Gudeg Kaleng Oleh Oleh Khas Yogyakarta dan Cerita tentang Mudik Lebaran.

Break Makan siang….mengalihkan perhatian dari “morning sickness” dan gliyengan  nggak jelas yang saya baca di klik dokter untuk saat ini katanya besar kemungkinan karena pengaruh hormon sehingga bisa membuat sering pusing..,melipir sejenak keblog untuk mendokumentasikan sesuatu. *modus emak satu ini….hehehe. Musim mudik lebaran kemarin kita hanya gigit jari…melihat kawan kawan satu persatu mulai mudik ke tanah kelahiran ada yang di Jawa, ada yang disumatera daratan, pekanbaru, medan, Palembang dan sekitarnya. Lalu mencoba mencari pembenaran kenapa tahun ini kita tidak mudik?? Eh iya memang secara faktanya kita nggak bisa memaksakan mudik karena pak ne ada training ke Shanghai mepet pas abis lebaran, dan tentunya kerjaan yang memang blom bisa ditinggal. Saya terutama paling semangat kalo lihat berita info mudik..ikut merasakan bagaimana “dramanya” kawan yang mudik dari Jakarta sampai ke Tulungagung menghabiskan waktu di jalan sampai 2 hari karena macet. Duh…..nggak kebayang gimana rasanya….tapi itulah mungkin perjuangan mudik untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman merayakan hari kemenangan “Idul Fitri”. Dengan berbagai suka dukanya entah itu yang membahagiakan bahkan ada juga yang terkena musibah saat mudik. Semoga kawan yang terkena musibah tabah dan kuat yah, Insyallah Allah SWT punya rencana Indah untuk keluarga kalian, kami disini hanya bisa mendoakan.

Karena kesukaan saya nonton berita “info mudik” di hampir seluruh stasiun TV, sampai sampai kinan nyletuk gini ke saya “Mama nieh, sukanya nonton berita mudik lebaran aja, terus kapan kita mudiknya” hehehe nieh anak memang pingin juga mudik ke Jawa katanya, ketempat Yang Ti dan Kung ri, merayakan lebaran sama mbak dilla dan mas naufal, mbak hazna, mbak sasa, mbak devin di Jawa.

Kenangan Lebaran Idul Fitri 1434 H (Tahun 2013) Mbak dilla dan kinan pake baju kembaran🙂

Apalagi setelah dia melihat ada kawan dekat kami yang datang kerumah untuk pamit mau mudik kurang lebih satu bulan, sekalian jalan jalan ke Jawa saat liburan anak anak. Duh…kinan tambah bertanya tanya …”Mama kapan kita mudiknya” hehehe…akhirnya kita jelaskan alasan kenapa kita tidak mudik, ayah harus training, ayah ada kerja mama juga, ada kerja dan masih blom bisa cuti jadi insyallah cutinya bisa diambil nanti setelah lebaran hari raya Haji atau Idul Adha. Setelah dijelaskan begitu kinan cukup mengerti dan tidak bertanya tanya lagi.

Setelah musim arus balik kesini, yang pasti kita jadi kebanjiran oleh oleh dari kawan kawan yang mudik, Alhamdulillah walaupun tidak mudik ternyata kita juga masih kecipratan rejeki dari kawan kawan yang mudik. Dari mama Naura yang mudik ke Jakarta dan sempat jalan jalan ke tempat kuliahnya di Yogyakarta bersama keluarga kami dapat oleh oleh 2 kaleng gudeg Wijilan yang mak nyos itu dan juga brownies kering “Amanda” serta beberapa kue khas yogya..….duh senangnya bukan main. Jazakillah mama naura, inilah kali pertama saya menikmati gudeg kaleng…kayaknya munurut saya tidak ada bedanya yang terlalu significant antara yang asli seger ditempat di yogya sono dengan yang dikaleng..hehehe dasar lidah saya ini semua dibilang enak kalo cucok…emak yang lagi nyidam kayak saya ini dapat gudeg kaleng ini mengobatai banget rasa kangen yogya dan juga pingin makan gudeg yogya-nya tercapai🙂.

 Selesai gudeg wijilan dapat lagi kiriman oleh oleh dari Mei kawan kerja, yang pulang mudik ke Malang, pati dan yogya….gudeg lagi dan keripik tempe…kali ini gudeg kaleng bu Tjitro…..hmmm mak nyus..kinan juga mulai suka bahkan bekal sekolahnya pagi ini minta di bawain gudeg dan nasi sama abon. Walah udah ketularan emaknya suka “gudeg” rupanya anak mama🙂. Jakakumullah Yah Mei…hari ini masih sarapan dengan gudeg dan juga nasi anget ditambah abon hasil oleh oleh dari Pak I dari bandung…..:) enak tenan pokokne.

 

Saya kan pecinta pedas apalagi pas hamil ini nggak makan cabe sehari rasanya gimana gitu…*halah.., biasanya gudeg ini makannya saya masih pake lalapan cabe rawit hijau, mentah gitu atau kalo uti lagi bikin sambel terasi, makan gudeg yang memang nggak pedas terus  pake sambel terasi…duh…tambah mak nyos..*walah lebay tenan nieh emak kinan.

Walah ini tadi mbahas apa yah…makanan atau mudik atau kenikmatan makan “gudeg kaleng” hasil oleh oleh mudik kawan kawan yah? Hehehe semuanya….jadi pingin beli online Gudeg bu tjitro atau gudeg wijilan ya,…mari mari kita googling siapa tahu ada yang jual online, atau nunggu mudik aja nanti siapa tahu kita bisa jalan jalan ke yogya dan menikmati gudeg dikedainya langsung🙂, hopefully can go there oneday..

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado. Bookmark the permalink.

8 Responses to Gudeg Kaleng Oleh Oleh Khas Yogyakarta dan Cerita tentang Mudik Lebaran.

  1. nyonyasepatu says:

    hormon ini emang suka bikin senewen ya🙂 semoga lancar2 trus hamilnya

  2. Mirip banget ya Kinan sama mbak Dilla, cocok jadi kakak beradik, hehe

  3. waah baru tau mama Kinan hamil, gegara beberapa blog di blokir nih sama kantor jadi jarang berkunjung lagi…. semoga sehat selalu ya mbak….

  4. penampilan gudegnya bikin saya pengen makan gudeg hehe

  5. Evi says:

    Lagi ngidam ya Mbak? Duh selamat ya, bentar lagi Kinan punya dedek. Dan aku belum pernah coba gudeg kalengan, entah gimana pulak rasanya. Pasti gak beda lah dengan yang asli ya🙂

  6. Lidya says:

    kapan ya aku bisa ketemuan🙂

  7. Vera says:

    Gudeg kaleng bu tjitro ada nih dijual di kompleks rumahku, 25 rb sekaleng. Kebetulan td azka disuruh gurunya bawa makanan khas asal ortu. Salah satunya aku beliin aja gudeg kaleng bu tjitro ini padahal aku belom tau enak apa ngga hihihi…

  8. lieshadie says:

    Hwaaaa…baru tau Mama Kinan hamil…selamat yaaa…semoga sehat dan lancar sampai lahiran nanti….

    Kinan makin cantik aja….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s