Gunung Kelud Meletus 13 February 2014 dan Tentang Kenanangannya

Pagi ini terbangun setelah terdengar Pak Ne baru pulang dari Masjid untuk Subuhan sekitar jam 5 –an..dari tadi malam udah aja tefar ikutan tidur bareng kinan sekitaran jam 9-an lebih…beberapa hari ini ditempat menyangkul benar benar silih berganti, hilang satu tumbuh seribu…*halah lebay…asli wis ..ono ono bae…ini itu..jadi asli capek sampai dirumah becanda cerita cerita sama kinan, main monopoli, nieh anak lagi gemar gemarnya main monopoli sama emaknya. Aslinya main monopoly abal abal aja, eh maksudnya nggak beneran…karena yang pasti kinan suka jalannya aja..masalah uang uang dan perhitungannya emaknya juga yang bantuain..kinan senang ngocok dadu dan jalan berapa putaran terus baca perintahnya aja..heheheh tapi jadi lumayan semakin memperlancar kemampuan membacanya.

Pak Ne datang dari Masjid langsung bilang, “Gunung Kelud Meletus tadi Malam”, kaget..saya kepikiran sodara sodara di Tulungagung, karna saya masih ingat ketika letusan Gunung Kelud yang tahun 1990 waktu itu saya masih SD kayaknya.. dari langit yang cerah di siang hari di Tulungagung tiba tiba menjadi  Gelap gulita kayak malam, terus tiba tiba hujan abu. Saya ingat banget hari itu hari sabtu malam minggu, kalo tanggal sama bulannya lupa, kenapa ingat, dulu di Radio Swasta di kota saya kalo malam minggu memutar ulang Drama Radio Brama Kumbara semalam suntuk dari jam 12 malam sampai pagi ada beberapa episode sekaligus, dan saya adalah salah satu penggemar sandiwara radio ini. Makanya biasanya saya tidur siang biar malemnya bisa melek dikamar tidur dengerin sandiwara radio ini hehhee…*jiah jadul banget yah..Brama Kumbara…:) saya penasaran googling tadi pas tahun 1990 hari apa sebenarnya dan tanggal berapa pas letusan gunung kelud pas saya SD itu…ternyata ini hasilnya ..benar..tepat hari sabtu malam minggu seperti saya biasanya dengarin sandiwara radio semalam suntuk di radio….

10 February 1990 hari Sabtu, Gunung Kelud Meletus pas jaman saya SD

10 February 1990 hari Sabtu, Gunung Kelud Meletus pas jaman saya SD *kecanggihan google bisa membantu mengingat.

Dan letusan tadi malam disinyalir lebih dasyat dari letusan jaman saya kecil lagi dan juga kata Mbah saya yang tadi ditelp ibu saya sekitaran tahun 1950 an sebelum ibu saya lahir juga pernah ada letusan yang dasyat dari Gunung Kelud.

Kembali ke Gunung kelud…saya belom pernah kesana, Kakak saya yang pernah kesana sama istrinya dan cerita bagus untuk wisata Alam, tentunya dulu sebelum meletus yah..terus Yang Ti nya kinan tahun 2012 pas mudik kinan di oleh olehi Kaos ada Tulisannya Gunung Kelud…itu jadi kaos pink kesayangan kinan…:) sekarang udah rada kecil kaosnya..ini penampakan Kaos oleh oleh dari Yang Ti  yang saat itu bersama perkumpulan Senam dan kegiatan Lansia di daerah Yang Ti berwisata ke Gunung kelud. Kata Yang Ti Gungun Kelud bagus pemandangannya.

Kaos bertuliskan Gunung Kelud dari oleh oleh dari Yang Ti

Kaos bertuliskan Gunung Kelud dari oleh oleh dari Yang Ti

Tadi pagi Ibu saya langsung telp ketempat si Mbah di Tulungagung, Alhamdullilah sehat sehat semua , dampak terjadinya letusan sampai kesitu hujan abu-nya dan lumayan tebal. Tadi malam pas letusan katanya bergemuruh seperti ada petir dan kayak “tat tit” atau kilat dilangit  arah Timur yaitu arah Gunung Kelud di Blitar. Begitu pula Ayah kinan menelepon ke rumah Yang Ti, Alhamdulillah semua sehat sehat walapun sampai tadi pagi masih hujan abu tapi sudah tidak selebat tadi malam.  Lalu kita lihat perkembangan berita dari beberapa Stasiun  televisi yang pagi ini menyiarkan  update terbaru letusan gunung Kelud di Blitar. Dan melihat update ternyata abu-nya kearah barat, dan sampai ke Yogyakarta, solo dan bahkan Purworejo.

Tadi pagi  kawan kerja  Pak Bahagia…sebut saja seperti itu..*tapi asli namanya adalah terjemahan bahagia  dalam bahasa inggris “Bahagia” lho bisa nebak dong yah…hehehe…. telp ke extension disela disela ngomongin pekerjaan menyempatkan nanyain kabar keluarga saya,…”gimana aman kan keluarga di Tulungagung?  Saya jawab “Alhamdulillah pak aman…..terus nanya kalo Gunung Kelud itu dimana tho sebenarnya letaknya…walah saya jawab sambil becanda…”Bapak dulu IPSnya dapat jelek yah hehehe nggak tahu letak Gunung Kelud” lalu dia menjawab sambil ketawa…”waduh dulu nyontek sih”..hehehe ketahuan…terus dia bilang lagi dia hanya familiar sama gunung2 yang terkenal aja di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru…itu aja… ooo begitu tho pak..kalo tidak salah memang Gunung ini diantara  sisi-sisinya ada di 3 Kabupaten yaitu Kediri, Blitar dan Malang…lebih lengkapnya mungkin bisa check dan googling di Wikipedia dimana letak yang sebenarnya secara lebih tepat.

Ya Allah, semoga tidak ada korban jiwa dalam letusan Gunung Kelud kali  ini, semoga sodara sodara kita yang terdampak  baik itu diseputaran Gunung Kelud langsung mupun yang didaerah lain yang terkena hujan abu vulkaniknya juga semoga dalam keadaan sehat sehat dan semoga  tabah, Sabar dan semoga kuat.   Kalo bersih bersih rumah atau bepergian jangan lupa pake penutup hidung atau masker dan semoga letusan Gunung kelud sudah berhenti pada letusan tadi malam aja tidak ada lagi letusan atau erupsi susulan.  Semoga Allah SWt melindungi semua warga yang terdampak akibat letusan ini.  *Aamiin

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Gunung Kelud Meletus 13 February 2014 dan Tentang Kenanangannya

  1. tuaffi says:

    aaamminnn..🙂
    saya juga belum pernah ke kelud mbak. sejak kapan itu penasaran sama gunung anakannya, eh sekarang udah ilang.

  2. i-one says:

    Aminnn….
    syukurlah keluarga pada sehat semua…dan semoga keluarga artya kinanthi selalu di lindungi oleh Allah…

  3. monda says:

    semoga bencana Kelud ini nggak berkepanjangan ya mbak..
    lihat foto2 di kota2 yang jauh aja debunya sampai tebal begitu ….

  4. Lidya says:

    bun waktu aku kelas 5 SD kebeytulan lagi naik kereta ke Surabaya waktu itu pas gunung kelud meletus juga

Leave a Reply

