Cerita berhikmah: “Jangan Sombong”

Jum’at Berkah.

al-isra-tentang-jangan-sombong

Again..mohon maaf yah blog…lagi lagi re-post dari status emak di FB dan ingin didokumentasikan disini.

Menuliskan kembali dari cerita seorang ayah kepada anaknya. Berawal dari curhat sang anak yang mengungkapkan bahwa ada seorang kawannya anak yang sedikit sedikit mengungkapkan bagaimana kekayaan keluarganya dan begitu merendahkan kawan yang lainnya dengan kata kata ..”Ih kamu orang miskin” . Kemudian sang ayah memberikan nasehat kepada anaknya dengan memberikan sebuah cerita tentang bagaimana setan dikeluarkan dari surga.

Ingat nak tidak ada yang bisa dibanggakan dari apa yang kita miliki didunia ini. Jangan sekali-kali engkau berperilaku atau berkata dengan penuh kesombongan, entah itu sombong karena kamu punya ini dan itu, sombong karena kamu bisa ini dan itu, sombong karena kamu lebih bisa atau lebih pintar dari kawanmu yang lainnya dalam hal ini dan itu, sombong karena keadaan fisikmu yang lebih dari pada yang lainnya, sombong karena kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan, sombong karena kamu sudah mengaji al qur’an sampai juz sekian, sombong karena kamu beribadah rajin, dan berbagai macam macam sombong yang lainnya bahkan yang belum terungkap dan hanya ada didalam hati dan pikiranmu. Buang jauh jauh semua kesombongan itu nak karena semua adalah milik Allah. Semua hanya titipan yang diberikan kepada kita sebagai sebuah ujian.

Ingat cerita Setan yang karena kesombongannya dikeluarkan dari surga. Saat Allah menciptakan manusia pertama yaitu Nabi Adam dari tanah , Allah meminta para malaikat dan setan untuk bersujud kepada nabi Adam, namun hanya malaikat yang mentaati perinta Allah, sedangkan setan dengan kesombongannya tidak mentaati perintah Allah. Setan merasa dia lebih tinggi derajatnya dari Adam karena diciptakan dari Api.

Allah mengungkapkan kesombongan iblis didalam Al Qur’an QS. Al A’raf ayat 11-13

وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ (١١)قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ (١٢)قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ

11. Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada Para Malaikat: “Bersujudlah kamu kepada Adam”, Maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak Termasuk mereka yang bersujud.
12. Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah”.
13. Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, Maka keluarlah, Sesungguhnya kamu Termasuk orang-orang yang hina”.
Iblis tidak mau sujud kepada Adam, walaupun yang memerintahkan sujud itu adalah Allah. Karena ia merasa lebih baik dan lebih tinggi derajatnya daripada Adam.

Bismillah bersihkan hati nak, menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha jauh dari sifat sombong yang dilaknat Allah SWT. Semoga kita termasuk dalam golongan orang orang yang beriman dan dijauhkan dari sifat dan sikap yang sombong. *Aamiin

#jangansombong
#nasehatuntukghinaghayda
#ceritaberhikmah

Advertisements

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Cerita berhikmah: “Jangan Sombong”

  1. nyonyasepatu says:

    Ini tulisannya bagus jd mengingatkan gak boleh sombong

  2. ina wahyu says:

    ternyata seperti itu ya.
    terima kasih telah mengingatkan.

  3. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat iri, dengaki, hasut dan Sombong. Aminnn
    Artikelnya sangat memberikan manfaat. Thks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s