Review Sekolah TK-nya Kinan di Tanjung Uban

Ini adalah cerita tentang sekolah TK-nya Kinanthi, Hmmm sebenarnya sudah lama pingin menceritakan tentang TK nya kinan, haduh ini emaknya kemana aja, sudahpun semester 2 mau berakhir ini belom juga di review dan di posting tentang TK-nya kinan.  Hmm…selalu saja alasan kalo tidak ada waktu atau curi waktu untuk nulis…*padahal aslinya ada unsur malasnya juga hehehe….hiks..gimana lagi soalnya juga 8 jam bekerja, kalo dirumah full  milik  suami dan anak…menebus rasa bersalah dan membalas dengan “quality time” dengan bermain  atau beraktifitas bersama hukumnya adalah wajib. Beruntung saya disini dipulau bintan tidak punya komunitas bergaul genk ini dan genk itu…paling juga emak emak yang bekerja ditempat yang sama aja itupun sudah jarang banget kita mengadakan acara kumpul kumpul.

Pemandangan dibelakang halaman TK kinan...diseberang pagar ada  pantai

Pemandangan dibelakang halaman TK kinan…diseberang pagar ada pantai

TK YKPP atau Yayasan Keluarga Pegawai Pertamina ini kayaknya TK tertua yang  ada di Tanjung Uban. Berdiri pada tanggal 18 February 1967 Tapi nggak tahu juga sih mungkin seumuran juga kali dengan TK Hang Tuah milik Aangkatan Laut yang ada di Tanjung Uban. Soalnya dipulau bintan terutama di kota Tanjung Uban ini ada pangkalan angkatan laut wilayah timur dan juga FASHARKAN yang sama lamanya berdiri dengan Depo Pertamina yang ada disini. Tahun ini Usia Tk kinan ini sudah menginjak 46 tahun dan acara peringatan hari berdirinya sekolah kinan  diperingati dengan meriah hari sabtu tanggal 22 February kemarin untuk dokumentasi emak kinan  mungkin acaranya dibikin posting terpisah saja . Ternyata sudah berumur juga TK YKPP ini dari generasi ke generasi kawan kantor saya dibagian Finance  ada yang alumni dari TK YKPP ini dan malah udah punya anak kelas dua sekarang dulu TK nya dari TK  YKPP juga, wah berarti bener nieh udah dari generasi ke generasi dan mungkin alumninya  menyebar keseluruh wilayah Indonesia🙂.

TK YKPP ini begitu banyak orang menyebutkannya berada di wilayah komplek Pertamina di ujung daerah Tanjung Uban, berada di tepi Pantai sejuk gitu.  Setelah survey kemana mana di Tanjung Uban ini kayaknya hanya TK YKPP ini yang sudah mendapatkan akreditasi A dari dinas pendidikan.  Kinan sebenarnya pada pendaftaran kemarin masuk cadangan karena usia-nya yang masih baru 4 tahun bulan Agustus sedangkan pendaftaran dilakukan bulan juni dan syaratnya untuk TK A sudah berusia 4 tahun pada bulan Juni. Terus terang saya juga sudah daftarkan di TK Hang tuah waktu itu mengantisipasi kalo kinan tidak  masuk di TK YKPP, tapi Alhamdulillah akhirnya kepanggil juga bisa masuk setelah banyak yang mengundurkan diri dan quota kelas menjadi berkurang akhirnya cadangan bisa naik.  Di kota kecil seperti Tanjung Uban ini memang tidak terlalu banyak pilihan  tentang sekolah Standard yah seperti inilah keadaannya. Itulah mengapa kadang bagi saya yang memang pernah berkecimpung di dunia pendidikan di Jawa terutama di derah seputaran Tangerang dan DKI kadang suka lupa dan ingin berharap banyak,tapi alhamdullilahnya selalu diingatkan sama ayah kinan. So far dengan segalanya yang bisa saya dapatkan di Tanjung Uban – Bintan Kepri ini..*haduh lengkap banget hehehe.. saya bersyukur banget dengan perkembangan kinan. Tujuan kami menyekolahkan kinan di PAUD dan TK bahwa lebih untuk ke sosialisasi dengan teman dan guru serta lingkungannya berhasil, kinan walaupun belom mandiri banget tapi setidaknya sudah tidak lagi pemalu terlihat dari mau tampil nari kemarin diacara sekolah, sudah bisa bergaul dengan teman temannya dengan baik dan tidak terlalu cengeng.

TK YKPP tahun ajaran 2013-2014 ini mulai menerapkan system sentra dimana pada akhirnya memungkinkan  setiap hari anak anak berganti ganti kelas.  Kalo jadwal kinan TKA kelompok Durian seperti ini, senin dikelas balok, selasa di kelas Seni kreatifitas, Rabu dikelas peran, Kamis dikelas Bahan Alam, Jum’at dikelas Sentra persiapan 1,2,3 dan Sabtu di kelas  Sentra Persiapan A,B, C. Pada awalnya kinan selama kurang lebih  1 bulan pertama masuk sekolah masih minta ditungguin dan suka takut, serta pagi males sekolah gitu. Anak ini memang susah adaptasinya perlu waktu lama, saya sampai bingung, takut dan stress serta pilihan mungkin apa dikembalikan lagi ke PAUDnya…aja lagi karena mungkin kinan belom mandiri dan siap di TK A ini. Searchin browsing tentang bagaimana mengatasi ini sudah saya lalukan, pagi masih saja terjadi drama, sampai pelan pelan akhirnya kinan mau ditinggal bener bener ditinggal sama Akung dan Utinya  yang nganter tiap hari.  Alhamdulillah, bersyukur perkembangannya banyak sekali.

Disekolah kinan ini juga ada ekstra kurikulernya menari dan drum band, kalo drumb band tim inti dari TK B, sedangkan dari TK A hanya diajarkan sebagai ekstra kurikuler saja. Kinan juga saya ikutakan ekstra menari yang diadakan tiap hari rabu dan jum’at. Kebetulan juga  hari rabu ngajinya libur, pas lah buat kegiatan kinan. Dan kemarin Pas acara pentas seni dalam rangka HUT sekolahnya yang Ke 46 Kinan mau tampil menari didepan banyak orang. Duh walaupun masih belom sempurnah tapi pencapaian  kinan seperti ini yang sudah berani tampil bagi saya sudah masyallah sekali.

Tentang Jurnal pagi dan PR.

Pada awal masuk sekolah dulu untuk mengantisipasi biar kinan mandiri akhrinya kinan berangkatnya pagi bareng saya dan ayahnya. Jadi saya dan ayahnya nganter dulu kinan kesekolah jam setengah delapan udah sampai disekolahnya kadang Kasihan karena kepagian, dan saya yang kearah tempat kerja yang jaraknya sekitaran  15 KM, akhirnya sering kali mepet dan sedikit takut kalo terlambat. Akhirnya diputuskan pelan pelan kita kasih tahu kinan untuk diantar Akung lagi, Alhamdulillah sudah mau dan lebih mandiri sekarang.   Setiap datang dulu yang saya ingat ada jurnal pagi, anak anak diminta nggambar apa saja  sesukanya dimeja yang sudah disediakan..*kayaknya menurut saya untuk mengasah motorik halusnya…tapi kinan suka bosen..saya lihat gambarnya bunga terus..tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Tentang PR disekolah ini ada PR menulis dan kadang berhitung, mungkin ini maksudnya untuk memperlancar motorik halus dan mengenalkan huruf. Alhamdulilah kinan walaupun kadang males bisa mengerjakan PR yang diberikan. So far selama tidak terlalu memaksa soal PR ini selalunya saya bawa santai ke kinan biar nggak jadi beban. Karena masih TK ini dan sebenarnya sih dari pengalaman mengajar saya dulu PR hanya seminggu 2 kali. Saya juga tidak ingin merengut masa bermain dan masa anak anak kinan dengan terlalu banyak beban dan tekanan.

Sering kali malah saya malah suka dibuat ternganga dengan perkembangan kinan yang sampai hapal doa dan hadist yang didapatkannya dari sekolah dan juga do’a-do’a sehari hari yang semakin banyak hapal. Waduh saya sedikit kalah start dari gurunya disekolah padahal saya ingin seperti do’a doa dan sebagainya itu kurang lebih saya juga ikut andil mengajarkannya. Kayak tadi malam kinan tiba tiba aja nyeletuk kayak hapalan gitu ke saya…

“Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘alaa kulli muslimin wal muslimat “ artinya Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim/muslimah.

Saya kaget, masyallah nieh anak nyimak juga rupanya kalo bu gurunya menerangkan dan memberikan hapalan…belom lagi yang saya kaget pas kinan bilang  tentang Jangan marah dan hadisnya  seperti dibawah ini..

“Laa taghdob wa lakal jannah” …walaupun kinan masih lupa lupa ingat soal artinya pas saya tanya tapi begitu berapi api pas bercerita katanya tentang “jangan marah” ini.

Ya Allah, ini aja emaknya lupa…malah kayak diingetin lagi sama anak..*malu sama kinan..kinan bilangin ini langsung saya googling tentang hadist ini..”Jangan Marah, kamu akan Masuk syurga”

Ya Allah nduk..mama banyak belajar dari dirimu..maafin mama kalo belom bisa jadi Ibu yang sempurna. Duh…masih suka marah marah..ngomel ngomel..harus ini itu….duh….Astagifirullah…*haduh ini judulnya mau review sekolah kinan kok malah kemana mana…soalnya ini adalah bagian dari yang didapatkan kinan disekolah. Alhamdulillah terimakasih bu guru terutama walikelas Ghina Artya Kinanthi..yang telah mengajarkan banyak hal..sayapun emaknya jadi perlu belajar banyak.

Penampakan kinan dalam seragam Sekolah TK nya dan juga bersama teman temannya.

Kinan dengan Seragam  Oranye hari Senin dan selasa

Kinan dengan Seragam Oranye hari Senin dan selasa

Kinan dengan seragam Batik hari Rabu

Kinan dengan seragam Batik hari Rabu

Seragam batik (Ini masa masa awal semester satu dimana untuk ditinggal pagi harus sering ada drama dan kinan berkaca kaca)

Seragam batik (Ini masa masa awal semester satu dimana untuk ditinggal pagi harus sering ada drama dan kinan berkaca kaca)

Kinan dengan seragam olahraga hari Sabtu

Kinan dengan seragam olahraga hari Sabtu

Kinan latihan drum band

Kinan latihan drum band
Aktifitas outdoor (jalan jalan hari sabtu dan olahraga)

Aktifitas outdoor (jalan jalan hari sabtu dan olahraga)

Keceriaan di Sekolah (Hari kamis memakai baju bebas, hari jumat baju muslim/ baju melayu)

Keceriaan di Sekolah (Hari kamis memakai baju bebas, hari jumat baju muslim/ baju melayu)
Aktifitas disekolah (awal masuk dulu, hasil mengintip dan candid emak kinan)

Aktifitas disekolah (awal masuk dulu, hasil mengintip dan candid emak kinan)

Alhamdulillah bersyukur berarti Allah memberikan pilihan kinan bisa sekolah disini, dan semoga kinan lebih baik lagi dan mendapatkan banyak hal dan ilmu baru disekolah ini. Terimakasih untuk para guru guru di TK YKPP dan juga Ibu kepala sekolah yang masyaallah begitu sabar menghadapi orangtua murid dan juga anak anak didik. Semoga Allah SWT membalas jasa baik para ibu guru.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Review Sekolah TK-nya Kinan di Tanjung Uban

  1. nophi says:

    Mbak itu Kinan sama alat drum bandnya gedean alatnya hihihii… lucu… dan Kinan terlihat mungil gandengan sama teman-temannya yaa🙂

    Benar-benar sudah berumur ya mbak TK nya, pasti jadi favo disana sampai masuk cadangan segala, semangat ya Kinan sekolahnya🙂

    • ho oh mbak nophi..kinan kelihatan kecil dibanding kawan kwannya…mungil…imut imut…
      iyo je pas coba tak angkat wadoh abot jebule…sekarang aku arahkan aja ke menarinya…emang kerana bodynya kinan imut kecil kayaknya kalo drum band kurang oke..:)..

  2. danirachmat says:

    Kinan cantik sekali Mba. Pinter lagi. Syukurlah dia suka dengan sekolahnya ya Mbakyu. Terlihat menyenangkan.
    Soal doa saya sama emaknya Aaqil juga pengen kami yang akan mengajarkan doa-doa ke dia. Hwhehe.

    • mungil dan kinan..hehehe..iyo bener ben kita orangtuanya ini ikutan dapat pahala gitu lho..mengajarkan doa yang kelak dia panjatkan setiap harinya….*Aamiin semoga anak anak kita jadi anak yang sholeh dan saliha yo dan

  3. nyonyasepatu says:

    Tanjung Uban itu sekarang bikin aku penasaran deh hahaha. btw….seragamnya Kinan, mirip seragam aku pas tk dulu hehe

    • ayo mari mari merapat ke Tanjung Uban…*Welcome mbak..awal january lalu kawan ayahnya kinan dari jakarta tugas kebatam digeret mampir kemari dan muter muter pulau Bintan…ayo mari mari..*gelar karpet eh tiker merah untuk mbak noni dan matt🙂

  4. Evi says:

    Kinan pergi sekolah bisa sambil piknik. Secara pemandangan di belakang sekolah cantik nian🙂

  5. Pingback: Ulang Tahun yang ke 46 TK YKPP Tanjung Uban | My new world

  6. Lidya says:

    bun topinya seragam sekolah atau bukan tuh? keren banget kalau topi seragamnya kaya gitu bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s