetahuan gara gara film kartun ini… hehehee *lebay ini emaknya soalnya si putri buble gum nya disini digambarkan suka ilmu pengetahuan

Duh jadi kemana mana nieh…cerita update perkembangan kinan…weleh emak kinan kalo udah ketemu “keyboard” kayak soulmate aja nieh ….jadi cerita kesana kemari…nggak fokus…. Yo wis lah segini dulu updatenya “nduk” kinan…diusianya yang sekarang ini…sehat sehat selalu yah nduk…Do’a Ayah dan Mama dan keluarga selalu untukmu semoga jadi putri Saliha yang jadi penyejuk hati dan pandangan mata Orangtua serta keluarga *Aamiin

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to 53 Bulan Atau 4 Tahun 5 Bulan 21 Hari

  1. Lidya says:

    udah jadi anak gadis nih Kinan

  2. naniknara says:

    aih kinan dah jadi anak gadis.
    top deh, udah bisa protes2 heheheh

  3. jampang says:

    😀
    lucu banget foto yang segar lagi setelah nyanyi

  4. Duh, Kinan udah gede yaa…bentar lagi jadi remaja cantik😀

    Sama jeng, Raja juga termasuk anak yang bisa ngejagain barang2nya, makanya rasanya gak rugi beliin mainan buat dia, toh mainannya itu bakal tetap awet sampe nanti bisa dipake sama adeknya😀

  5. rino says:

    Pengen dh punyak anak perempuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s