Aktifitas Kinan di Bulan Ramadhan

Mumpung sedang ada hasrat untuk menulis dan mendokumentasikan cerita di blog. Beberapa waktu lalu mbak lidya mama pascal tanya lewat komentar dipostingan saya  soal kinan apakah kinan puasa?,  jadi sekalian saya jawab disini yah mbak lidya🙂, kinan belom puasa, sudah diajarin dibangunkan untuk sahur terus diajak untuk belajar puasa besuk paginya. Maksudnya sekuatnya dulu jam berapa, walah pada awalnya jam delapan aja udah minta minum, atau minta bikin teh dan biskuit crakers kesukaannya, besuknya dicoba lagi gitu lagi. Dan saya yang lagi kerja seringnya nggak bisa nemanin dirumah atau mengawal belajar puasanya kecuali sabtu dan minggu, jadi yang ada kinan belom pernah sekalipun puasa sampai diatas jam 10 atau puasa setengah hari. Yah saya juga tidak memaksakan, begitupun ayahnya mengingatkan saya untuk tidak memaksakan kinan insyallah tahun depan bisa ditingkatkan dan dimotivasi lagi belajar puasanya seiring bertambahnya usianya yang bulan depan bulan agustus insyallah genap 5 tahun.

Bulan ramadhan bertepatan dengan hari libur anak sekolah. Kinan libur sekolah sejak menerima raport tanggal 26 Juni 2014 yang lalu, sampai kemudian masuk selama 3 hari pada tanggal 14,15 dan 16 July 2014 untuk Masa orientasi sekolah dan sekaligus pondok ramadhan. Masih TK ada masa orientasi sekolah dan juga pondok ramadhan yah?? Yah kurang lebih mungkin istilahnya pengenalan sekolah, kayaknya hanya pengenalan bagi mereka siswa baru yang baru masuk dan juga bagi siswa yang naik kelas dari TK A ke TK B seperti kinan, dan itupun hanya berlangsung selama satu jam disekolah dari jam 8 sampai dengan kurang lebih jam 9 pagi sudah selesai dan boleh pulang. Seperti biasanya kinan minta diantar saya tapi Alhamdulillah kemajuan sudah tidak minta di tungguin lagi, apalagi saya sedang sendiri minggu lalu ayah diminta jadi trainer di Pabrik cabang batam yang notabene gabung setelah dibeli beberapa tahun lalu sama HW selama 4 hari.

Selain sekolah minggu lalu tepatnya hari sabtu tanggal 12 july 2014, ada kegiatan tahunan Bukber dari Tempat kerja emak kinan, yang kali ini dilaksanakan di daerah dekat pabrik juga, dan bertempat di TPQ dan PAUD yang lumayan banyak murid. Dan acaranya dibikin lebih bervariasi dengan lomba lomba untuk anak anak PAUD, TK dan TPQ ditempat itu termasuk juga anak anak karyawan boleh ikut serta berpartisipasi. Ada lomba fashion show, mewarnai , lomba hapalan surat pendek serta lomba cerdas cermat. Kinan saya ikutkan lomba mewarnai secara inilah yang paling kayaknya cucok. Saya tanya dulu anaknya, mau enggak ikutan lomba sama anak anak kawan mama diacara bukber? Dan ternyata mau, segera meluncur sabtu pagi untuk acara lomba mewarnai di tempat bukber.   Ini penampakan kinan mewarnai bersama teman teman dalam kelompok 3-5 tahun, yang mewarnai seekor ayam. Ini dia penampakan kinan saat serius mewarnai ayam yang waktunya hanya satu jam.

Lomba mewarnai Bukber tempat emaknya nyangkul

Alhamdulillah kinan mendapatkan juara 1 walaupun backgroundnya  belom sempat diwarnai semua karena keburu waktunya sudah habis, kebetulan kinan sudah mengenal gradasi warna dalam mewarnai, pastinya karena termotivasi kawannya yang bernama Icha disekolah yang selalu juara lomba mewarnai, keren abis pokoknya. Mungkin dari situ kinan mau belajar tentang gradasi dan mewarnai. Sedangkan kawan kawan yang ikut lomba kemarin kelihatan masih belom begitu rapi masih campur campur warnanya jadi mungkin ini sedikit keuntungan buat kinan. Yah lomba untuk memeriahkan, Alhamdulillah mendapatkan meja gambar, tempat pinsil dan juga crayon. Seneng banget kinan meja gambarnya Barbie.

Hari Jum’at mendapatkan SMS dari Bu Mela wali kelas kinan, bahwa di Masjid Pertamina ada lomba mewarnai dan murid murid TK YKPP diundang untuk ikut lomba mewarnai. Karena sudah pada libur bu mela hanya menyampaikan lewat SMS dan mohon mengambil formulir pendaftaran serta mengembalikan kepada panitia di pos security kompleks pertamina. Mbah kakungnya yang mengurus semua pendaftaran hari itu, sedangkan saya mempersiapkan seperti petunjuk bu guru-nya ternyata lombanya adalah lomba menggambar bukan lomba mewarnai, duh agak sedikit mikir..lomba menggambar tema islami, apa ya?? Kinan kayaknya kalo gambar masih kurang…duh mikir mikir akhirnya ya udah bikin masjid aja kayaknya yang sederhana. Setelah searching searching gambar di google dengan tema gambar masjid untuk anak, akhirnya nemu kurang lebih gambarannya.

Sorenya baru mulai menyiapkan kinan untuk belajar menggambar masjid dirumah. Alhamdulillah walaupun dengan penuh motivasi dan ina itu.. begini begitu…akhirnya mau juga kinan berlatih soalnya saya juga tidak mau memaksakan, soalnya juga kinan kayaknya kalo nurun saya atau ayahnya kayaknya emang tak ada darah seni dan bakat menggambar hehehe…jadi kalo kita memaksakan ke kinan rasanya nggak adil, dan berarti sama dengan berarti itu memaksakan sesuatu kepada saya atau ayahnya. Maksud saya sih at least standard lah mewarnai atau menggambar untuk anak TK kan tetap harus dilatih :)…begitu selalu saya mencoba menenangkan diri …yang penting kinan standard aja nggak masalah :)…mau diikut kan sanggar atau apa gitu disini juga nggak ada yo wis latihannya yo sama emaknya aja…*jadi ingat pak agus guru gambar di sekolah emak kinan ngajar dulu..coba kalo dekat bisa minta les sama beliau🙂

Mengantar aktifitas kinan pagi hari dan dibulan puasa yang mana saya juga puasa saat itu disaat mabok, mual, pusing melanda duh perjuangan banget. Untung ayahnya juga bisa ikut menemani jadi setidaknya ada seseorang yang juga ikut menyemangati kinan. Pesertanya hanya sekitar 16 anak dari TK YKPP dan juga dari TK Hang tuah, karena publikasi yang kurang dan kegiatan ini dilaksanakan disaat anak anak sudah mulai libur jadi entah kurang informasi atau entah sudah banyak yang libur atau mudik jadinya peserta mewarnai hanya sekitar 16 orang termasuk kinan dan kawan kawan kelasnya yang memang sudah sering ikut mewakili sekolah untuk lomba gambar. Jurinya adalah kalo tidak salah adalah para ustad yang saat itu menjadi juri lomba adzan, lomba tilawah dan juga lomba sholat berjamaah.

Inilah penampakan kinan saat lomba mewarnai di Masjid Pertamina Tanjung Uban;

Photo bersama sebelum acara perlombaan dimulai bersama panitia

Kinan mulai menggambar dan mewarnai, duh…tulisan Allah nya sedikit salah..padahal dirumah udah diajarin dan kayaknya hapal..mungkin “nervous” si nduk…apapun dan bagaimanapun itu adalah hasil karyamu nduk.. mama bangga🙂

Hasil para peserta lomba

Penyerahan piala secara simbolis, karena penyerahan piala dan hadiah akan diberikan pada peringatan acara Nuzulul Qur’an hari selasa tanggal 15 July 2014

Penyerahan hadiah piala, sertifikat dan uang pembinaan

Photo bersama setelah penyerahan piala para pemenang lomba

 

Senengnya si nduk dapat piala lagi, terus hadiah uangnya sampai tidur ikut dibawa ditaruh di bawah bantal hehehe.. *nanti kita tabung dan bikin account di bank ya nduk bersama uang celengan dan uang saku lebaran tahun lalu. Seneng banget si nduk, sayang ayah tidak bisa ikut menghadiri acaranya karena sedang di Batam.

 

Semoga ini  jadi pengalaman berharga dan memotivasi kinan untuk lebih baik lagi dan mau belajar, mengajarinya sportifitas dalam kompetisi, ada kalah ada menang, tidak boleh sombong dan merasa bisa selalu belajar dan belajar. Dan semoga berguna untuk bekal dikemudian hari, yang pasti  ini pelajaran berharga untuk sarana mengasah dan membentuk perilaku dan kepribadiannya.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Perkembangan Kinan-ku. Bookmark the permalink.

2 Responses to Aktifitas Kinan di Bulan Ramadhan

  1. Anggie says:

    Kinan tambah cantik aja nihh… Pintar lagi… Selamat ya…. jadi mborong juara nihh…

  2. aya says:

    Waahhh mba Kinan ajarin Shoji doooong🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s