Resep Tom Yam Ala Emak Kinan

Mau posting singkat tentang eksekusi emak kinan hari minggu kemarin bikin Tom Yam Ala emak kinan. Minggu sore kemarin  pingin banget mencoba mempraktekkan membuat Tom Yam Ala emak kinan dari resep yang sudah diposting disini beberapa hari, entahlah lagi suka banget dengan menu Tom Yam  ini, sampai sampai hari jum’at malam geret Pak Ne ke Serayu untuk kesekian kalinya menikmati menu Tom Yam pas banget didepan Serayu lagi ramai perayaan Cap Gomeh  atau perayaan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek. Sebenarnya pingin coba ke Cafe lainnya untuk menu Tom Yam tapi berhubung masih terngiang ngiang yang di “Serayu” ya udah…kesitu lagi…

Hari Minggu sore …tiba tiba aja pingin bikin sendiri dirumah dengan bahan seadanya yang ada dikulkas, kebetulan ada cumi-cumi, jamur, ada udang walaupun yang kecil kecil…*mencari yang ukuran besar di pasar nggak ada stock paginya, terus ada nanas dan sawi, walaupun ada beberapa bumbu yang nggak ada jadi terpaksa saya saya skip yaitu kecap ikan…*nggak tahu itu kayak apa bentuknya dan belom pernah menggunakan atau searching di tempat bumbu di Prima Indah. Paginya pas kepasar sempat nanya di toko “Anugerah” pasar baru di ruko tempat bapak jualan itu lengkap banget kalo masakan masakan seperti itu..ada dia jual bumbu jadi Tom Yam keluaran Malaysia..tapi satu botol kaca gitu lumayan mihil…ya udah nanti nanti aja belinya yang bumbu jadi itu..pingin bikin dari bumbu sendiri.

Hasil uprek dapur emak kinan...Tom Yam Seafood Ala emak kinan

Hasil uprek dapur emak kinan…Tom Yam Seafood Ala emak kinan

Itu dia penampakan “Tom Yam” Seafood  buatan emak kinan…mengenai rasa…hmm menurut saya…sedikit satu level dibawah Tom Yam Serayu..pas saya tanya ayah kinan…dia bilang..”Lumayan untuk Pemula” maksudnya lumayan apa pak diperjelas dong…asal jangan bilang lumayan hancurnya yah hehehe.. setidaknya kalo kangen Tom Yam bisa bikin sendiri nantinya…*halah maksudnya penghematan juga…

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
200 gram udang jerbung, kupas, belah punggungnya dan sisakan ekornya => emak kinan pake udang yang kecil soalnya lagi nggak ada stock
200 gram cumi, bersihkan, potong-potong, belah dua kepalanya => pake badan cuminya aja
200 gram ikan kakap fillet, potong-potong => skip karena nggak ada stock fillet ikan
150 gram jamur merang, belah dua
3 batang serai, ambil putihnya,
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, iris
10 buah cabai rawit merah utuh
3 sendok makan kecap ikan => skip karena nggak punya dirumah
4 1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 1/4 sendok teh gula pasir
2 1/2 sendok makan air asam dari 1 1/2 sendok teh asam jawa larutkan dengan 3 sendok makan air
3 tangkai daun ketumbar, petiki => skip nggak ada darun ketumbar
1 1/2 sendok makan air jeruk lemon
2.000 ml kaldu udang dari air rebusan kulit dan kepala udang

Bahan Bumbu Tom Yam:
3 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan ebi => skip karena nggak ada ebi dirumah
5 siung bawang putih
6 buah cabai kering => diganti cabai keriting segar karena yang kering nggak punya

Bahan tambahan saya kemarin:

Nanas dipotong potong dan juga 3 batang sawi pahit (bukan sawi biasa)  nggak tahu jenis nama sawi-nya.

Memanfaatkan bahan bahan yang ada di rumah...dan skip yang memang nggak tersedia dirumah

Memanfaatkan bahan bahan yang ada di rumah…dan skip yang memang nggak tersedia dirumah

Cara membuat:

  1. Lumuri udang, cumi, dan ikan dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Bumbu tom yam, goreng ebi, bawang putih, dan cabai kering sampai harum. Angkat dan blender dengan minyaknya.
  3. Rebus kaldu udang, bumbu tom yam, serai, daun jeruk, dan lengkuas sampai harum.
  4. Tambahkan udang, cumi, ikan, jamur merang, cabai rawit merah, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan air asam. Aduk rata. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata.
  6. Sajikan dengan taburan daun ketumbar.

Cara emak kinan kemarin:

Saya kemarin cabai merah keriting, merica dan bawang ditumbuk halus segar tanpa di goreng lalu dimasukan kedalam air mendidih atau kaldu udang yang sudah tersedia. Ditambah dengan  bumbu seperti serai, daun jeruk, jahe keprek, lengkuas keprek, air asam jawa. Setelah mendidih masukkan udang dan cumi serta jamur, agak terakhir masukkan irisan nanas masak hingga matang. Beri sedikit gula, atau sedikit penyedap bagi yang mengingikan. Siap disantap panas panas…

Hmm slurpppppppppppppppppp…Tom Yam ala saya…masih penasaran dengan versi pake bumbu instans dari Malaysia….kapan kapan coba lagi..kalo ada bahan lengkapnya.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Resep Tom Yam Ala Emak Kinan

  1. tuaffi says:

    waa… pengen! terima delivery kah?😀

  2. Lidya says:

    Makan tom yam seger ya bun,apalagi kalau dikasih hehee

  3. enak nih mbak, ada cumi, udang lengkap mbak…
    apa kabar mama kinan? dah lama ga kemari nih.
    kinan udah umur brapa sekarang?

  4. lieshadie says:

    belum pernah maem yang beginaian jeeee;;;#emak2katrok.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s