Vihara atau Klenteng Sisi Lain Keberagaman Pulau Bintan

Halo Blog!!!

Duh sudah jum’at lama lagi,  tak terasa … lama sekali  rasanya nggak menyentuh blog padahal kayaknya baru jum’at lalu  curhat disini. Hmm…..semoga tulisan curhat yang kemarin  bisa jadi pelajaran dan pengingat serta penyemangat untuk emak kinan. Terus hari ini mau posting “Renungan Jum’at” lagi mak…duh ….lagi nggak bisa merenung  hehehehe….lagi diburu buru dan bertumpuk  yang harus di cangkul..banyak hal…kekacauan pikiran ….ditambah lagi kemarin sempat nggak masuk  …ambil cuti pms…kacau badan kalo lagi datang waktunya heuheueheu…

Break makan siang, Refreshing sejenak dari kekacauan pikiran …kenapa mak kacau, dan galau…apa gegara ditinggal training Pak Ne ke Penang?…duh kawan kawan tetangga kubikal di lantai dua kalo “gojlok” orang duh…nggak kira kira….”gimana buk rasanya tidur sendiri? apalagi hujan bu semalam”….”Apalagi semalam malam jum’at bu, sunnah rasul bu”…..walah walah…. di-amini pula sama emak emak tetangga kubikal  gojlokan para bapak bapaknya ini…heueheu hehehe…saya jawab saja dengan becanda… “nggak sendiri kali  pak ada anak saya kok yang saya peluk, ada juga selimut bed cover” …huaauhaua……..tapi bagaimanapun juga nggak bohong…”melow dan kangen juga sama Pak Ne”…. gubrakkkkkk…*semoga nggak dibaca sama kawan kawan tetangga kubikal…

Banyak cerita pingin didokumentasikan tapi bener bener tidak ada waktu untuk menulis dan sekedar edit photo…jadilah kali ini ingin posting Photo dan tulisan singkat saja tentang  sisi lain Pulau Bintan. Pulau Bintan yang penuh keragaman juga dari banyak penduduknya, yang asli melayu sebagai penduduk asli, ada juga dari Jawa yang juga banyak sekali, suku batak, padang, palembang, atau dari daratan sumatera lainnya, dari bugis, sulawesi, flores, dan bahkan banyak ethis tionghoa/chinese yang sudah lama tinggal disini dan seperti penduduk asli disini. Makanya tidak heran kalo dipulau bintan ini banyak  dibangun Vihara atau Klenteng. Bahkan konon kabarnya ada  vihara megah yang terletak di daerah Tanjung Pinang yang sering saya lewati kalo menuju ke kota Tanjung Pinang itu adalah Vihara terbesar di Asia ternggara. *menurut kabar berita dari orang orang disini.

Tentang “Vihara”  atau “Klenteng” 

Ya benar, tentang tempat ibadah untuk penganut agama Budha. Dulu pas tinggal di Tulungagung, kayaknya saya tahunya hanya ada satu Vihara dikota Tulungagung yang namanya Klenteng “Tri Dharma” yang disebelahnya ada gedung serbagunanya yang besar yang suka di sewa kalo ada acara acara sekolah SMA kami, kayak perpisahan jaman SMA jaman dulu.

Di Pulau Bintan ini saya lihat banyak sekali saya lihat bangunan tempat ibadah “Klenteng” atau”Vihara” ini…atau orang sini menyebutnya sebagai “Toa Pek kong” correct me if i am wrong..CMIIW…maaf kalo salah…. pokoknya kurang lebih bilangnya “Pek kong” kalo menyebut vihara….saya tidak ingin membahas apa itu vihara atau seluk beluknya karena maaf  saya muslim saya jadi tidak tahu tentang fungsi dan deskripsi secara jelas dari bangunan viharanya, saya terpesona dengan bentuk indah karya seni bangunannya yang unik khas begitu juga dengan warna merahnya yang menyala indah dengan perpaduan warna yang lainnya.

Vihara didaerah Kawal menuju Pantai Trikora, Pulau Bintan

Vihara didaerah Kawal menuju Pantai Trikora, Pulau Bintan

Photo diatas adalah salah satu Vihara yang sempat terabadikan saat perjalanan saya ke tanjung pinang dalam rangka mengantar sodara ke Bandara Tanjung Pinang awal may lalu.  Pulangnya kami lewat jalur lintas tengah menuju tanjung uban, karena ingin menikmati keindahan pantai Trikora. Saat berhenti didaerah Kawal sebelum pantai trikora pas ibu saya turun beli Tape singkong khas kawal ini, pas berhenti di depan vihara ini.

Duh…keberagaman yang indah…semoga tetap jadi indah…bahwa bangsa kita Indonesia ini berbeda beda, mulai dari suku bangsa, agama, ragam adat istiadat, budaya   tapi semoga kita tetap bersatu dan menjujung tinggi kebersamaan dalam kehidupan berbangsa.  Dalam wadah Bhineka Tunggal Ika..Berbeda beda tetapi tetap satu jua.

Dari postingan saya kali ini saya juga ingin menggaris bawahi, tetang makna persaudaran dan saling hormat menghormati meskipun kita berbeda, berbeda dalam agama, berbeda dalam pilihan, berbeda dalam profesi dan lain sebagainya. Seperti yang akhir akhir ini terjadi…dimana situasi politik pemilihan presiden semakin memanas…perang dukungan…duh ngeri melihat di wall social media banyak kawan yang sharing, tag ini itu bekaitan dengan politik..duh kadang bahasanya ini..membuat saya semakin pening….saya sering bertanya dalam hati…ya ampun segitunya…tapi inilaha namanya politik…untuk mencapai tujuan tertentu seperti apa yang diinginkan banyak cara dilakukan termasuk kampanye lewat social media.

Duh…saling hujat menghujat, mengumbar aib dan kebobrokan masa lalu, track record, rekam jejak atau sejarah masa lalu masing masing…duh dari berbagai aspek…jadinya inilah mungkin yang dibilang kampanye hitam..duh…seharusnya kampanye dengan damai..tunjukkan visi misi dan tujuan kedepannya untuk Indonesia kalo memang kelak terpilih…..saya sebenarnya ingin diam..tapi akhirnya pening juga dan pingin mengungkapkan unek unek disini…Biarlah cukup Allah SWT yang tahu apa yang jadi pilihan saya,….Siapapun yang jadi presiden Indonesia terpilih nantinya semoga bisa bekerja dengan baik dan benar sesuai apa yang telah diamanahkan rakyat kepadanya, semoga bisa jadi pemimpin yang adil dan bijaksana, semoga bisa jadi pemimpin yang tidak hanya memenangkan satu golongan atau kelompok tertentu, tapi pemimipin yang bisa membawa Indonesia menjadi  negara yang Maju, Aman tenteram, adil makmur dan sejahtera untuk semua warganya dari Sabang sampai Merauke.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Kuliner and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Vihara atau Klenteng Sisi Lain Keberagaman Pulau Bintan

  1. mama hilsya says:

    halllowww juga.. udh lama ga buka blog..
    masih jetlag.. cape, ga ada ide..tambah males *ups*

    nanti insya Allah disempetin jjs lagi ya emak Kinan.. sekarang lagi jadi upik abu🙂

  2. Lidya says:

    baru tahu kalau disana ada vihara ya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s