Kuliner: Mie Tarempa Tanjung Pinang

Beberapa minggu tepatnya kalo tidak salah bulan november yang lalu  di harian Kompas minggu si ayah woro-woro tentang sebuah artikel kuliner di Tanjung Pinang yang baru di buka yaitu Mie Tarempa, cabang dari  Mie Tarempa Batam.  Disitu di ulas mengenai hidangan Mie khas Daerah Tarempa yang berada dikepulau Riau terutama daerah dekat pulau Anambas. Disini kuliner Mie tarempa sangat termasyur dengan ke khas-annya yang dikasih suwiran daging ikan tongkol hasil laut di daerah kepulaun Tarempa.  si Ayah bilang kalo ke pinang patut di coba nieh, ternyata dari beberapa kali kita ke tanjung pinang bulan desember lalu belom kesampaian mampir karena selalunya kalah duluan sama “Soto Ayam Suroboyo” yang selalu saya kangenin hehehe. Akhirnya sabtu kemarin baru kesampain mampir disitu.

Awal mengenal Mie tarempa dan menu makanan Luti gendang dari kawan kantor yang memang cerita kalo di Batam dia pernah makan Mie Tarempa enak dan ada hidangan yang namanya Luti gendang, kayak roti goreng empuk dan isinya abon ikan tongkol khas tarempa. Pernah beberapa kali kawan yang dari Batam membawa  Luti gendang dari Batam untuk dimakan rame rame dikantor dari situ jadi tahu rasanya dan nyandu sama makanan yang namanya “Luti Gendang” ini, serta penasaran sama rasa khas mie tarempa.

Kok bisa dinamakan Mie Tarempa yah? karena kuliner ini berasal dari daerah Tarempa atau Ibukota dari Kabupaten Anambas. Ada kawan juga yang dulu satu kantor dan keterima PNS dibagian  keuangan di daerah kepulaun itu. Jarak tempuh dari Tanjung pinang kayaknya satu hari satu malam dengan menyebrangi lautan, atau kalo dengan pesawat perintis sekitaran 1 jam-an. Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur dan barat dan Kalimantan. Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, dan kadang dimasukkan dalam Kepulauan Natuna yang lebih besar, terletak beberapa ratus kilometer di sebelah timur.dan sekarang sudah membentuk kabupaten sendiri sejak 2009. Kalo menurut Peta ini daerahnya, dapat dari link ini;

Peta Tarempa

Peta Tarempa

Akhirnya sabtu kemarin bisa juga mencicipi makanan khas tarempa, mie tarempa dan luti gendang walaupun tidak ditempat aslinya di pulau tarempa cukup hanya di Tanjung Pinang di RM Mie Tarempa cabang Batam, Jl DI Panjaitan, Tanjungpinang, Riau. Saya menyebutnya daerah jalan Kembar di daerah Batu Tujuh (Batu 7) masih dideretan ruko soto suroboyo, dan morning bakery tapi lebih duluan kalo dari arah rumah sakit propinsi atau dari arah Tanjung uban menuju mau ke kota Tanjung Pinang. Walah kinan yang kayaknya baru kali itu makan luti gendang abis beberapa potong dan malah minta dibawa pulang segala.

Photo yang depannya ini ngambil dari  link disini ulasannya. Nggak sempat photo depannya soalnya :)

Photo yang depannya ini ngambil dari link disini ulasannya. Nggak sempat photo depannya soalnya🙂

Lumayan ramai dan ngantri, tapi alhamdulillah pelayanannya cepat. Nggak nunggu terlalu lama biarpun penuh dan ramai seperti sabtu kemarin. Harga lumayan terjangkau, malah kadang makanan di Tanjung Uban ditempat saya jauh lebih mahal dibandingkan di Rumah makan Mie tarempa ini. Menu dan juga daftar harga secara fair ditampilkan gede gede di dinding samping. mIsalnya satu porsi Mie tarempa dibandrol Rp. 12.000 dan satu potong luti gendang Rp. 2500 sama dengan harga di Mie Tarempa di Cabang Batam.

Suasana di rumah makan Mie Tarempa Tanjung Pinang

Suasana di rumah makan Mie Tarempa Tanjung Pinang

Saya dah terlanjur kenyang sebelumnya jadi pesan hanya Mie Tarempa (basah/lembab) yah kemarin?? lupa  dan  untuk kinan mie kuah. Isinya yang khas selalunya ada tauge dan juga ada  suwiran dari ikan tongkol khas Tarempa.

Ini dia penampakannya:

Mie Tarempa

Mie Tarempa

Mie Kuah Tarempa Luti Gendang

Penampakan si nduk yang lahap menyantap Mie Tarempa dan juga Luti gendang.  Awalnya saya sedikit ragu dan merasa takut eneg melihat mie tarempa basah yang dipesan ayah kinan. Takut kayak kare gitu males saya makannya soalnya kok kuahnya kental kayak gitu. Tapi sekalinya nyoba…wah beda banget ternyata tidak eneg…penafsiran saya keliru saya pikir eneg santen gitu eh ternyata kuah ikan, kurang lebih kayak lagsa tapi beda yah lebih enakan Kuah Mie Tarempa ini.

Kalo Mie kuah pesanan si nduk seger, enak slurpppp banget.🙂

Si nduk Lahap meng-klaim semua luti gendang yang ada didepannya beserta Mie Kuahnya :)

Si nduk Lahap meng-klaim semua luti gendang yang ada didepannya beserta Mie Kuahnya🙂

Setelah tahu rasanya, terus bilang ke Ayah, nanti lagi kalo ke pinang atau ke Batam mampir sini lagi yah ke Rumah Makan “Mie Tarempa” kita coba menu yang lainnya…*walah gubrakkkkkkk…awas pak ne..kolesterol yah hehehe🙂

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Jalan-Jalan, Kuliner and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Kuliner: Mie Tarempa Tanjung Pinang

  1. Aaahh…lagi batuk pilek gini, liat mie kuah, jadi lapar😀😀

  2. Lidya says:

    sekilas mirip mie aceh ya bun. Aku selalu suka deh makanan mie

  3. penampakan yang kuah kayanya enak yah, bener kata mba Lidya sekilas mirip mie aceh

  4. hehehe… bisa dicoba lagi tuh… kapan2 kalo ke sana lagi🙂

  5. hahahahahaah

    gw gak pernah bosen sarapan di tarempa…hayukkkk sini…..
    mo yg sei panas apa yg sincom?

    milo kosongnya juga endesss
    apalagi ya…..ach semua suka dech

  6. aduh… mie tarempa sesuatu bgt euy, apalagi makannhya di anambas yang kece badai keindahannya itu he he

  7. Vivi says:

    Dear mie tarempa lovers, ada yang bisa bagi resep mie tarempa lembab?…thanks sebelumnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s