Lomba Menyusun Huruf Hijaiyah (11 Ramadhan 1436 H)

Sekarang postinganya ngacak nieh alias random mana mana yang pingin di tulis dan dikomumentasikan di Blog, soale daripada ketunda tunda ini blom itu belom, wis yang ingat dan ingin ditulis dan juga sesenggangnya waktu saja. Ini nulis juga buat boster supaya Happy terus dan produksi ASI untuk dek Ghayda lancar, jadi bisa pumping di kantor dengan Happy disela kerjaan yang pastinya target harus beres.

Hari ini Tiba-tiba pingin posting tentang huruf hijaiyah . Kenapa?? Sedang jadi hot topic dirumah, karena si nduk kemarin baru ikut lomba menyusun huruf hijaiyah dalam rangka bulan Ramadhan ” Ekspresi Ramadhan” yang diadakan oleh BDI atau Badan Dakwah Islam Masjid Pertamina.  Minggu lalu di telp guru TK si nduk kalo si nduk  kinan diikutkan lomba menyusun huruf hijaiyah di masjid pertamina untuk tingkat TK sekecamatan Bintan Utara.

Seperti biasa akhirnya emaknya yang rempong. Kinan dari umur 2 tahunan lebih sudah saya kenalkan huruf hijaiyah dan iqro dikit dikit semaunya saja seperti cerita dulu yang pernah saya sharing disini saat usia berapa yah kinan dah mulai lancar iqro satu.

Lalu september 2 tahun lalu saya ikutkan iqro ditempat guru ngaji di kompleks depan rumah, alhamdulillah pas bulan maret kemarin selesai iqro 6 dan menginjak ke Al – Qur’an. Alhamdulillah, bersyukur dan disyukuri dengan sedikit berbagi dengan teman teman ngajinya yang saya siapkan sendiri disela mengurus adek ghayda waktu itu.

Sekarang Alhamdulillah sudah masuk juz 2 dan kata bu guru ngajinya si nduk tinggal memperlancar beberapa ilmu tajwid dan menyempurnakannya lebih lanjut.  Jadi secara tidak langsung kayaknya si nduk ini sudah hapal  huruf hijaiyah begitu menurut saya. Eh tapi nggak yakin juga soalnya kalo dalam al Qur’an kan udah digabung tuh, saya takutkan mungkin kalo secara terpisah sendiri sendiri si nduk ini udah lupa sama  huruf hijaiyah. Akhirnya saya coba test dan buatkan peraga untuk latihan hapalan dan kecepatan waktu. Karena dalam perlombaan ini pada awalnya di spanduk dituliskan untuk waktunya adalah 2 menit. 

Begitulah emaknya akhirnya yang rempong, yah namanya demi anak pasti harus diusahkan yang terbaik yo, jangan sampai mendholimi kerjaan dan juga mendholimi kewajiban terhadap anak kalo bisa semua dilaksanakan dengan baik dan benar dan seimbang semuanya…duh bahasanya..hehehe…disela sela deadline kerjaan dan tentunya “pumping” disisipkan waktu untuk download huruf hijaiyah dari google. Nemu link ini untuk download huruf hijaiyahnya yang besar-besar hurufnya tinggal print disini, lalu disempetin juga download yang kecil kecil dilaminating dan di kasih magnetic paper biar nempel dipapan maksudnya. Akhirnya si nduk jadi semangat belajar kecepatan waktunya, tapi maunya selalu dibikin kayak lomba sama emaknya, harus emaknya juga ikutan main..duhh…la la la…baiklah nduk…mari kita tinggal bermain main mama jadi anak kecil lagi …menyenangkan🙂 waktu di coba dirumah sempat juga  dapat waktu kurang dari 2 menit karena  hurufnya kecil kecil berdoa semoga  hurufnya untuk perlombaan nanti tidak terlalu besar, karena pastinya akan mempengaruhi waktu dalam penyusunan nantinya.

Tiba hari H kemarin tanggal 28 Juni 2015 atau tepatnya 11 Ramadhan 1436 H, jam setengah delapan  di masjid pertamina Tanjung Uban dimulai perlombaan berbarengan dengan perlombaan yang lainnya. Pas awal datang lihat kartunya lumayan agak besar dari yang saya printkan untuk di tempel tempel, akhirnya saya ajak kinan untuk “trial” disitu biar tahu hurufnya..duh betapa kagetnya saya disitu ada huruf “Lam alif” dan “hamzah” yang menurut yang saya printkan  sebelumnya bukan dianggap sebagai satuan huruf jadi tidak saya printkan, dan disitu ada, sedikit panik tapi tetap berusaha mengajari kinan dan supaya mengingat bahwa huruf “Lam alif” dan “hamzah” ini letaknya adalah sebelum huruf “Yaa”. Saat itu kinan bilang iya mengerti mama. Tapi dalam hati deg-degan juga walah..kesalahan saya nggak ngenalin dalam latihan dirumah. Wis pasrah bismillah.

ghina

Ghina dapat nomer urut 16, kayaknya maju tiga-tiga gitu kedepan meja dan  panitia satu ada yang ready dengan “stop watch” nya. Dan waktunya sama panitianya ditambahin lagi satu menit,jadi 3menit sekarang. Giliran si nduk di nomer2 terakhir karena klo tak salah pesertanya kurang dari 20.  Sedikit agak punya keyakinan ghina bisa saat melihat saingannya diawal awal banyak yang nggak selesai saat waktu sudah 3 menit. Nah pas giliran ghina ini ada anak pas ustad yang sudah agak besar bongsor gitu, selidik punya selidik saat melihat anak cowok itu ternyata ikut juga lomba pidato, secara tidak sengaja pas ngobrol duduk disebalah saya saya tanya teranyata sudah kelas satu SD dan menuju ke kelas dua ini. Walah saingan si nduk lebih besar ternyata hehhee…dan alhamdulillah ternyata si nduk bisa selesai saat waktu 2 menit lebih 7 detik. Alhamdulillah selisih 10 detik dari anak pak ustad yang ada di meja sebelahnya.

kawan kawan sedang berlomba

kawan kawan sedang berlomba

Saat perlombaan menyusun hijaiyah maunya sambil photo ternyata nggak konsenterasi photo karena menyemangati kinan, ayo kak cepat kak..let's go...alhamdulilah selesai juga sebelum waktu habis.

Saat perlombaan menyusun hijaiyah maunya sambil photo ternyata burem karena nggak konsenterasi photo karena menyemangati kinan, ayo kak cepat kak..let’s go…alhamdulilah selesai juga sebelum waktu habis.

Yes finally...done!

Yes finally…done!

Penyerahan piala kemarin hanya simbolis karena penyerahan piala dan uang pembinaan beserta sertifikat sebagai hadiah akan diberikan pada acara puncak peringatan nuzulul qur’an  tanggal 2 juli 2014 atau malam 17 ramadhan di masjid yang sama.

Penyerahan hadiah tropi dan sertifikat secara simbolis kemarin;

penyerahan hadiah 1

IMG-20150628-WA0006-1

IMG-20150628-WA0005

IMG-20150628-WA0002

Pemenang lomba Pidato tingkat SD

IMG-20150628-WA0003

Berphoto dengan kayla pemenang lomba busana muslim (kawan sekelas di TK)

Alhamdulillah, Proud of you nduk..mama bangga, apapun pencapainmu, tetap juara dihati mama dan ayah serta adek. Mama hanya ingin kakak mengerti bahwa kelak kehidupan yang dirimu hadapi ya seperti itu, penuh perjuangan, untuk mendapatkan sesuatu misalnya seperti kemenangan kemarin bukan dengan cara yang mudah dan gampang tapi perlu belajar, kerja keras, usaha dan berlatih.  Tetap semangat yah kak, mama ayah serta adek sayang kakak.

Referensi download huruf hijaiyah:

http://lumalumi.com/download-flash-card-huruf-hijaiyah-untuk-belajar-huruf-hijaiyah/

http://ia801406.us.archive.org/7/items/bam_hijaiyah_486/flash_card_Iqra_biru.pdf

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Lomba Menyusun Huruf Hijaiyah (11 Ramadhan 1436 H)

  1. Kinan hebat! Selamat yaaa…semoga makin banyak prestasinya ke depan yaaa

  2. Lidya says:

    Selamat ya Kinan, keren nih jadi juaranya

  3. Enno - Mama Fira says:

    Alhamdulillah… Kinan kereeennn…… Pinter ya naakkk…

  4. D I J A says:

    wowow woww
    kakak Kinan puuinter rek!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s