Tom Yam Sea Food

Hmmmm….hari yang melelahkan di sawah….silih berganti  yang harus di cangkul…..break bentar buat relaksasi…*modus lagee…..bos besar baru pulang dari US…hari ini baru turun gunung…semoga masih aman..soale task yang diberikan beliau belom kepegang baru jalan 20%…hueheue…Bismillah….Tadi makan siang maunya sih cepet cepet mau balik ke cubical ea ngobrol punya  ngobrol ade kawan yang tanya serius dan setangah curhat yo wis kita nggambas sampai  hampir habis waktu istirahat…ke mushola sholat abis itu baru mulai mencangkul lagi…

Duh kenapa hari ini terngiang ngiang sama Tom yam yah….tadi dikantin menu masakan padang bosen dan nggak berselera..  ….pingin yang kuah kuah pedes dan panas panas gitu…*halah mak mak…asli akhir akhir ini begitu cinta sama Tom Yam..masakan khas Thailand yang banyak dijadikan menu di rumah makan seafood di Tanjung Uban salah satunya di Depot makan “Serayu” di Tanjung Uban. Hmm  tadi malam  pas kinan udah tidur cepat jam delapanan lebih dikit  saya sama pak ne pergi keluar makan, kebetulan saya dari sore emang males makan, pinginya yang berkuah kuah pedes dan panas gitu…*biar lega  hidung mampetnya…Sudah mendingan sih  flunya daripda minggu kemarin. Berarti modus pingin jalan makan berdua aja sama pak Ne…wee ternyata di Serayu ketemu pak HSE kawan kami bersama istrinya dan tidak bersama putra mereka, jadi kita  saling ledek ledekan aja..”pacaran nieh ye” hehehe sama-pun….:)

Tom Yam Ruma Makan "Serayu" Tanjung Uban

Tom Yam Ruma Makan “Serayu” Tanjung Uban

Pesan “Tom Yam” Sea Food, Pak Ne pesan  Kwitiau Basah Seafood, hmmm….Tom Yam nya Mak nyus….*halah opo lho yang nggak enak di lidah emak kinan…semua dibilang enak…J. Bagi pecinta Sea food hidup dikepulauan seperti Bintan ini adalah surganya…walah  mantep  sea foodnya pokoknya…jadi ingat kawan kuliah ayah kinan yang datang berkunjung hari minggu kemarin karena sedang mengerjakan project di Batam jadi mampir ketempat kami di Bintan, ayah kinan udah nyiapin mau diajak makan sea food di Kelong yang banyak bertebaran di pulau Bintan ini, eh ternyata kawannya nggak suka sama sekali “Sea food” .

Tadi siang sebelum makan siang udah aja “kemecer” apa yah bahasa indonesianya..hehehe nieh lidah pingin merasakan Tom Yam lagi..kayak tadi malam..hmm… pedes, manis, asem…bersatu dalam kuah yang panas panas gitu…weleh lagi pas dijalan menuju makan siang cerita sama Jeng Cathy terus bilang..bikin aja sendiri mbak… haduh ini dia yang susah…ya udah nanti coba cari bumbu instannya di Prima Indah kalo ada ..gitu kata saya..Jeng Cathy langsung mendelik…duh mbak kok beli bumbu instannya…bikin sendiri dong…googling di internet…iya juga sih pikir saya, ada cumi- cumi hasil belanja hari minggu kemarin belum di eksekusi..mungkin bisa bikin, atau kapan kapan aja lah lagi males masak biasanya kalo udah pulang dari tempat nyangkul. Tapi kapan kapan mau coba ah..

Googling resep hari ini nemu di link ini  “Tom Yam” Seafood kayaknya persis yang saya pesan tadi malam, Cuman yang dari Serayu tadi malam ditambah irisan nanas dan juga daun sawi yang keriting gitu apa yah itu namanya…kalo selada kayaknya bukan yah..jenis sawi apa gitu….terus kayaknya daun ketumbarnya diganti daun sop itu apa namanya seledri atau petersali walah entahlah…perbendaharaan sayuran dan mumbu masak emak kinan nggak banget pokoknya….

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
200 gram udang jerbung, kupas, belah punggungnya dan sisakan ekornya
200 gram cumi, bersihkan, potong-potong, belah dua kepalanya
200 gram ikan kakap fillet, potong-potong
150 gram jamur merang, belah dua
3 batang serai, ambil putihnya,
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, iris
10 buah cabai rawit merah utuh
3 sendok makan kecap ikan
4 1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 1/4 sendok teh gula pasir
2 1/2 sendok makan air asam dari 1 1/2 sendok teh asam jawa larutkan dengan 3 sendok makan air
3 tangkai daun ketumbar, petiki
1 1/2 sendok makan air jeruk lemon
2.000 ml kaldu udang dari air rebusan kulit dan kepala udang

Bahan Bumbu Tom Yam:
3 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan ebi
5 siung bawang putih
6 buah cabai kering

Cara membuat:

  1. Lumuri udang, cumi, dan ikan dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Bumbu tom yam, goreng ebi, bawang putih, dan cabai kering sampai harum. Angkat dan blender dengan minyaknya.
  3. Rebus kaldu udang, bumbu tom yam, serai, daun jeruk, dan lengkuas sampai harum.
  4. Tambahkan udang, cumi, ikan, jamur merang, cabai rawit merah, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan air asam. Aduk rata. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata.
  6. Sajikan dengan taburan daun ketumbar.

Duh kayaknya susah susah gampang nieh…semoga kapan kapan bisa praktek bikin Tom Yam…aduh bunda hilsya…ajarin aku bikin Tom Yam dong…:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Tom Yam Sea Food

  1. maylav96 says:

    Aiiih … Kirain ud bisa dilihat eksekusinya… Secara blm pernah bikin tom yam sendiri di rumah… Di tunggu ah live reportnya… :p

  2. The Others says:

    Ntar kalo Mama Hilsya pulang langsung privat aja Mak padanya hehehe

  3. nyonyasepatu says:

    kirain udah berhasil buat tom yam haha🙂 ditunggu yaaa

  4. Kalau aku memang belum pernah makan sih… gak tahu apa lidahku cocok apa tidak makan itu hehehe

  5. Vera says:

    Asyik ya di sana seafoodnya pasti murmer dan seger2….

    Tom yam emang segeeerr bgt palagi dimakan pas lg musim ujan gini…slruupp

  6. i-one says:

    Ayo, kalau bikin langsung dijepret…kira2 sama gak tampilan dan rasa sama Tom yam di rumah makan serayu..hihi…

  7. Kirain sudah bikin tom yam karya sendiri.. Bagaimana pun masakan sendiri lebih enak dr pd masakan di warung… Hehe

  8. Lidya says:

    seger ya bun makan tom yam

  9. Elsa says:

    tom yam juga sangat populer di malaysia ya Mbak
    aku pernah berkunjung ke rumah saudara di malaysia, dua hari dibikinin tom yam terus.
    hehehhe aku sih suka, jadi meskipun dua hari tom yam terus gak masalah

  10. naniknara says:

    Masaknya kayaknya nggak ribet ya, tapi bahannya beberapa susah dicari

  11. Yeye says:

    Aku suka tom yam banget, tp blm pernah bikin krn ngebayangin bikin nya udah males duluan hahaha *pemalas*

  12. mama hilsya says:

    eaaa… wong disini aja hobinya bikin gudeg, pecel, opor dll….
    tom yam sih gampang.. kan ada bumbu jadinya :p

    tapi buat aku yg paling mantep yo makanan sejenis ini dr belitung, pake nanas dan sawi.. *embuh apa namanya.. lupa*

  13. Pingback: Resep Tom Yam Ala Emak Kinan | My new world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s