Membuat Klappertart Ala Emak Kinan

Dari dulu sejak tahu dan lihat gambar gambar kue klappertart selalunya mupeng…muka pingin kayak mana sih rasanya. Duh belom pernah kesampaian, lihat cerita mbak elsa yellow life  saat makan klappertart dari tempat asalnya Menado, yang dipostingnya disini  tahun 2010, duh tambah mupeng. Dan baru baru ini saat kehamilan kedua ini entah kenapa kalo lihat gambar makanan tuh langsugn mupeng aja, lihat jeng Allisa di FB suka posting posting photo Klappertart bikinannya, duh tambah menjadi jadi pinginnya. Nyari nyari keliling di Bintan..walah nggak nemu, mungkin harusnya pesan sama penjual kue yang dari manado kali yah, saya punya kawan manado tapi juga katanya gak tahu cara bikin klappertart soalnya udah manado campuran, papanya yang manado. Ke batam?? belom sempat searching searching…yang ada akhirnya nemu resep klappertart yang ada di buku resep Happy Call dapat saat beli panci happy call. Ya sutra kayaknya gampang di coba resepnya yo wis kita eksekusi membuat klappertart ala Happy Call.

Resep Klappertart ala resep Happy Call

Klappertart ala Happy call

Klappertart ala Happy call

Bahan Bahan:

Bahan-bahan klappertart ala happy call

Bahan-bahan klappertart ala happy call

Cara membuat Klappertart ala Happy Call:

Cara membuat klappertart ala Happycall

Cara membuat klappertart ala Happycall

hehehe males ketik jadi gambarnya aja yah…dan hasilnya ala emak kinan adalah sebagai berikut..:

Klapertart Happy call ala emak kinan...rasanya sih katanya udah mendekati tapi kalo kelembutan waduhh...jauh katanya dari aslinya hehehe...* walah walah...

Klapertart Happy call ala emak kinan…rasanya sih katanya udah mendekati tapi kalo kelembutan waduhh…jauh katanya dari aslinya hehehe…* walah walah…

Karena masih penasaran dengan Klappertart yang lembut dan yang kayak dibuat sama Jeng Allisa  dan pake teknik dioven tapi diberi air saat mengovennya….akhirnya  googling lah saya resep klappertart yang seperti itu…dapat resep seperti dibawah ini dari link ini;

Copas resep dari link ini:  http://resepmasakankreatif.blogspot.com/2013/02/resep-klapertart.html (minta ijin yah bunda, resepnya saya copas disini sekalian sebagai pengingat kalo mau bikin lagi.

RESEP KLAPERTART MANADO 

Klappertaart atau klapertart dikenal dengan kue khas Manado merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Berikut resep bikin klapertart enak beserta panduan proses cara pembuatannya.
Bahan :

  • 750 ml fresh milk
  • 200 gram gula pasir
  • 250 ml fresh cream cair
  • 125 gram tepung maizena
  • 75 gram tepung terigu
  • 150 gram margarin
  • 9 butir kuning telur, kocok lepas
  • 3 btr kelapa muda
  • ¼ sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt vanilla essence

Topping :

  • 9 butir putih telur
  • 50 gram gula halus/ gula pasir
  • kismis, rendam sebentar dengan air hangat
  • kenari cincang
  • kayu manis bubuk

CARA MEMBUAT KLAPERTART :

  1. Campur fresh cream cair, tepung maizena dan tepung terigu sampai tercampur rata. Sisihkan.
  2. Didihkan fresh milk/ susu murni segar dengan gula pasir menggunakan api sedang hingga mendidih. Masukan campuran fresh cream, aduk adonan dengan cepat hingga mengental dan tercampur rata. Matikan api. Masukkan margarin, aduk rata.
  3. Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil aduk rata. Tambahkan kayu manis bubuk, vanilla essence dan kelapa muda, aduk rata.
  4. Masukan ke dalam loyang/ cetakan almunium atau pinggan tahan panas. Oven selama 20 menit dengan suhu 150-160° C dengan cara au bain marrie.
  5. Mixer putih telur dan gula pasir sampai menjadi menrique/ mengembang kaku. Masukkan ke dalam plastik segitiga/ piping bag.
  6. Semprotkan adonan topping ke atas adonan yang telah setengah matang, taburi dengan kismis dan kenari cincang, oven lagi selama 20 menit hingga adonan topping menjadi coklat. Keluarkan adonan, taburi dengan kayu manis bubuk. Dinginkan.

Tips :

  • Agar klapertart tetap lembut dan tidak pecah, pengadukan dilakukan dengan lembut dan konstan satu arah. Misal searah jarum jam atau hindari adukan bolak-balik.
  • Setelah letupan pertama, api segera matikan untuk mencegah agar adonan tidak pecah.
    Adonan klapertart dimatangkan dengan cara au bain marie. Maksudnya, adonan dimatangkan di oven, tapi dengan cara meletakkan loyang klapertart di dalam loyang yang lebih besar dengan sedikit air. Teknik ini biasa digunakan untuk membuat kue-kue yang lembut, yang bahannya banyak menggunakan kuning telur.
  • Untuk kelapa muda yg dikerok, langsung rendam dengan air kelapanya, supaya warna tidak berubah gelap. Tiriskan sewaktu akan dicampurkan ke dalam adonan.
  • Agar topping bubuk kayu manis rapih, letakkan kayu manis bubuk di atas saringan kecil dengan lubang lembut. Taburkan sedikit saja agar klappertaart tak terlalu pahit.
  • Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Yang saya skip bahannya kemarin  250 ml fresh cream cair sama kenari yang saya kira masih ada stock ternyata udah abis karena dah malem males ke toko kue di uban akhirnya di skip aja tanpa taburan kenari dulu,  sedangkan fresh cream cair karena cari cari di tanjung uban tidak ada yo wis skip diganti susu aja, mungkin next cari dulu di batam bahannya baru eksekusi lagi * hehehe…

hasilnya…tara….alhamdulillah lumayan lembut…dan penuh perjuangan banget…puas makan klappertarnya…

Menunggu saat mengoven dengan harap  harap cemas ..*walah lebay

Menunggu saat mengoven dengan harap harap cemas ..*walah lebay

The result....walah ini dia hasilnya...duh masih mupeng kayak apa yang buatan asli nona manado alias mama raja  yah....:) Coba dekat bisa pesan

The result….walah ini dia hasilnya…duh masih mupeng kayak apa yang buatan asli nona manado alias mama raja yah….:) Coba dekat bisa pesan

kinan juga suka habis beberapa kotak, pas saya bawa kekantor dan di incip sama jeng cathy yang memang lama tinggal dan besar di Manado katanya rasa udah ok, kelembutan udah ok, cuman kurang lembut dikit lagi…*duh senangnya…asli puas makannya dan Ngidam pun berakhir dengan happy ending..*walah trisemester ketiga masih ngidam..ini mah doyan bukan lagi ngidam.

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Resep Masakan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Membuat Klappertart Ala Emak Kinan

  1. dani says:

    Oalah bisa bikin pake happy call ya. Hahahaha. Saya ada di rumah kado dari temen tapi jarang dimanfaatkan. Simpen aaah. Makasih Mbakyu😀

  2. bemzkyyeye says:

    Udah lama ga bikin klapertart, jd pengen bikin nih liat postingan ini😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s