Hazelnut dan Kemiri

Waduh gara gara pertanyaan dari bunda hilsya dan mamanya satria soal kemiri yang saya tulis disini kemarin,bahwa apakah benar kemiri=hazelnut???? akhirnya tergelitik untuk googling soal ini karena asli nulisnya tergesa banget disela ngisi waktu nungguin ayah kinan, saya dapat hazelnut=kemiri saat googling, lalu saya menuliskan bahwa orang bule menyebut kemiri hazelnut, *saya ingin meralat tentang tulisan saya sebelumnya, antara hazelnut, adalah sama, tapi berbeda..maksudnya???!!!….

Hmmm makanya mak..kalo nulis harus jelas, detailnya supaya tidak menimbulkan pertanyaan, supaya tidak menyesatkan dan bikin hoax 🙂 diinternet, kalo salah bisa berabe nanti kalo misalnya dianggap sama berarti bikin soto ayam yang pake kemiri atau sayur asem betawi yang pake kemiri kalo nggak punya kemiri dan adanya kacang hazelnut berarti bisa diganti itu dong hehehe..makanya postingan ini ingin memperjelas postingan sebelumnya. Kalo nyari di google translation “kemiri” bahasa inggris yang ditampilkan adalah “Hazelnut” tapi bukan berarti hazelnut adalah benda yang sama persis. Dari hasil googling untuk mencari kebenaran kemiri dan hazelnut ini akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa bahasa kebanyakan di kamus online seperti misalnya google translation atau sederet.com Hazelnut= kemiri, atau kalo searchingnya dari Kemiri kedalam bahasa inggris makan akan didapati Kemiri = Hazelnut (di google translation) sedangkan di sederet.com lebih banyak hasil terjemahannya, Kemiri = Hazenut, pecans, candlenut.

Nah dari sinilah akhirnya saya mengembangkan penemuan dan pencarian…..*mak mak serius amat macam detektif kasus besar aja mengembangkan penemuan dan pencarian..eh ternyata di luar sono Kemiri yang biasa digukanan untuk bumbu untuk masakan masakan di asia, terutama indonesia, malaysia dan serumpunnya biasa disebut dengan “candlenut” walah..betapa ini pengetahuan baru buat saya…*maafken yah kawans..soalnya soal perbumbuan ini saya asli lagi belajar….hehehe jadi harap maklum..at least saya berusaha memperbaiki tulisan dan memberikan gambaran dengan fakta dan bukti *walaupun itu juga hasil googling…bahwa HAZELNUT tidak sama dengan KEMIRI. (menurut sederet.com Hazelnut = sejenis buah kemiri) jadi bukan kemiri yah..”Sejenis”..waduh dipertegas lagi yah mak..takut diprotes soalnya hehehhe…*maklum bukan ahli masak memasak dan perdapuran, kemarin nulis juga tergesa kurang investigasi..hehehe..*ngeless nieh judulnya..:)

Kalo kawans mau tahu lebih lanjut tentang Kemiri, check disini, luengkaapp..disitu..dan jelas ada nama latin dan juta bahasa inggrisnya disebut dengan Candlenut.

Berkat tulisan kemiri yang menimbulkan banyak pertanyaan, akhirnya saya googling lebih lanjut tentang hazelnut dan kemiri, dan ternyata masyallah begitu banyak manfaat dari hazelnut dan kemiri. Btw thanks banget bunda hilsya dan mama satria….dari googling ane jadi tahu betapa besar khasiat kemiri dan Hazelnut.

Kandungan Gizi Hazelnut sumber dari sini

KANDUNGAN GIZI HAZELNUT

Penampakan pohon Hazelnut, sumber dari sini

hazelnut tree

Hazelnut tree, sumber dari sini

Serunya ….ada perpustakaan online terbesar di dunia..yaitu internet dan search engine di internet…tinggal tulis, ketik keyword muncul deh berbagai macam informasi yang kita inginkan..:). Seperti juga informasi yang saya dapat disini tertulis seperti dibawah ini;

Ternyata Asam Lemak Hazelnut Mirip ASI

Dyah Oktabriawatie Waluyani – detikFood

 

Ternyata Asam Lemak Hazelnut Mirip ASI Foto: thinkstock Jakarta – Hazelnut merupakan jenis kacang-kacangan yang tergolong dalam spesies Filbert. Kulitnya berserat halus dan kacang bentuk bulat. Bijinya yang biasa dipanggang atau digiling ini punya banyak manfaat. Kandungan asam lemaknya mirip kandungan lemak pada ASI.

Tanaman ini banyak tumbuh di Turki, Italia, Yunani, Spanyol, Inggris, Amerika khususnya di Washington. Saat ini produsen terbesar penghasil hazelnut di dunia adalah negara Turki. Sering digunakan untuk membuat praline atau untuk campuran truffle cokelat dan sirop.

Banyak mengandung protein dan asam lemak tak jenuh. Selain itu juga mengandung zat thiamin dan vitamin B. Kandungan minyak pada hazelnut punya aroma yang khas. Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa asam lemak dari hazelnut dapat membuat kandungan nutrisi pada susu formula jadi lebih lengkap.

Sebuah studi baru yang telah dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, menunjukkan bahwa lemak dari minyak hazelnut mengandung asam lemak tertentu yang menyehatkan. Jumlah molekulnya yang ditemukan sama seperti kandungan lemak yang ada pada ASI (Air Susu Ibu).

“Asam lemak pada ASI adalah standar nutrisi yang menjadi patokan komposisi lemak pada susu fromula, dan merupakan struktur unik ASI. Lemak ini akan meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penyerapan kalsium.” ungkap Casimir Akoh, seorang profesor riset ilmu makanan dan teknologi di College of Agricultural and Environmental Sciences.

Asam lemak tersebut juga penting untuk perkembangan otak dan organ lain pada bayi. Minyak hazelnut adalah nutrisi baru yang struktur molekulnya mirip ASI. Minyak ini juga bisa direkomendasikan sebagai sumber makanan yang baik untuk bayi.

Namun beberapa penelitian masih menunjukkan bahwa ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi. Temuan penelitian ini sebagai pilihan kedua para ibu yang menunjukkan bahwa sumber asam lemak pada hazelnut juga bisa diberikan pada bayinya. (sumber detikfood click disini)

huff..akhirnya terbayar nieh utang mereview tentang kemirinya….yang sedikit keselip tulisan kemarin disini, jadi kesimpulannya Hazelnut dan candlenut alias kemiri adalah berbeda…:)

About mama-nya Kinan

Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah
This entry was posted in Gado-gado. Bookmark the permalink.

32 Responses to Hazelnut dan Kemiri

  1. ririe says:

    Akhirnya saya tahu kalau kemiri dan hazlenut itu beda…jdi kalau kemiri lebih dominan untuk bumbu masak dan hazlenut utk dibikin coklat…#pikirane langsung terbayang lezatnya sebatang silver queen #EH

  2. Desi says:

    candlenut = kemiri.. Oo jadi itu toh… dulu waktu liat resep masakan punya orang2 bule, nyebutin pake candlenut. Aku udah males aja mau praktekin tuh resep. Aku pikir candlenut cuma ada di luar negri aja. Ga taunya kemiri toh 😀

    Tfs ya mom..:)

  3. Hazelnut kan sejenis kacang, Mak, sementara kemiri kan yang dipake buat nyemur itu bukan ?
    Rasanya kan juga beda, mak. Kalo hazelnut gurih, kalo kemiri rempah-rempah gitu.

    • hehehe iya kayaknya bener mbak indah, kemiri yang buat semur atau sayur asem itu…heuehueeheu asli ini ngereview sambil belajar..soalnya takut masak salah bumbu…*amatir masalah perdapuran…
      hmmm iyo kemarin tuh aku pikir sejenis…wealah ternyata berbeda..untung aja aku nggak masak sayur asem pake hazelnut hehehe …:)

    • Qioz Ganteng says:

      itu permasalahanya.
      hazelnut adalah kacang pohon, dan kemirri juga kacang pohon.
      seperti jahe adalah akar rimpang, begitu juga kunyit, laos dll.
      tpi mereka beda khasiatnya ya kaaaaaaan?

  4. rina says:

    makasih elmunya mam…. baru tauk klo kandungannya mirip asi….

  5. dey says:

    kalau soal rasa, lebih enak hazelnut ya .. tapi kalau buat semur, tetep enak kemiri .. hehehe

    • hehehe bener mbak dey…..kalo buat sayur asem mantep kemiri..hehehe..*adakah sayur asem bumbu hazelnut..sayang aja di uleg lembut gitu..mending langsung dikunyah..:D

  6. Elisete says:

    your article contains some worthy information which i guess will help lot of people.http://www.busquemail.com.br

  7. Applausr says:

    baguslah salah yang bisa jadi satu artikel lagi… maksudnya cuma salah ketik doang ya mba…. saya maklumilah.. walaupun gara gara hazelnut semur bisa jadi aneh rasanya… hehehehe salam…

  8. kacang2an setau sy emang bagus buat ASI 🙂

  9. mama hilsya says:

    kayaknya aku juga salah tulis, mam..
    yg aku makanin itu chesnut, qiqiqi

  10. berbeda tapi sepertinya serumpun kali yaaa

  11. Lha, aku baru tau kalo kemiri tuh terjemahan bahasa inggrisnya bisa jadi hazelnut. Kan bentuk dan rasanya beda banget tuh 😀

    Tapi aku juga baru tau di sini kalo terjemahan yang tepat untuk kemiri adalah candlenut. Thanks for sharing ya mama Kinan 🙂

  12. tina says:

    Thanks banget… sangat membantu 🙂

  13. Tzucy Al Akbar says:

    Wah kalau lihat gambar hazelnut, sangat mirip dengan buah khas yang tumbuh di daerah saya, Kendari-Sulawesi Tenggara. Di Kendari dikenal dengan nama “buah eha”, rasanya enak dan cara olahnya dengan cara disangrai. Sayangnya saya juga belum pernah melihat pohonnya, karena buah ini sangat jarang ditemukan karena tumbuhnya di hutan. Dan memang rasanya sangat beda dengan kemiri. Kalau memang hazelnut itu adalah buah eha, waah bangga juga nih jadi orang kendari yang memiliki buah lezat dan kaya manfaat 😉

    • wah coba kita googling bentuk pohon eha saya juga ikutan penasaran 🙂

    • Hemm.. buah ‘Eha’ ya.. mirip nama emak-emak di kampung saya yang suka jualan lotek/pecel dan karedok 😀

      Btw, makasih infonya, asli kaget, bingung, campur kurang yakin pas lihat terjemahan google hazelnut = kemiri. Googling lagi akhirnya nemu tulisan mama-nya Kinan ini. Makasih Bunda, dan salam kenal. Maaf ‘nge-bump’ postingan jadul 🙂

  14. rosida says:

    hazelnut itu termasuk dalam species kacang-kacangan. bentuk buahnya berbeda dengan kemiri. hazelnut lebih mirip kelapa. hazelnut biasanya digunakan untuk campuran coklat. tapi di panggang juga enak. sayang, di Indonesia tidak ada hazelnut.

  15. rosida says:

    saya punya teman di Turki yang punya perkebunan hazelnut.

  16. anesahanya says:

    Kalau dimakan langsung kemiri gak enak tapi hazelnut enak….aku juga bingung dimana cari kemiri di negri orang susah banget yg ada hazelnut.

  17. Abe says:

    Di luar negeri kemiri bisa diganti dengan kacang macadamia, karena struktur dan rasanya sama..

  18. aday says:

    Iya tuh jadi sempet keracunan kemiri deh sampe muntah-muntah…gara gara anggap kemiri sama ama pecan dan hazelnut…heehe

  19. mikalaaromatica says:

    Wah makasih infonya bunda.
    Sepintas saya kira sama antar hazelnut dan kemiri. Kebetulan saya baru akan jual hazelnut roasted dari turki.
    Saya sedang cari-cari info juga.
    Kacang hazelnut rasanya agak mirip kemiri hehe

  20. Simon THS says:

    Huzelnut itu memang kemiri. Kalo di indonesia kemiri Kita besar besar, di negara tetangga Kita kecil kecil. Tekstur sama kalo dikupas dikeringkan bisa seperti lilin.
    Jadi jangan bingung masalah itu. Masalah kandungan Nutrition Fact tergantung dari dimana buah itu tumbuh.

  21. Ida says:

    Aaa terimakasih kekepoan ku terjawab makk 😍😍

Leave a comment