Giveaway Azzet: Menjadi Berarti dengan Aktifitas Ngeblog

Waktunya ikutan giveaway lagi ah, saya pernah bilang pada bapak Azzet yang ada dirumah ini, bahwa saya insyallah  akan usahakan untuk meramaikan giveawaynya beliau. Jadi dalam rangka memenuhi janji sebelum tutup acara giveaway per tanggal 30 July ini, maka ijinkanlah saya menuliskan kurang lebihnya  “Blogging” dan jadi seorang” blogger” *walaupun masih blogger kacangan yah..soalnya postingnya angot angotan dan tergantung  suasana hati dan keadaan.

Kenapa Menyukai “Blogging”?

Aslinya hakekatnya manusia yang makhluk sosial ini pastilah butuh bersosialisasi dengan manusia  yang lainnya. Nah saya termasuk salah satu makluk sosial juga yang suka bersosialisasi, mungkin yang kenal saya secara langsung dan tahu saya sehari hari akan dibilang “ceriwis” banyak cerita atau “bacrit” aduh tapi kok kata kata “bacrit” ini kesannya negatif gitu..heuehuehue..karena dalam berteman saya memang cenderung yang “talk active” gitu..tapi catet yah bukan “agresive”. Saya selalu ingin menuangkan cerita cerita dari segala sesuatu dan juga peristiwa yang salah pernah lihat dan alami pada suatu saat. Oleh karena itulah, jadi awal mula alasan kenapa saya membuat blog dan mulai menulis di blog. Seperti yang pernah saya diblog ini sebelumnya bahwa ini bukan blog pertama saya, blog pertama saya dulu berbasis di Blog friendster (yang sekarang sudah dihapus).  Waktu itu saya sedang berkelana berkerja di negeri seberang, tanpa sanak saudara, merasa sendirian dan belom mempunyai kawan yang “click” untuk curhat. Akhirnya cerita cerita yang  saya alami saat berada dinegeri seberang itu  akhirnya tertuang dalam sebuah blog.Salah satunya adalah puisi yang pernah saya repost disini.

Nah itulah alasan sederhana awal mulanya saya mulai “blogging” dan kenapa menyukai Blogging.  Setelah kembali lagi ke tanah air, saya disibukkan dengan aktiftas baru saya di dunia pendidikan, saat itulah saya vakum menulis, saya sedang asyik dengan dunia pendidikan anak anak yang selama 2 tahun saya mengelola sebuah sekolah preschool dan Kindergarten dari sebuah yayasan yang membuka cabang baru di daerah Alam sutera, Serpong. Sebenarnya disitu koneksi internet 24 jam nonstop karena langganan WI-FI dari kompleks dimana saya berada. Tapi entah kenapa periode tahun 2006-2008 saya  tidak tertarik untuk menulis di blog lagi. Karena bener bener disibukkan dengan dunia baru saya “mengajar” dan juga mengelola sekolah ini dari awal, bayangkan dari murid 9 sampai akhirnya kisaran 40-an murid, sungguh perjuangan yang menurut saya perlu kerja keras. Saat itu saya hanya jadi penikmat blog, aktifitasnya hanya searching dan browsing tanpa saya  ingin membuat sebuah blog sebagai jurnal pribadi yang terpublikasi lewat internet.

Sebenarnya sayang, dan merasa ada yang hilang, dulu situs jejaring sosial selain friendster atau Facebook belum merajalela, jadi seharusnya media “blog” ini bisa bertumbuh subur dan menjadi alternatif untuk menjalin pertemanan. Walaupun hanya melalui dunia Maya atau dikenal dengan istilah “Cyber World”.

Sampai kemudian saya memutuskan untuk menikah dan harus mengikuti suami di kepulauan ini. Kemudian Bekerja dan mempunya anak, karena keterbatasan saya dikepulaun ini akhrinya banyak informasi mengenail kehamilan dan “parentinghood” saya dapatkan dari internet. Aktifitas searching dan browsing  inilah yang akhirnya membuat saya membaca banyak blog blog kawan kawan yang bagus-bagus berisi banyak”sharing” informasi  yang saya butuhkan. Terinspirasi dari blog yang saya kunjungi  itu akhirnya saya membuat blog ini, pada bulan Nopember 2009 yaitu tiga bulan setelah kelahiran putri pertama saya.

Niat awal membuat blog ini juga sederhana, pasang photo-photo kinan  di blog supaya bisa diakses pak dhe dan om nya kinan yang jauh di jawa dan di Aceh. Intinya biar bisa melihat cerita dan photo kinan. Biar Atung dijawa bisa lihat photo kinan dari hasil photo yang dicetak pak dhe kinan (kakak saya) untuk Atungnya kinan. Dan saat pulang mudik kerumah saya memang melihat photo-photo kinan terpajang di meja kaca Atung atau kakeknya kinan di Jawa dan juga didalam album. Bapak saya bilang untuk mengobati kekangenan bisa lihat langsung photonya. Nah praktis kan, saya nggak perlu kirim kirim photo lewat Pos yang memerlukan waktu dan juga tentu biaya yang lebih besar. Nah terbantu sekali dengan adanya blog ini.

meja atung yang ada photonya kinan

Meja kaca atung yang dipasang photonya kinan, saat mudik ke Jawa kemarin kinan bisa melihat photonya waktu kecil di meja itu, membuat saya terharu mendengar alasan Atungnya kinan

Dari hari kehari, kemampuan dan keterampilan “nge-blog” semakin bertambah, mulai setting, ini itu..terus ganti templete,semua dipelajari “Learning by Doing”. Dan ternyata sangat surprise ketika ada yang koment di blog dalam  hati berkata “Oo, ternyata blog narsis saya ada yang lihat dan mengomentari” senang rasanya, nambah lagi silahturahmi.

Nah dari sini akhirnya niat dan semangat ngeblog lebih bertambah lagi, ternyata indah juga menjalin silahturahmi lewat blogging. Kita jadi punya kawan baru dari berbagai daerah bahkan berbagai negara dalam satu waktu. Apa salahnya sambil kita mendokumentasikan cerita perjalanan hidup kita sekaligus kita juga menjalin silahturahmi dengan kawan kawan blogger dari berbagai daerah, dari berbagai kalangan dan juga dari berbagai usia. Tentunya tidak semua dishare yah, karena ini bisa diakses oleh siapa saja pengguna internet, tentunya kita lebih wise dalam memposting atau menuliskan sesuatu lewat blog.

Indah bukan, kita sebagai manusia yang notabene makhluk sosial bersosialiasi sambil sharing informasi banyak hal melalui blogging istilahnya sambil menyelam minum air. Saya rasa sah  sah saja niat dan motivasi saya lebih luas lagi dari aktifitas blogging ini. Bukankah dalam agama saya yang seorang muslim ini ada disebutkan ayat tentang manusia yang diciptakan allah bersuku suku bangsa untuk kemudian saling mengenal, begitu juga pikiran saya. *correct me if i am wrong  .. karena sudah menyangkut ranah agama yang mungkin pengertian dan pemahamannya berbeda. mohon maaf bukan bermaksud untuk sesuatu hal lain lain, akan tetapi lebih untuk motivasi diri saya sendiri. Begini kira kira ayat yang pernah saya baca;

QS. al Hujaarat ayat 13

QS. al Hujaarat ayat 13 (sumber click disini)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

(Al Quran surat Al Hujuraat ayat 13)

Mempunyai banyak kawan baru dari dunia maya lewat blog ini sungguh menyenangkan bisa sharing banyak hal positif dari yang tadinya kita tidak tahu menjadi tahu. Asli tak terhitung sudah pengetahuan saya dapatkan lewat aktifitas blogging ini untuk bekal saya mengasuh dan mendidik kinan. Bermula dari pengetahuan tentang ASI, pengetahuan tentang Susu formula  susu UHT, pengetahuan tentang MPASI/MPASufor, tentang dunia parenting dan banyak hal lainnya manfaat dari  sharing lewat kegiatan blogging ini.  Dan betapa membahagiakannya pada akhirnya perkenalan lewat dunia maya ini ada beberapa diantaranya yang sudah kopdar atau bertemu muka secara langsung dan menjalin silahturahim. Pertama kopdar dengan bunda hilsya yang rumahnya ada disini saat diyogya, lalu dengan ibu dini yang rumahnya disini, bertemu dikantornya, terus bertemu dipantai sakerah, dan yang terakhir kemarin saat jenguk ibu dini di rumahnya setelah lahiran putranya yang bernama Dika.

Apalagi alasan kenapa saya menyukai kegiatan “blogging” ini?, diantaranya adalah saya bisa ikutan kontes mengontes di acara give away yang diselenggarakan kawan kawan. Dan tentunya kalo sedang mujur alias lucky, saya bisa mendapatkan banyak kiriman  hadiah seperti buku buku dan barang lainnya seperti baju, makanan, tas dan lain sebagainya.  Sudah banyak posting mengenai  hasil kontes mengontes dan kiriman dari sahabat blogger disini. Yang terakhir adalah dari Pak dhe cholik, yang kontesnya bikin kangen untuk saya ikutin, saat mengikuti Jambore On the Blog, edisi special yang saya ikuti disini, saya berhasil mendapatkan sebuah buku dan sebuah baju batik keren dari beliau. “What’s perfect blogging?” indah dan menyenangkan bukan aktifitas ngeblog…..???!!!…

Ini dia penampakan hadiah dari Pak dhe cholik;

Hasil dari kontes di blog

Indahnya nge-blog dan ngontes….kalo beruntung bisa mendapatkan hadiah yang bermanfaat. Salah satu manfaat dari blogging

Bagi saya sangat menyenangkan ada perasaan bahagia dan merasakan banyak kawan dengan aktifitas ngeblog ini. Apalagi saya yang menyukai dunia tulis menulis dan karang mengarang indah ini, walaupun sifatnya amatir dan lebih bersifat untuk diary  atau jurnal pribadi. Dengan menulis banyak hal terdokumentasikan, dan saya bisa menyimpannya untuk kelak dibaca baca bersama anak saya. Saya rasa banyak nilai positif yang saya dapatkan dari aktifitas blogging ini. Tapi tentu saja tidak hanya sisi positif saya dapatkan tapi saya juga pernah dapat cibiran dengan aktifitas blogging ini, tapi hal itu tidak menyurutkan semangat saya, karena saya beranggapan bahwa masing masing pribadi mempunyai hobby dan ketertarikan yang berbeda, dan lewat aktifitas blogging ini saya mempunyai teman teman blogger yang  kertertarikan yang sama dengan saya yaitu menulis di blog.  Jangankan kawan kawan dikantor saya atau yang kenal saya, suami saya sendiripun pada awalnya suka mencibir dan godain saya dengan candaan candaannya tentang aktifitas saya ini. Namun berjalannya waktu akhirnya malah mendukung dan merasakan manfaatnya. Bahkan malah meminta saya untuk posting atau menulis sesuatu saat saya males posting.

Oneday in my life…walah bahasanya…dalam hidup ini saya saya ingin berarti untuk manusia yang lainnya walaupun itu hanya seuprit dan dan nggak ada seujung kuku, ..seperti nama saya..”SUGIHARTI” memberikan banyak makna untuk orang lain….begitu juga dengan blog ini. Saya juga ingin blog ini menjadi berarti untuk orang lain walaupun itu hanya sedikit…setidaknya  maksud dan niat  saya untuk berbagi informasi diblog ini semoga diridhoi oleh Allah swt, dan semoga tidak menjadikan banyak hal negatif atau banyak mudhorotnya, tidak jadi ajang pameran “Show up” dan caci maki, tapi menjadi ajang persahabatan, silaturahmi dan juga ajang berbagi.

Dibulan April tahun 2011 yang lalu tepatnya melalui blog ini saya juga  mengajak kawan kawan untuk berbagi dengan sesama melalui program “Love for Aisyah” yang saya tulis disini, untuk membantu anak kawan saya ditempat kerja untuk pengobatan Aisyah putri mereka yang terkena penyakit mata “RetinoBlastoma”. Terimakasih kawan kawan semua yang tidak terhingga saya haturkan…yang telah membantu dan menyumbangkan banyak hal baik materi, immateri, doa dan sebagainya untuk upaya kesembuhan Aisyah tahun lalu. Namun rupanya Tuhan lebih sayang dengan nanda Aisyah, kurang lebih satu bulan berikutnya nanda aisyah dipanggil yang Maha kuasa tulisannya bisa dibaca disini.  Dan betapa akhirnya Abi dan Ummi nanda aisyah beberapa bulan lalu pamitan kerumah, mengabarkan untuk pulang kampung untuk dekat dengan makam nanda aisyah di Klaten.

Saya ingin blog ini berarti untuk orang lain…itulah salah satu alasan juga kenapa saya menyukai “blogging”, walaupun itu hanya seiprit “sesuatu” bisa dishare dan dibagi untuk kawan semua.

Beraktifitas Menulis sesuatu di Blog dan mempostingnya untuk bisa disimpan menjadi dokumentasi keluarga kecil kami dengan segala aktifitasnya dan juga keluh kesah serta curhatan  saya lewat tulisan disini adalah sesuatu yang membahagiakan dan membuat saya belajar banyak hal. Semoga semakin hari saya pribadi dan juga keluarga kami lebih baik dalam segala hal dan makin berilmu. Dengan blogging salah satunya saya mendapatkan banyak ilmu.

**********************************************************************************

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.

Note: Sejatinya tulisan ini sudah ada didraft dan tidak selesai selesai karena kerempongan sana sini untuk kontes ditempat bapak Azzet,  baru kemarin mau menyelesaikannya karena dalam pikiran saya kontes ini terakhir akhir july, nah betapa terkejut dan setengah ketawa ketika saya mau menautkan link yang terlihat di pengumuman telah ditutup hehehe…jam 15.00 PM kemarin..hehehe langsung, memberi koment disitu ke pak azzet, dan saya janji akan tetap mempostingnya sebagai ungkapan dan hadiah untuk “milad” blog pak Azzet yang ke dua, semoga semakin eksis dan menebar kebaikan dengan tulisan tulisan bertema rohani, bener bener membuka mata  hati dan menambah pengetahuan saya sebagai umat muslim yang masih cetek ilmunya. Thanks pak azzet telah mau berbagi melalui tulisan tulisan berilmunya..:)

Salam saya dari Bintan, Selamat berpuasa mohon maaf lahir dan batin🙂

About mama-nya Kinan

Ghina Artya Kinanthi, Anak perempuan pertamaku. Semoga kami bisa menjadi keluarga Yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah, bisa membimbing dan m
This entry was posted in Cerita Mama, Gado-gado, QUIS and Contest and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Giveaway Azzet: Menjadi Berarti dengan Aktifitas Ngeblog

  1. Applausr says:

    wah hebat sejarah bloggingnya tertulis dengan jelas….. mantap sekali nih…. mulainya dari friendster wong saya aja tidak sempat berkenalan dengan itu… hiks… langsung facebook… hehehehe… semoga ngeblognya makin sering dan berguna buat yang lain yang membacanya ya…

  2. Dengan demikian, ngeblog itu betapa bermanfaat dan berarti ya mama-nya Kinan. Saya telah membaca artikel di atas sekaligus mendata untuk masuk dalam kategori tambahan bagi artikel yang sudah dibuat, namun telah memposting. Makasih banyak atas perhatiannya ya, Bund. Semoga sukses selalu.

  3. Ngeblog tuh memang manfaatnya banyak sekali ya jeng, bersyukurlah kita yang memiliki minat ngeblog ini ya..hihihi

  4. Ely Meyer says:

    ngeblog memang menyenangkan dan banyak sekali keuntungan yg didapat, salah satunya dapat teman teman baru dari berbagai penjuru🙂

    semoga sukses ya GA nya

  5. Desi says:

    Aku juga suka banget ngeblog. Tadinya cuma niat mau bikin jurnal digital tentang radit sehari2. Eh ga taunya malah bikin nambah banyak temen juga.
    Yang paling penting, nambah wawasan juga dengan saling share di blog. Aku inget banget, waktu itu nyasar ke blognya mama kinan, karna khasiat ikan gabus itu loh, hihihi.. Makin bertambah deh ilmuku dalam dunia perikanan.. ;D

  6. dea says:

    ngeblog memang seru ..😀

  7. BunDit says:

    Ngeblog itu memang candu ya mam. Meski pernah off beberapa saat, tetep pengin lagi..pengin lagi. Sukses di GA nya ya mam🙂

  8. Pingback: Pengumuman: Pemenang Giveaway Azzet (Betapa Senangnya Ngeblog) | Akhmad Muhaimin Azzet

  9. mama hilsya says:

    ngeblog buat aku disini adalah sarana melepaskan penat..
    ga heran isinya aneh-aneh semua ya, hihi

  10. Blog ato apapun namanya. . . bagi sy adalh satu produk/ karunia dr sub “anak jaman” untuk mempermudah orang saling brinteraksi, brbagi, mengungkapkan segala yg dirasa perlu diungkap dr dlm isi otak kepalanya.
    Bayangkan apabila kita toleh beberapa dekade kebelakang . . .hmmmmm mustahil moment smacam ini wujud. Mungkin ide dr “produk” semacam blog ini saja blum terpikirkan.
    . . . Jd singkatnya mnurut sy, media blog ini adalh salahsatu karunia/ instrument yg di berikan untuk kemudahan manusia memenuhi kebutuhannya dlm konteks kehidupan dijaman yg sedang dilakoninya.
    . . . Entah apalagi produk intrumen yg akan diterbitkan untuk generasi pd anak jaman berikutnya. . . .wallahua’lam,

    . . . .yahhh anggaplah uraian ini hnya satu diantara brjuta opini kacamatapandang dlm merespons apa yg dikesan, didengar, dan diliat mnurut masing”

    salam kenal nd selamat berbagi . . . dr aq “Cah Tulungagung”

Leave a Reply

