“Ma, Beliin adek Sayap Ya!”

Kinan : “Ma, Besuk beliin adek Sayap ya, Adek pingin bisa telbang”

Itu pernyataan kinan beberapa waktu lalu yang membuat saya tertawa spontan, dan semalam tiba tiba kata kata itu diulanginya lagi kepada saya,  ketika saya tanya, kenapa adik kok pingin sayap dan  terbang, jawabnya ” Pingin kayak burung dan seperti Izy *Izy= tokoh gadis bajak laut pemberani kawan jake yang bisa terbang” * waduhhhhhhhhhh inilah dampak dari nonton film kartun “Jake In The Naverland Pirates” di Disney Junior…hmm, harus segera dan berencana untuk mengisi hari hari kinan dengan hal hal yang lebih positif, daripada akhirnya bener bener addict dengan “televisi” dan tayangannya.

Masanya “Barney Addict” dah lewat kayaknya, udah jarang sekali minta diputerin barney lewat cd. Sekarang sukanya nonton tayangan kartun dari Disney  junior channel.  Dulu sebelumnya Baby TV terus beralih ke channel kartun disney junior. Yang lain kinan nggak bakalan mau.

Berawal dari bulan oktober, ketika budget untuk diapers kinan dah nggak ada lagi,  ayahnya purpose untuk langganan TV satelit. Awalnya seperti biasa saya menolak usulan ayah kinan ini.  Dulu dari awal menikah dan pindah kesini pun ayah kinan dah pingin banget langganan TV kabel atau TV satelit. Waktu itu masih bisa saya tolak dengan alasan sudah ada channel banyak, TV indonesia plus TV singapore dan Malaysia  yang jumlahnya sekitar 25 an chanel. Dan lagi kita berdua bekerja, rasanya  pasti akan banyak mubazir karena pulang kerja kita dah capek jarang nonton TV, kalo mau nonton film bisa sewa dvd aja, begitu kira kira argumentku waktu itu.  Pas sudah ada kinan, kemudian ada UTi-nya yang tentunya lebih suka TV indonesia akhirnya saya mulai goyah, karena kasihan Uti kalo nggak bisa nonton TV indonesia *karena siaran tv indonesia disini diterima buram buram tak sampai..dan banyak semutnya euy…hanya beberapa saja yang terlihat dengan jelas, channel singapore dan malaysia malah terlihat dengan jelas. Terlebih concernnya ayah kinan ada selebaran promo yang saat itu dibagikan kerumah. Dengan harga yang murah meriah dengan paket yang lumayan. Ada Baby TV dan Disney Junior yang bisa jadi sarana hiburan untuk kinan. Itu awalnya concern ayah kinan.  Akhirnya mau tak mau saya Approve juga rencana itu. Yo wis lah anggap aja pengalihan budget dari diapers kinan yang dah nggak lagi masuk anggaran. 

Pada awalnya, masih tidak terlalu khawatir dengan dampak Televisi ini untuk kinan. Tapi semakin kesini kok waduh ternyata berdampak juga, walaupun tidak murni dia hanya nonton terus didepan Tv, duduk manis lihat TV terus gitu,enggak, pada kenyataannya TV harus tetap nyala pada channel disney junior tapi kinannya sambil main main kemana mana, sambil main sepeda, main ini main itu, tapi tetap aja judulnya TVnya masih nyala, Hapal banget ini itu theme song kartun kartun yang dilihatnya. Hmm..jadi was was…sampai bulan april lalu sempat ikutan juga kuis di tempat mama ZK yang ada disini,  ikutan kuis sekaligus bercerita keluh kesah saya tentang kegiatan kinan nonton TV ini. Ini kurang lebih tulisan saya untuk kuis waktu lalu.

Aku pilih Artikel yang judulnya “Help! Anakku kecanduan TV” yang ada dikatagori Parent => Toddler.

Kenapa memilih artikel itu yang paling menarik?

Soalnya sedang hangat hangatnya ini jadi isu dan topik hangat antara saya dan Ayah kinan dirumah.Sejak kami berlangganan TV channel dibawah bendera Ind*v*s*n, kurang lebih 6 bulan yang lalu kinan kami kenalkan dengan channel Baby Tv dan Disney Junior, sebuah channel khusus untuk anak anak yang menyajikan tayangan tayangan yang menurut saya edukatif dan sesuai dengan usia kinan. Channel yang lain saya tidak kenalkan sama kinan. Hanya dua channel itu yang diputar untuk kinan dan kita lock untuk remotenya biar dia tidak bisa memindahkan channel yang lain. Awalnya saya pikir untuk sementara semua kartun di 2 channel itu yang saya lihat masih sedikit aman, sesuai dengan usia kinan..untuk channel Cartoon Network syukurnya saya blom kenalkan yang saya amati lebih cenderung banyak untuk usia diatas kinan tema kartunnya dan takutnya karena menurut saya banyak memicu sifat agresif pada anak misal kartun tom and jerry, dan beberapa lainnya. Untuk CD edukatif lainnya yang kinan miliki sudah mulai ditinggalkannya, tampak sudah bosan dan jarang sekali minta di putarkan CD CD edukatif yang lainnya. Maunya nonton program atau kartun di dua channel tersebut.

Yang jadi masalah sekarang nampaknya kinan mulai suka banget dengan film-film kartun yang ada di Disney Junior, dia hapal banget dari mulai jam tayangnya, habis film ini filmnya apa, kemudian hapal soundtrack theme filmnya, hapal tokoh tokohnya,ikutan menari dan menyanyi mengikutinya..dan banyak hal yang awalnya membuat saya senang dan tidak terlalu khawatir dengan dampak buruknya. Nah sampai pada saat ini, dimana dia sudah mulai tampak sedikit jadi kecanduan atau “addict”, saya mulai khawatir. Yang Paling nyata aja adalah saat ini dimana sedang anget hal ini terjadi dirumah, my kinan…32 bulan, seru serunya nonton TV kartun dari channel Disney Junior..wedeh..kalo dah nonton dipanggil atau ditanya jangankan menjawab menoleh aja susah harus didekatin terus disentuh dan dikasih tahu, diajak ngobrol ini itu, akhirnya mau jawab…… walaupun begitu tetap saja saya khawatir, jangan sampai jadi kecanduan yang dalam arti sebenar benarnya..jadi takut “addict” banget dengan tayangan kartun……dampak negatifnya yang sudah sedikit tampak mulai ada sih, jadi males keluar rumah untuk sosialisasi atau bermain dengan kawan kawannya, pas diajak keluar jalan jalanpun kalo nggak menyenangkan atau membosankan dia akan segera bilang..”Ma, Ayo cepat pulang, adek mau nonton Jake bajak laut di TV “ (*tayangan film kartun Jake Neverland Pirates.).

Duh..deg, saya mulai was was…harus harus segera diantisipasi dan mulai merubah kebiasaan ini, atau paling tidak meminimalisir kegiatan nonton kartun ini dan dialihkan dengan kegiatan yang lebih edukatif. Nah pas banget, saat di info-kan Mama ZK kuis dan soal blog sharingnya Bunda Carrefour, saya tertarik banget dan suka dengan tulisan yang pas topiknya terjadi saat ini dirumah kami. Senang banget dengan tips dan triknya supaya anak tidak kecanduan TV. Semoga saya bisa menerapkan tips yang ada diartikel tersebut dirumah, supaya sejak dini bisa dihindarkan dengan kecanduan nonton TV, atau paling tidak kita batasi dan juga kita dampingi saat menontonnya agar nilai nilai positif dari tayangan kartun itu bisa kita tanamkan kepada anak, misalnya nilai tolong menolong, pelajaran yang bisa dipetik, misal tentang berhitung, alphabet, istilahnya sambil menyelam minum air, sambil nonton tayangan kartun yang edukatif kita mendampingi anak kita untuk belajar dan mengembangkan imajinasi.

Kemudian pinter pinter memilih tayangan yang bagus untuk ditonton dan mana yang tidak patut ditonton misalnya kekerasan, karena bisa memicu sifat agresif dan juga tindakan kasar dan kekerasan. *hmm amit amit naudzubillah jangan sampai yah…Jadi conclusionnya thank sharingnya bunda carrefour untuk tips dan trik bagaimana mengurangi dan menghindari kecanduan kartun pada usia balita ini. Bermanfaat banget dan dampak lainnya saya jadi pingin segera memasukkan kinan keplaygroup, dan semoga bisa terealisasi bulan depan,setidaknya bagus untuk sosialisasi dan juga mengurangi jadwal nonton TVnya ketika kami (Ayah dan mamany) ini sedang bekerja.

Thanks Mama ZK, gara gara Kuis-nya jadi ngubek ubek artikel di Bunda carefour dan Menemukan pencerahan untuk problem saya dirumah dengan kinan.

TV Kotak hitam yang banyak menyihir dan membuat kita terlena, semoga sebagai orangtua saya dan Ayah kinan bisa lebih “Wise” memanfaatkannya untuk media atau sarana belajar untuk kinan putri kami.

Update saat ini, saya berusaha mendisiplinkan kinan dengan tontonan televisi ini.  Tips yang saya peroleh dari browsing di blognya bunda carrefour ini, saat  ikutan kuis ditempat mama ZK yang ada disini, saya coba applikasikan. Saya ajak komunikasi Uti-nya yang dirumah dan alhamdulilah memang Utinya sependapat dengan saya, Uti tidak terlalu suka kinan kebanyakan kartun. Memang dari segi kosakata dan imajinasi kinan berkembang, terlihat dari komunikasi yang dilakukan dengan saya, kadang sering berucap kata kata yang membuat kita tertawa dan terbelalak gara gara  begitu hapalnya dengan tokoh tokoh dalam film kartun itu, misalnya saat iseng saya tanya pas hari sabtu pagi saat ada tayangan kartun “In the Haive” di disney junior, “dek  lebah yang itu siapa namanya?” dengan spontan kinan langsung menjawab “itu Buz bee, mama!” Deg…kaget saya…padahal kelihatannya dia nggak begitu suka dan sambil lalu nontonnya kok ternyata hapal, atau kadang kadang kinan mengadopsi atau menirukan kata kata yang ada di film kartun di disney junior misal “wow, sungguh indah sekali pemandangannya” atau kinan sering berucap ” Mama, ini kejutan untukmu”, atau salah satunya kinan  minta dibelikan sayap agar dia bisa seperti burung atau Izy tokoh kartun yang punya debu ajaib untuk bisa terbang seperti perembul di tulisan ini, ..*kalo sayap sayapan mama bisa belikan nduk..tapi kalo sayap beneran walah..mana ada…:D, ada juga  beberapa hal positif lainnya dari tayangan kartun di disney junior seperti belajar berhitung, alphabet, geometri, dan masih banyak lainnya, hmm tapi tetap takut juga  dengan dampak negatifnya bila sampai jadi kegemaran yang sangat dan akhirnya kecanduan alias “addict”.  Rasanya sayang pada masa golden Age atau masa balitanya ini dimana memori atau daya ingatnya yang masih kuat dan fresh seperti ini banyak  di isi oleh hal hal yang sifatnya tidak terlalu edukatif. Hmm….maafkan mama nduk..mama kadang terlupa….

Hmm..kecemasan saya mungkin terlalu lebay, karena diluar sana mungkin ada juga yang lebih dari kinan addictnya,  tapi sebagai ibu dan juga kebetulan bekerja meninggalkan kinan kira kira 10 jam dalam sehari, serta tahu banget dampak negatif dari televisi ini rasanya hal ini menjadi wajar. Semoga saya  bisa lebih bijaksana menyikapi  hal ini dan juga berharap bahwa kedepannya lebih bisa menyibukkan kinan dengan hal hal yang lebih bermanfaat walaupun masih dalam kerangka bermain. Bagaimana dengan wacana sekolah ke playgroup atau PAUD?? Bismillah semoga dimudahkan dalam mengambil keputusan…

Film film kartun yang  jadi kesukaan kinan.

Dulu awalnya juga suka nonton film kartun di MNC TV yang sore hari itu, Ada Bernard bear, kemudian Shaun and the Sheep, lalu beralih ke episode Barney dan kancil dari CD yang suka saya belikan. Kemudian  tayangan yang ada di Baby TV, dan beralih sekarang ke channel Disney Junior.

Barney

Bernad Bear

Shaun and The sheep shaun and the sheep

Film kartun pendek yang ada di Baby TV Baby TV Channel

Kartun dari Disney Junior  hampir semua di sukai sama kinan, mulai dari  Timy Time, Pororo, Jungle Junction, Angelina Balerina, In the Haive, Animal Mechanical, Handy many, Jake in the Naverland pirates, Rob the Robot, Little Einstein,Mickey Mouse Club House, Higglytown Heroes, Special Agent OSO dan lain sebagainya. pororo

 Jake and the Naverland Pirates

mickey mouse club house

 Jungle Junction

 Little einstein

 
Special Agent Oso

 Rob the Robot

 

ANIMAL MECHANICALS

ANIMAL MECHANICALS

in the haive

in the haive

 

Angelina Ballerina

Angelina Ballerina

 

HandyManny

HandyManny

Kadang kalo hari minggu suka saya alihkan dengan Doraemon dari RCTI dan ternyata tetap saja suka, dan memilih nonton itu daripada diajak jalan jalan untuk sarapan bubur, perlu kerja keras untuk membujuknya untuk akhirnya beranjak dan mau jalan jalan dihari Minggu. doraemon

Saya pinginnya kinan juga suka si unyil dan tokoh tokohnya, tapi kok sekarang nggak ada yah, adanya cuman laptop si unyil itu..itupun kinan juga nggak begitu suka. Hmmm gimana yah buk ibuk….yang punya anak kecil kayak saya gini..wajarkah, kebiasaan nonton seperti kinan ini?? bukan mencari pembenaran, tapi asli saya worried juga…ini takutnya kayak emaknya dulu yang  kecanduan meteor garden, terus telenovela, terus  teledrama korea korea *catet..jaman dulu lho ya..bukan sekarang..sekarang emaknya ini dah insyaf…enggak mau yang bersambung sambung atau sinetron….jadi ingat pas hamilnya kinan ada cinta fitri, betapa saya nunggu jam sembilan nungguin cinta fitri, dan betapa ayahnya kinan marah karena saya jadi kemaleman istirahat padahal besuknya kerja…heueheuehue… Semoga kinan nggak nyandu, semoga dengan berjalannya waktu bisa di maintain dan saya lebih bisa mengontrol dan juga mengarahkan pada kegiatan kegiatan yang sifatnya edukatif.Tulung sharingnya yah bu ibu…dan para super moms…..
 

 

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to “Ma, Beliin adek Sayap Ya!”

  1. Zipora Maria says:

    Hihihi lucune Mbak Kinan, emang ada toko jualan sayap?? yg ada sayap ayam hehehe…
    Emang terkadang bikin worry ya tayangan tipi sekarang, apalagi porsi buat anak gk seperti dulu, lihat aja lagu anak aja gk ada…gk seperti jaman kita kecil dulu ya mom. Yang penting didampingin aja mom, sambil pelan-pelan kasih pengertian. Salam buat Kak Kinan yang makin pinter ya…🙂

  2. mama hilsya says:

    aku juga lagi sulit menghadapi anak keranjingan nonton tipi..apalagi pas jauh gini.. ga ada polisi galak..pasti anteng nyaman setiap hari…

    tapi ada masa-masa dimana mereka enggan nonton tipi kok, mam… diajak aktivitas di luar rumah. main sepeda, renang, ke mall *eh*

  3. anak saya sekalrang lagi suka sekali sama barney… ketakutan itu ada saja… mengenai tv addict..
    memang harus di selingi dengan aktifitas fisik sebanyak mungkin.. biar tidak biasa nonton tv terus.. bisa bikin gemuk terus nih…

  4. Raja juga suka banget nonton, tapi sejauh ini gak pernah ketagihan, karena masih berimbang banget dengan aktivitas lainnya, kayak main kereta, baca buku, maen bola, dan sekarang lagi punya hobi baru: maen sepeda roda empat😀

    Yang pasti, aturan yang saya terapkan di rumah adalah sebelum bobo itu waktunya untuk baca buku bukan untuk nonton, makanya Raja maksimal nontonnya sampe jam 8 malam aja🙂

  5. BunDit says:

    Dita juga suka nonton mam, tapi sampai sekarang menurut saya belum sampai taraf addict. Waktu rumah di renov, saya stop langganan first media, dan Dita gak protes, biasa aja. Sampai sekarang belum langganan lagi nih hehehe. Jadi sekarang nontonnya ya film kartun di tv aja, kalau udah malem kan sudah gak ada, ya dia main yang lain. Spt mam Allisa, ternyata kebiasaan yg sitanamkan semenjak kecil yaitu baca buku sebelum tidur itu berguna banget. Pas saya pulang malem dan kecapekan pun pernah saya bilang, baca bukunya besok aja ya, eh dita tetap maksa minta dibacain buku hehehe

    • wah thanks sharingnya bunda dita, hmm..benernya juga pas nonton tv gitu nggak murni nonton duduk gitu sih kinan, kemana mana, kayak semalam karena tidurnya kesorean abis magrib bangun akhirnya malam tidurnya malam sekali, dia main mainan….mewarnai, pura pura baca buku cerita..ini itu…nggak melulu nonton tv sih..tapi tv harus nyala…dan di channel disney..atau setel cd barney…hmm thanks advicenya bunda dita..:)

  6. naniknara says:

    Ada untungnya juga ya saya nggak langganan TV kabel🙂 Acara TV banyak yang tidak menarik (menurut anak-anak saya) jadi lebih suka lihat DVD animasi pelajaran mengenal angka dan huruf. Trus suka juga lihat DVD yang berhubungan dengan dunia binatang. Kalau nonton TV, kami biasakan lihat acara berita aja. Kalau mau tidur, dan TV menyala, biasanya anak2 langsung minta TV nya dimatikan sebelum ngajak masuk kamar.

  7. Ely Meyer says:

    pasti seneng tuh anak anak lihat film film yg ada di postingan ini, aku jadi pengen nonton juga
    btw, memang nggak mudah ya jadi ortu di jaman spt ini di mana acar TV dan TV channel bgt menjamur

  8. Elsa says:

    Hehehhee…. TV berbayar di rumah juga dikuasai Dija Mbak…
    sama, suka nonton Baby TV, Cbeebies, Disney Junior dan sejenisnya

    kalo Dija udah tidur, baru deh aku bisa nonton HBO dan sejnisnya gitu gitu….

  9. Pingback: Update diusia 34 – 35 Bulan | My new world

Leave a Reply

