Oleh-Oleh Dari Pulau Penang Malaysia

*Clean up  dan posting cerita yang ngendon di draft

Siapa yang pergi jalan jalan siapa yang posting di blog….hehehe ..setidaknya emak kinan dan kinan dapat oleh olehnya dari pak Ne jadi kayaknya layak di dokumentasikan. Tanggal 2 juni sampai tanggal 7 juni kemarin pak ne ikut workshop ditempat kerja bersama rekan rekan Se APAC. Jadi kecipratan dikit oleh olehnya….tumben tumbenan pak ne beliin oleh oleh buat istrinya..biasanya malah nggak kehitung..biasanya cuman anaknya dan orang orang yang memang masuk dalam daftar pesanan yang sudah saya sampaikan emak kinan….…walah ternyata kali ini emaknya dapat juga tumben pak ne ingat :)…*sorak sorak….hore hore..hehehee….walah padahal juga cuman daster bergambar “Mural” atau lukisan art didinding khas “Pulau Penang” Malaysia …setidaknya itu sudah membahagiakan banget…:).

Sebelum hari H keberangkatan, biasa malah saya yang sibuk sibuk, sibuk nyiapin packing buat pak ne dan perlengkapannya…terus nggak ketinggalan pula sibuk “searching” tentang seluk beluk pulau penang dan juga tentunya oleh oleh khas pulau penang Malaysia . Pak Ne bertugas nyiapin mental   anaknya aja, karena si nduk ini lumayan anak “ayah” banget jadi pastinya akan ada banyak pertanyaan dan takutnya ada “drama” dipagi hari kalo bangun tidur dan mau berangkat sekolah..:).

Syukur alhamdulillah lancar semua perjalanan dan lancar komunikasi…berterimakasih banyak pada teknologi android, whatAPP dan juga facebook messeger hehehe…, Pak Ne yang pada awalnya tidak mau sama sekali pake hp android dan touchsecreen  dan setia dengan  hape  Nokia Jadulnya…*hari gini nggak punya HP Android atau sebangsanya..waduh apa kata dunia…selalu saya becandain pak ne seperti itu….dan kebetulan emang pak ne nggak gadget freak..malah yang ada kayaknya gaptek hehehe…akhirnya mau menggunakan setelah saya paksa untuk beli HP android. Mulai dari saat di nyebrang ke Singapore dengan kapal ferry, sampai kemudian tiba di Tanah Merah lalu menuju bandara Changi lalu terbang ke Pulau Penang, Malaysia pak ne selalu memberikan laporan. Yah mumpung belom sibuk training..katanya.

Begitu juga saat sudah mulai training malam harinya kinan dan pak ne memanfaatkan kecanggihan WhatAPP dengan voice note-nya. Maksudnya menghemat pulsa…walah kayak orang main radio HT aja hehehe…terus sampai akhirnya pak ne nggak sabaran dan beli sim Card Digi seperti yagn kita beli dulu saat di Kuala Lumpur, jadilah urusan telpon telponan jadi lebih mudah. Kalo urusan photo photo kinan saat beraktifitas pastinya masih pake kecanggihan fitur dari WhatAPP dan juga BBM serta facebook messeger, biar pak ne tidak ketinggalan berita tentang si nduk yang ada aja tinggahkan dan baru sehari ditinggal aja udah bilang…”Mama, kok ayah lama sih trainingnya?” atau setiap hari “count down” hari sabtu ayahnya pulang..hehehhe….nduk nduk…lutju. Ada yang kurang biasanya berangkat kerja berdua, ngantar anaknya dulu seminggu saat ayahnya training semua dikerjakan sendiri sama kinan. Dan kinan yang alhamdulilah sudah bisa WhatApp dan ketik ketik sendiri  jadi saat saya dikantorpun saya dan kinan sudah bisa chit chat lewat WA.

Penampakan si nduk yang dikirim via WA, BBM, atau FB messeger ke ayah buat mengobati kangen dan tahu kegiatan si nduk;

Dapat kiriman baju princess dari Om fatrin dan tante merry di Jawa, dan langsung minta di coba dan di photo untuk dikirimkan ayah lewat WA

Minta keluar makan di abi bandung siomay dan nasi timbel.

Aktifitas sebelum bobo malam hari setelah telp atau WA sama ayah, baca cerita dari majalah princess.

pas ditanya bekal apa si nduk hari selasa..hehehe ini langsung di sodorin via WA, soale si pak ne tahu kalo juni udah nggak katering dari sekolah lagi dan tahu kalo akhir akhir ini emaknya lagi malas masak ..hehehe…

Pulau Penang dari cerita si ayah, dari web\internet

Kata Ayah pulau penang itu kayak Bandung atau Semarang yah…crowdied dan ada macet macet juga, ada daerah kota lama di george town daerah tempat ayah kinan nginep, terus ada kayak daerah puncak gitu yang namanya batu feringgi, ada daerah pantainya karena pulau kan sisi-sisinya pantai. Terus ada daerah pantai yang bekas terdampak tsunami besar beberapa tahun lalu yang sudah dibangun jadi cantik.

Pulau penang versi dari googling di internet sebelum pak ne berangkat waktu itu. padahal pak ne kan training pasti nggak ada waktu banyak untuk jalan jalan..tapi biarin yang penting saya sediakan data aja hehehe…pak ne pemalas urusan kayak beginian soalnya.

George Town: Mengagumi Arsitektur Tua
Penang Butterfly Bercengkerama dengan Ribuan Kupu-Kupu (Batu Feringgi)
Tropical Spice Garden (Taman herba) Tanjung bungah
Penang Hill: Penang Hill atau yang dikenal juga dengan sebutan Bukit Bendera adalah bukit tertinggi di Penang. Dari ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut itu, pengunjung dapat menikmati keindahan sisi timur Pulau Penang, mulai dari hamparan George Town, jembatan Penang, hingga gugusan pencakar langit yang tersebar di sana.
Jalan Penang :Mencari Nasi Kandar dan laksa. Memanjakan lidah juga bisa ditemukan di kawasan street food di Gurney Plaza atau food court di jalan McCallister. Di sana, Anda bisa menemukan segala jenis masakan khas Penang yang terkenal akan kecepatan dan kelezatannya.
Palang Penang Bridge dan juga mengunjungi Kek Lok Si Candi Budha Terbesar di Asia Tenggara

Versi internet dapat dari sini: http://www.indotravelers.com/ln/malaysia/pulau_penang_malaysia.html

Penang merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di sebelah Barat Laut Semenanjung Malaka. Negara bagian yang terkecil kedua setelah Perlis ini terbagi dua wilayah, yaitu Seberang Perai yang terletak di daratan Semenanjung Malaka dan Pulau Penang, yang merupakan pusat pemerintahannya berada. Negara Bagian Penang terkenal dengan keanekaragaman masyarakatnya yang berasal dari keturunan bangsa Cina, Melayu dan India sehingga kehidupan masyarakat Penang sangat bervariasi, baik dari suku, etnis, agama, bahasa serta kebudayaan. Dalam tulisan kali ini, penulis akan menceritakan tempat-tempat menarik bagi pengunjung di Pulau Penang. Pulau seluas 293 km2 ini terletak di Selat Malaka, tak jauh dari Pulau Sumatera, Indonesia. Karena letaknya yang berdekatan inilah maka banyak penduduk Indonesia di Pulau Sumatera, khususnya Medan dan Palembang memilih untuk menghabiskan waktu ke Pulau Penang untuk berbelanja, berobat ataupun liburan. Untuk mencapai Pulau Penang dari Medan atau Palembang lebih dekat dan murah dibandingkan bepergian ke Pulau Jawa.

Peta Pulau Penang hasil nyomot dari Google map

Peta penang dari Map brosur yang didapetin ayah dari Tourism centernya pulau penang. Ada dua jembatan yang menghubungkan pulau penang dengan penang daratan dan konono katanya sekarang sedang dibangun terowongan bawah laut untuk menghubungkan pulau penang dengan penang daratan

Kata ayah karena seminggu full itu diisi training acara jalan jalan hanya bisa pas sore hari setelah training usai. Dengan Guide kawan dari HW Penang yang memang dulu pernah visit ke Bintan.  Hari terakhir mereka juga diajak ke pabrik HW yang di Penang,  yang katanya fasilitas dan luasnya 10 kali  lebih luas dari pabrik yang di Bintan ini.Mereka diajak berkeliling dengan mobilnya samapai ke Batu feringgi tempat makan durian yang tersohor di Penang, durian King, dan juga membeli oleh oleh khas penang dengan  harga yang lebih murah  dari di perangin mall atau di daerah george town. Si ayah bilang durian King yang dicobain kemarin katanya di bandrol harga ringgit yang wow banget. Si ayah nggak ikut bayar sih..cuman incip sikit aja karena kebetulan juga si ayah ini bukan maniak dan pecinta durian kayak saya.

Durian King…dan tempat jualan durian di Daerah batu feringgi, *photo hasil pinjem dari jepretan dan tag kawan si ayah.

Sampai tiba saat ngomongin oleh oleh saya sudah wanti wanti nggak usah beliin anaknya mianan yang aneh aneh yah disana apalagi yang harganya mahal tanpa sepengetahuan saya…hehehe maksudnya harus tanya saya dulu soalnya sering kejadian pas bapaknya training kayak gini dan beliin oleh oleh buat kinan seringnya nggak cocok untuk usianya udah kejadian 2 kali soalnya, dari dulu mau posting soal itu selalu tertunda hehehe….begitulah pak ne kalo beliin oleh oleh untuk anaknya suka disorientasi umur, dulu pernah dibeliin mainan yang untu anak dibawah 1 tahun padahal anaknya udah umur menuju tiga tahun, begitu pula kemarin anaknya baru umur 4 tahun dibeliin kreatifitas untuk anak yang usianya diatasnya..ini mah emaknya jadinya yang main dan berkreasi hehehe…terus baju kaos princess rapunzel udah mahal banget *disney punya….bahanya gitu aja…kebesaran lagi….sampai sekarang aja belom pernah dipake hehehe…. Eh tapi ada juga yang pas usianya …satu set mainan basket dan tiangnya waktu itu….dudu dudu…makanya kemarin saya wantni wanti…udah nggak usah aneh aneh yang dibelikan…kaos atau apa gitu nanti kalo mau yang aneh aneh dan harga sedikit mahal harus ada “approval” dari saya dulu …jiahhhhhhhhhhhhhhhhhhh….hehhehe emak pelit ..:)

Penampakan oleh oleh dari Pulau Penang:

Bubble gun hello kitty untuk kinan, kaos bergambar lukisan mural, pensil, key chain atau gantungan kunci

Biskuit Tambun, kue khas pulau penang konon katanya ini yang paling tersohor di penang dari Ban Heang di jalan macalister, untuk oleh oleh makanan saya wanti wanti sekali dan strick harus ada label halalnya…..maklum kita muslim jadi ayah kinan ngerti banget soal ini…

Biskuti Tambun durian, tahu aja pak ne kalo emak kinan pecinta durian…rasanya lumayan🙂 *apa sih emak kinan yang nggak enak ..hehehe

biskuti tambun durian dan kacang hijau

Ikan Kering oleh oleh khas pulau penang, yang ini konon kabarnya dari hasil laut pangkor

Yang ini Penang White Curry Noodle “Aroi” penasaran langsung bikin pas kinan lagi tidur siang, bumbunya ada dairy creamer segala…duh warna karinya duh “kimplek-kimplek” kalo bahasa jawanya…hmmm tapi lumayan enak *halah emak kinan apa sih makanan yang nggak enak ..hehehe

alamak lagi mau makan kinan bangun tidur minta…hmm..ini kan instan..akhirnya diakali dibikinkan mie sendiri rebus mie kuda menjangan dan dikasih kuah sop yang saya masak hari itu dikasih kecap dan saos tomat, …hmmm habis juga diembat sama kinan

Ini mainan yang paling disukai kinan…bubble gun hello kitty ….sampai sekarang suka dimainkan sama teman temannya, sabun bubble nya sudah habis saya buatin sendiri dari sabun cuci sunlight atau saya belikan kemarin 10 botol dari Rp. 6000 cairan bublenya.

Begitulah alhamdulilah sampai rumah dengan selamat hari sabtu tanggal 7 june….dengan oleh oleh khas penang….untuk istri, anak, stafnya di tempat kerja, gantungan kunci untuk para ibu guru kinan dan kawan ….sedangkan yang belum kebagian kata ayahnya nanti insyallah bulan July depan kalo travel kesana lagi untuk training. Sebenarnya kalo nggak ada audit DNV dan nggak puasa udah aja pingin ikut…eaa si ayah bilang..enak aja numpang biztrip …malu lagi…hehehe begitu katanya…lho kan gak papa numpang hotelnya aja..pesawat dan lain lain kan beli sendiri…walah kata pak ne mending kapan kapan direncanakan travel sendiri aja nggak usah nebeng biztrip kayak gini..heueheue..iyalah ayah…cuman becanda aja..:)

Matur nuwun pak ne oleh olehnya walaupun warna dan bahannya sebenarnya tidak terlalu suka hehehe..tapi seneng banget pak ne ingat…yang terpenting kekep dompetnya berhasil tidak terlalu banyak ringgit kepake jadi bisa dipake untuk travel berikutnya…*dasar emak irit dan pelit…..hehehe lho piye sebagai menteri keuangan dan anggaran belanja Negara emak kinan harus bisa tegas..hehehhee….*ampun pak ne…:)

Kinan Happy ayahnya pulang….dan cencu saja emaknya juga cenang….*hehehehhe…maklum nggak biasa LDR soalnya…:)

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado. Bookmark the permalink.

8 Responses to Oleh-Oleh Dari Pulau Penang Malaysia

  1. Asiikkk yang dapat oleh2😀

  2. Lidya says:

    Princess Kinan cantik nih

  3. Bali Tour says:

    Terima Kasih atas informasinya🙂

  4. Aku kalau ingat Penang, inget sama rumah sakit, soalnya tiap 3 bulan mertuaku pergi kontrol ke sana, hehe…

  5. Pingback: Oleh Oleh Khas Malaysia - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

  6. Pingback: Oleh Oleh Khas Malaysia - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

  7. Pingback: Oleh Oleh Khas Malaysia - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

  8. Pingback: Oleh Oleh Khas Malaysia - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s