Resep: Oseng Ikan Asin dan Terong Ala Emak Kinan

Gegara beberapa waktu lalu melintas ditempat bunda Atar yang ada disini, http://maylav.blogspot.com/2014/02/ikan-asin-pakang-sambal-ijo-padang.html?m=1  Akhirnya tergoda untuk mengeksekusi  resep ini ala saya.  Sebenarnya ini photo dan eksekusi resepnya udah lama sekitaran bulan april, dan sudah ngendon di draf ini lama banget, tapi nggak jadi jadi posting hanya gambar dan tulisan judul serta link alamat mama Athar🙂

Terus tadi  iseng lihat dashboard draft..tiba tiba pingin lanjutin cerita soal ikan asin ini. Kenapa? Ya entah kenapa kecintaan saya pada Ikan asin ini tidak pernah luntur…*halah…mak mak..hehehehe..biarin dibilang ndeso kesa keso lek turu neng kloso…hehehe begitu kawan saya dulu selalu mengolok olok  dan meledek saya..duh jadi kangen sama Duhita gembul anak FE kawan seperjuangan jaman ikutan Exxon public consultation di Tuban dulu….hehehe “whereever  you are bro…semoga sehat dan sukses selalu”

Balik lagi ke Ikan asin, entah kenapa pas hamil kayak gini, pas lagi nggak doyan apa apa untuk dimakan…selalunya saya selalu kembali ke selera awal saya “ikan asin” mau di sambel biasa atau sambel ijo, mau digoreng aja…mau dioseng pake apa aja…duh bisa membuat saya berselera….tapi  saya harus curi curi sama pak ne, Pak ne alias ayah kinan bener bener nggak bisa terima kalo saya makan ikan asin hehehe…karena dia bukan pecinta ikan asin…du du du…maafkan saya pak ne. Saya masih ingat dulu awal awal hamil kinan entah kenapa saya sedikit nggak berselera makan, kalo udah goreng ikan asin jadi lahap aja makannya, dan tunggu ayah kinan berangkat kerja dulu eksekusinya hehehe.

Sekarang masih sama, ketika malas makan melanda..”ikan asin” selalu jadi solusinya.  Kemarin kemarin nggak takut soal tensi saat kehamilan ini, karena cenderung rendah. Tapi beberapa minggu lalu sempat stabil dan takutnya cenderung naik udah saya stop keinginan soal ikan asin ini, kawan menganjurkan “ikan bilis” atau teri aja yang tidak terlalu asin, tapi menurut saya juga sama saja. Tapi setelah kemarin check tensi rendah gitu, jadi semangat lagi nieh  yang berbau bau ikan asin.

Maafkan ya ayah..suka nyuri nyuri dan sedikit bandel soal ikan asin ini hehehe gimana, suka je….semoga ayah mengerti…bahwa saya dan ikan asin sudah “soulmate” sejak lama🙂 bahkan sebelum saya berkenalan dengan mu..*halah ini nulis apa sih…hehehe…

Ini salah satu eksekusi saya dengan Ikan asin.

Oseng Ikan asin (Jambal)  dengan Terong

Bahan bahan dan bumbu: Ikan asin jambal (atau boleh ikan asin jenis apa saja, yang penting ikan asin hehehe), Terong (jenis apa saja) yang penting enak…*halah ini maksa namanya. hehehe, terus bawang putih, bawang merah, garam, cabe rawit, cabe keriting besar, cabe hijau secukupnya..kadang suka saya tambahkan tomat hijau atau tomat merah iris beserta dengan daun bawang.

Eksekusi:  Ulek kasar, saya sukanya nggak sampai halus..kasar kasar aja atau malah kadang cuma saya keprek atau potong potong aja kalo lagi males ulek ulek pake cobek,  cabe merah/hijau, bawang merah, bawang putih, garam, lalu tumis bumbu, lalu masukin tomat atau daun bawang. Biasanya ikan asin dan terong udah saya tumis atau goreng setengah matang duluan biar cepat matang dan juga terong jadi lebih mantap. Lalu udah di masukkan dalam tumisan bumbu tadi, aduk aduk rata dalam api sedang, bolak balik, udah deh siap disantap dengan nasi hangat…kadang satu tambahin irisan cabe atau biarkan utuh saja dan ikut di oseng…duh sedap tambah mantap dan membuat selera.

Hmmm……kemecer….jadi pingin ikan asin…*asal jangan terlalu asin asin aja…kalo udah terlalu asinnya yang banget banget juga nggak suka🙂

*posting pengisi waktu menunggu hujan reda….

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado, Resep Masakan. Bookmark the permalink.

5 Responses to Resep: Oseng Ikan Asin dan Terong Ala Emak Kinan

  1. Evi says:

    Ngeces ngebayangin terong dimasak pakai ikan asin. Nasinya pulen dan panas pulak…

  2. Lidya says:

    kaya masakan padang gitu ya bun, aku suka beli terong ikan asin ini. hehehe

  3. danirachmat says:

    Kayaknya aku ga bakalan bisa makan Mbakyu meskipun terlihat menggoda. :-9
    Maklum gak makan ikan..😀

  4. nophi says:

    aku ikutan kemecer mbak,, aku biasanya pakai teri ternyata ikan asin juga sedap yaaa, mau nyoba ahhh🙂

Leave a Reply

