Resep Mie Goreng Spesial Ala Emak Kinan

Break jam 4 sore…meluruskan kaki sejenak sebelum bikin report eval untuk bulan ini, terus submit Kaizen kalo sempat kalo gak besuk aja……..mau posting singkat aja..*halah emak kinan bilang posting singkat nanti yang ada juga lebih dari 50 kata…:) hehehehe…ya udah mau posting tentang Menu kesukaan dan sederhana dirumah emak kinan, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah “Mie Goreng”. Berbagai macam jenis Mie yang tersedia di toko/supermarket di Tanjung Uban pernah emak kinan coba. Mulai dari Mie lidi merek ini itu, terus mie telor merek AA, UU…merek 3 telor lah..merek ayam lah…atau mie pipih atau juga bihun goreng. Khusus bihun goreng ini kayaknya kurang begitu diminati dirumah, jadi jarang bikin sekarang.

Setelah pemilu tanggal 10 Apri 2014 kemarin kinan sempat sakit, panas tinggi selama 2 hari, saya sempat khawatir banget karena panasnya turun naik kisaran 38 lebih bahkan bertahan 39.5 sempat sampai 39.8, sempat dibawa kedokter umum  disini, sekalian nyoba katanya banyak yang cocok kata emak emak kawan kantor, tapi pada akhirnya dibawa juga ke Awalbross ke tempat dokter Dewi Metta, entahlah kinan kayaknya emang sudah berjodoh dengan dokter ini. Alhamdulillah Kamis, jumat sabtu, minggunya udah turun dan minta ke pantai, Semoga aja sehat sehat terus yah nduk. Selama sakit biasa jadi males makan, duh sedih lihat berat badan nduk turun lagi…hiks…udah kecil tambah kelihatan kecil lagi sekarang. Alhamdulilah beberapa hari lalu sudah mulai kemaruk makan bahkan Malam malam minta jus alpukat minta ngemil ini itu, terus belom selesai capek masak ikan bakar hari minggu lalu, dan makan bareng bareng, baru selesai emaknya duduk istirahat setelah beberes dan bersih bersih dapur. Udah aja si nduk bilang lapar dan minta Mie goreng…dudududu……baiklah mari mari kita eksekusi mie goreng favorit ala emak kinan.

Dari sekian bahan dasar Mie akhirnya saya jatuh cinta sama mie cap kepala kuda menjangan produksi Sidoarjo baik itu yang pipih maupun yang bulat. Bukan bermaksud iklan…seperti ini  bentuk Mie nya…alhamdulilah tersedia di kepulauan ini walaupun kadang kalo habis stock di toko/supermarket suka lama lagi baru ada. Makanya sekalinya belanja bulanan dan kalo pas ada suka nyetok 2 yang pipih dan 2 lagi yang bulat .

Mie Cap Kupala Kuda Menjangan produksi Sidoarjo

Mie Cap Kupala Kuda Menjangan produksi Sidoarjo

Mie Goreng Ala Emak Kinan

 Bahan Bahan;

  • Mie telor (pipih/bulat) cap Kepala kuda menjangan (atau kalo abis stock mie telor merek apa aja tapi nggak se mak nyus yang kepala Kuda menjangan ini)
  • Telor ayam
  • Udang/baso ikan/baso sapi/ (etc)
  • Sawi/ Kol/Wortel/Sawi Putih/tomat Jamur (tergantung sayur yang tersedia di kulkas) dan cucok untuk bikin mie goreng)
  • Sedikit daging ayam rebus (kalo ada, kalo nggak ada biasanya saya skip atau hilangkan karena udah ada udang dan telor)
  • Daun bawang, daun sop/seledri
  • Bawang goreng (ini kayaknya wajib karena ini yang bikin sedap untuk rasa dan aroma ditaburkan saat disajikan)

 Bumbu Bumbu:

  • Bawang putih
  • Bawang Merah
  • Merica (halus\bubuk)
  • Garam
  • Kecap manis
  • Cabe rawit hijau utuh bagi yang suka pedas
  • Sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan atau untuk goreng orak arik telurnya, atau biasanya saya ganti pake blue band atau minyak Zaitun yang light

 Cara pembuatan;

  • Rebus Mie sampai cukup empuk (kalo jenis mie yang saya pake ini tidak terlalu lama saya ngerebusnya)
  • Setelah itu panas panas taruh mangkok atu wadah lalu di oleskan blue band atau minyak goreng biar tak lengket dan bersatu, lalu biasanya saya campurkan kecapnya sekalian biar nanti rata, kalo kecapnya ditaruh nanti saat ditaruh sama bumbu dan dicampur mie takutnya tidak merata.
  • Haluskan semua bumbu, saya biasanya dihaluskan dengan di ulek pake cobek lebih mantep kalo mienya untuk porsi banyak memang biasanya pake blander tapi tidak terlalu halus.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan blue band\minyak zaitun yang light\minyak sayur biasa, sampai harum . Kocok telur terpisah diberi sedikit garam, lalu di orak arik, masukkan udang basah, lalu masukan sayur sayuran tumis sampai layu, masukan suwiran daging ayamg kalo ada, lalu masukkan mie yang sudah sudah diolesi sedikit blueband dan kecap, lalu aduk rata dan panaskan hingga matang. Ingat kematangan dan kekenyalan mie –nya jangan sampai kematengan istilahnya…nggak mantep lagi nantinya
  • Sajikan dipiring dengan taburan daun seledri dan juga bawang goreng, dengan acar atau potongan timun dan tomat…
  • Di santap hangat hangat hmmm…Yummy…..

Inilah penampakan Mie Goreng ala emak kinan…

 Mie goreng ala emak kinan (entah ini judulnya mie goreng seafood atau mie goreng apa...yang pasti mie goreng campur campur :)

Mie goreng ala emak kinan (entah ini judulnya mie goreng seafood atau mie goreng apa…yang pasti mie goreng campur campur🙂

Simple kan membuat mie goreng ala emak kinan…*duh nyiapin dan juga bersih bersih cuci alat dan sebagainya ini yang nggak simple hehehe…:), kadang mending beli aja yah seporsi disini Mie goreng Sea food kisaran Rp 12 ribu sampai 18 ribu rupiah. Tapi kalo buat sendiri biarpun capek kayaknya ada kepuasan tersendiri🙂 *halah mak..ono ono bae…

Happy Thursday..:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Resep Mie Goreng Spesial Ala Emak Kinan

  1. sayafirda says:

    Wahh enak kayaknya ..
    Pengen bisa masak rasanya😀

  2. mama hilsya says:

    aih, menu yg sama…

  3. nyobaaiiiiinnnn *sambil nyodorin piring😀

  4. jampang says:

    hhmm…. nyam-nyam….

  5. Lidya says:

    mauuuuu bun sambil nyodorin piring nih🙂

  6. nophi says:

    mau… mumpung di rumah lagi ada mie itu hihihiiii, tunggu punya aku ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s