Punten Pecel, Prata dan Martabak

Hmmm kangen posting….dengan posting diblog, hidup emak kinan jadi berwarna…*hehehe….byuhhhhhh lebay..selain juga mengurangi tekanan stress yang akhirnya bisa membuat “esmoni dan esmosi’..mari mari kita posting..mumpung lagi break makan siang….

Entah kenapa kalo  hari senen mulai aktifitas cangkul menyangkul ini kok males banget…rasanya males mau berangkat….terus males ngadepin tumpukan dokumen yang harus segera di follow up….hueheueheuehue…

 Mau posting soal makanan aja ahh, Makanan yang sempat terdokumentasikan sebagai sarapan kami weekend yang lalu…

  1. Roti Prata , Kari Ayam dan Martabak

Hmm….di Tanjung uban, didekat pelabuhan punya KPLP…kearah Pertamina, Pojok..ada penjual roti prata dan Kari ayam yang terkenal “Mantap”…jualannya kayaknya hanya pagi hari aja, selalu ramai dengan pengunjung yang jadi satu dengan kopi tiam kedainya. Hmm selalu saja ngantri kalo beli disitu apalagi kalo pas lebaran. Hmm penjualnya kayaknya keturunan asli India gitu….”plak plok plak plok..” dengan sigap membuat roti prata…rasanya mantap enak, emak kinan suka??? Inilah kali pertama kenal dengan roti prata…eh di middle east dulu kayaknya pernah makan ding…jenis roti kayak gini cuman nggak  sama karinya….aslinya emak kinan ini apa aja hayoooooooo makannya..jadi sejak kenal dah ok dengan makanan khas india yang akhirnya menyatu jadi kesukaan melayu ini. Ayah kinan paling mau roti dan martabaknya aja..kari ayamnya?? Katanya kayak jamu, dan nggak suka, katanya dia mau tapi kalo karinya gak kayak jamu banget kayak ini seperti yang pernah dia makan waktu di training di SG beberapa waktu lalu.  Kemarin sore malah ada kawan bikin kari dan prata saat jalan jalan kepantai, katanya sih pratanya beli dari Malaysia yang udah dibekukan gitu…enak juga.Waktu pertama dikenalkan ke Uti-nya kinan dan Atung…hmmm geleng geleng juga…kayak jamu katanya…kalo atung masih mau kalo diberi irisan cabe….begitu juga kinan lebih suka rotinya thok. Disini juga dijual Martabak atau disebutnya prata isi..kalo ini semua suka..soalnya mak nyus..ada irisan cabenya ..sensasi pedas, dan sayurannya berasa, special acarnya ditambah nanas juga dimakan pas lagi anget anget gitu..….hmm ngiler jadi pingin… *dasar emak kinan makan terus yang jadi pikiran…diet diet…heuheueheue

roti prata dan kari ayam

roti prata dan kari ayam

Martabak Tanjung uban

  1. Punten Pecel

Yang ini makanan khas Jawa Timur ,terutama Tulungagung. Seperti janji saya kepada mbak ririe yang rumahnya ada disini dan memberikan komen disini tentang punten pecel dari tulungagung beberapa waktu lalu, akhirnya terposting punten pecel juga hari ini, nah minggu lalu Utinya kinan membuat Punten pecel lagi, hmmm…mantap. Belum tahu punten pecel yah??? Punten pecel sebenarnya adalah nasi gurih yang dipadatkan, kemudian dimakan dengan sambel pecel. *Btw kok namanya punten yah?? Aneh juga dengernya..belom sempat googling asal muasalnya kok bisa dikasih nama punten.

Cara membuat Punten ;

 Seperti membuat nasi gurih atau nasi uduk yah kalo bahasa betawi-nya. Bahannya dari Beras, santan kelapa, daun salam, garam.  Beras dicuci bersih, dimasak bersama dengan santan (untuk memperoleh rasa gurihnya) ditambahkan daun salam dan garam secukupnya. Kalo sudah masak di padatkan dalam cetakan,  jadinya padat kayak getuk , seperti ini kurang lebih penampakannya;

Punten pecel tulungagung

Cara makannya dengan  dipotong potong dan ditambahkan sambel kacang dan sayuran atau  yang disebut “Pecel” bahasa jawa-nya…hmmm mantep mak nyussssss….

PUNTEN PECEL

Punten Pecel Tulungagung…hmmmm favorit keluarga kami…kinan juga suka banget

Hmmm, lihatnya betapa …Lekohnya…*walah bahasanya….betapa kinan menikmati punten pecel ini sambil nonton disney junior…khusus untuk sambelnya kita siapkan yang tidak pedas pastinya…:) * walah lebay  lagi pengambarannya…hueheueue..

Kinan makan punten pecel

Hmmm punten pecel….yummy…!

Finally…selesai juga, tulisannya ..disela sela cangkul menyangkul yang jadi priority tentunya..

Happy MOnday kawans…

*Mohon maaf blom bisa maksimal BW meninggalkan koment atau membalas koment kawans kawan satu persatu, tapi yang pasti saya membaca semua komentar kawan kawan, terimakasih banyak atas komentar dan kunjungannya, semoga silahturahmi tetap terjaga lagi lagi karena kerempongan disana sini saat di tempat kerja..dan kalo dirumah komputer udah jadi milik kinan kalo ayah dan mamanya dirumah..minta game bobo-lah…minta game disney junior lah…game huruf atau Sebran lah….jadinya…jarang bisa eksis lagi heuheeuheue….!

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Gado-gado, Resep Masakan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Punten Pecel, Prata dan Martabak

  1. Lidya says:

    kalau bahasa sundanya punte tu permisi bun hehehe. pratanya enak ya

  2. hmm kyk yg enak nih resepnya,, boleh dicoba dong ^_^

  3. Applausr says:

    saya tuh suka dengan makanan seperti ini,,. makanan yang bercita rasa kaya… roti prata enak kalau pake curry yang kental… mantap

  4. Vera says:

    Hadoohhhhhh….salah mampiiirrrrr…..pagi2 Masuk blog ini, belom Sarapan pulak, sukses ngiler bin ngeceessssss……tanggung jawab…..huhuhuhuhu…

  5. Ely Meyer says:

    tanggung jawab nih mamanya Kinan, aku jadi lapeerr lihat foto foto di atas😛

    rasanya belum pernah makan punten pecel, pengen nyoba juga dgn beras yg sdh berbentuk kotak kotak itu

  6. SanG BaYAnG says:

    Wah.., jadi ingat tempo doeloe saya mah.
    Sudah berapa tahun yah lidah ni gak ngerasakan punten pecel dan gendar pecel.. #lupa:mrgreen:

  7. punten itu jd kayak lontong tp rasanya gurih kali gitu ya mbak? ^^

  8. mama hilsya says:

    ini maksudnya apa ya? *tersinggung setengah mati…hihihi*
    aku kan kangen makan enak…😦

  9. Ai M. Noor says:

    Mantaaaapppp Mama Kinan…jadi pengen nyobain…makasih ya resepnya:)

  10. Baby Dija says:

    Elsa says: Mbak.. karinya india kan bau nya menyengat banget tuh. aku udah pusing duluan sebelum makan. jadinya gak pernah kepingin nyobain prata. Tapi kalo martabak dalam negri, wuuah favorit banget.
    Mbak… aku baru tau soal punten pecel nih. sebentar lagi ada rencana ke tulungagung. rasanya harus hunting punten pecel

    Dija says: Kakak Kinan suka sayur ya? kereeen!!! Dija juga suka Kak… sawi dan wortel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s